Kunyit, Si Kecil Yang Memiliki 8 Manfaat Kesehatan

8 Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan Penyakit
Yuk Ketahui 8 Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan
Oktober 12, 2017
Manfaat Apel Untuk Kesehatan
9 Manfaat Apel Untuk Kecantikan Yang Jarang Diketahui
Oktober 13, 2017
Show all
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan (Image source : bagaimana-cara.com)

Kunyit atau Curcuma Domestica adalah si kecil yang masuk dalam kategori Zingiberaceae. Kunyit sama seperti saudara lainnya, seperti jahe, temulawak, dan lengkuas. Si kecil berwarna kuning ini sangat sering digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan. Kunyit juga banyak digunakan sebagai bumbu masak tradisional untuk menambah cita rasa makanan. Selain manfaatnya di bidang kuliner, ternyata manfaat kunyit untuk kesehatan sangatlah banyak. Apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan?

  1. Manfaat Kunyit Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Baik kanker hati, kanker otak, kanker payudara, dan kanker paru-paru. Bahkan ada beberapa penyakit kanker yang tidak diketahui penyebabnya yang sangat membahayakan kesehatan.

Sel kanker sangat mudah menyebar jika tidak segera diatasi. Maka tak heran jika seseorang yang dulunya hanya menderita kanker hati, meradang ke kanker paru-paru.

Untuk mengatasi sakit kanker, silahkan tumbuk kunyit sampai halus. Lalu, peras sari kunyit dan taruh di dalam gelas. Minum air perasan kunyit secara teratur untuk mencegah kanker agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

  1. Manfaat Kunyit Bisa Mencegah Peradangan

Radang atau peradangan seringkali terjadi karena terjadi infeksi pada sel-sel dalam tubuh. Peradangan banyak disebabkan karena aktivitas bakteri di dalam tubuh disertai dengan radikal bebas.

Zat Curcuma atau Kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan. Zat ini dipercaya mampu meningkatkan stamina dan imun dalam tubuh. Sehingga mengurangi terjadinya radang. Cara mengolahnya dengan mencampurkan kunyit ke bahan makanan.

  1. Manfaat Kunyit Bisa Mengatasi Penyakit Maag

Maag adalah penyakit yang disebabkan karena peradangan pada lambung akibat makan yang tidak teratur. Pengobatan dengan kunyit sangat berkhasiat karena senyawa kurkumin di dalamnya dapat digunakan untuk merangsang pergerakan lendir untuk melindungi lambung.

Selain itu, senyawa kurkumin juga sangat bagus untuk menghilangkan rasa perih di lambung. Cukup campurkan kunyit sebagai bumbu masakan. Ternyata, campuran kunyit di dalam makanan juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Sehingga maag kambuh tidak akan terjadi lagi.

  1. Mengurangi Rasa Stres

Stres ditimbulkan karena terlalu banyak pikiran yang membuat otak saraf menjadi tegang, bahkan parahnya sampai putus. Rasa stres bisa disebabkan karena banyak faktor, salah satunya karena banyaknya kerjaan.

Untuk menenangkan pikiran, Anda dapat mengonsumsi kunyit secara teratur. Akan tetapi, kunyit tersebut bukan diperas atau dicampur ke bahan makanan. Namun, lebih untuk rajin mengonsumsi suplemen kunyit, bisa dalam bentuk vitamin.

Senyawa kurkumin dan turmerik yang terdapat pada kunyit dipercaya dapat menghilangkan rasa stres dan depresi saat bekerja. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti jenis terapi kunyit. Hanya saja proses penyembuhannya sedikit lebih lama dibandingkan minum suplemen.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Penyakit Asma

Penyakit asma disebabkan karena menyempitnya saluran pernapasan yang membuat penderitanya tidak dapat bernafas secara normal. Senyawa inflammatori pada kunyit sangat bagus untuk mengatasi kambuhnya penyakit asma.

Cara pengolahan kunyit untuk asma sangatlah mudah. Cukup parut kunyit tersebut, lalu ambil air sarinya. Campurkan pada segelas susu, lalu minum selagi masih hangat. Lakukan secara rutin agar asma tidak kambuh.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Meningkatkan Antioksidan Dalam Tubuh

Senyawa kurkumin pada kunyit mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk menangkal radikal bebas yang masuk di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, senyawa kurkumin juga akan meningkatkan antioksidan berupa enzom yang sangat dibutuhkan dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi kunyit secara teratur jika ingin meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

  1. Manfaat Kunyit Bisa Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Masalah kulit, seperti jerawat dialami hampir oleh semua orang. Baik remaja, orang dewasa, bahkan orang tua sekalipun. Hormon yang terlalu banyak di dalam tubuh mengakibatkan timbulnya jerawat. Jerawat ini akan semakin bertambah, terlebih jika menjalankan pola hidup tidak sehat dan tidak menjaga kebersihan muka.

Infeksi P. Acne merupakan infeksi yang mengakibatkan jerawat terus-menerus berkembang. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengonsumsi kunyit secara rutin. Minum air perasan kunyit atau campurkan pada makanan. Senyawa anti bakteri yang terdapat pada kunyit ampuh untuk membunuh infeksi P. Acne.

  1. Membuat Kulit Wajah Lebih Halus dan Mulus

Selain menghilangkan jerawat, kunyit juga mampu membuat kulit wajah lebih halus, mulus, dan cerah berseri. Ambil beberapa batang kunyit, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan kunyit halus pada muka, layaknya seperti masker. Tunggu hingga kunyit benar-benar kering, lalu bersihkan muka. Lakukan ini secara rutin agar Anda tetap mulus, terhindari dari jerawat.

“Kecil-kecil cabe rawit”, itulah perumpamaan untuk kunyit. Walaupun kecil, tapi memiliki sejuta manfaat. Baik untuk kesehatan, kecantikan, maupun untuk mempertahankan bentuk badan. Jika Anda mengalami masalah peradangan, kulit, dan ingin diet, konsumsilah kunyit untuk membantu mengatasi masalah di atas.

 

(Visited 195 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.