7 Tips Memulai Diet Vegetarian Untuk Pemula

Aneka Olahan Sayur Untuk Anda Yang Tidak Suka Makan Sayur
7 Olahan Sayur Untuk Anda Yang Tidak Suka Sayur
November 10, 2017
Fakta Menarik Tentang Nutella
Ini Dia 8 Fakta Menarik Tentang Nutella
November 10, 2017
Show all
Tips Memulai Diet Vegetarian

(Image source : healthline.com)

Hidup sehat kini bukan lagi sekadar kebutuhan namun sudah menjadi bagian dari tren gaya hidup. Selain banyak tempat nge-gym bermunculan, katering-katering penyedia makanan sehat dan vegetarian mulai menjamur. Kalau Anda hobi memasak, tinggal nyalakan kompor gas saja untuk merebus dan menumis sayuran atau gunakan oven gas portable untuk memanggang kentang. Bagi para vegan pemula, kadang yang tersulit bukanlah mencari santapan yang bebas daging. Pola pikir dan pengaruh eksternal lain kadang menjadi hal yang memberatkan. Nah bagi Anda yang baru menapaki langkah awal menjadi vegan, berikut ada 7 tips memulai diet vegetarian untuk membantu Anda menjalani hari-hari tanpa menyentuh daging!

  1. Buka Pikiran Anda – Tips Memulai Diet Vegetarian

Meski kedengarannya terlalu teoritis, tapi yang terpenting adalah pikiran. Jangan pernah menganggap menjadi vegan adalah sebuah hukuman. Lakukan semuanya dengan perasaan senang karena jika tidak, Anda akan merasa menjadi vegan adalah siksaan. Ujung-ujungnya Anda tidak akan bisa bertahan lama melakoninya.

  1. Habiskan Banyak Waktu di Dapur – Tips Memulai Diet Vegetarian

Saat memutuskan menjadi vegan, mulailah untuk memberikan banyak waktu untuk memasak karena Anda pasti tidak akan selalu bisa mengandalkan pada jasa katering vegan yang ada. Karena memasak serba sayuran adalah hal baru yang perlu banyak Anda pelajari. Misalnya, bagaimana cara membumbui agar sayuran enak atau apa saja yang bisa digunakan sebagai pengganti daging.

  1. Periksa Seisi Dapur – Tips Memulai Diet Vegetarian

Lihat lagi isi dapur Anda, apa saja isinya? Apakah pasta yang harus dimasak dengan daging atau kondimen berbahan hewani yang lain? Pastikan Anda mengisi dapur Anda dengan  banyak sayuran, biji-bijian, gandum dan aneka bumbu vegetarian. Tujuannya? Ya, tentu saja agar Anda tak kembali tergoda menyantap daging-dagingan.

  1. Hindari Makanan Cepat Saji – Tips Memulai Diet Vegetarian

Ada banyak makanan vegan cepat saji yang tersedia di swalayan. Namun rasanya tidak enak dibanding dengan masakan yang ada di dapur. Menjejali diri Anda dengan makanan yang tidak enak akan membuat Anda muak dengan makanan vegan. Banyak-banyaklah berkreasi di dapur daripada menyantap makanan yang tidak enak dan tidak segar pula.

  1. Perbanyak Khazanah Buah dan Sayur Anda – Tips Memulai Diet Vegetarian

Menjadi vegan artinya Anda harus mengganti makanan hewani yang biasa Anda santap dengan sayur-sayuran. Daripada merasa bosan dengan buah dan sayur yang itu-itu saja, cobalah untuk lebih lama memperhatikan rak swalayan saat Anda berbelanja. Tidak ada salahnya mencoba buah dan sayur yang belum Anda coba. Semakin beragam makanan Anda, akan semakin enjoy Anda menjalani gaya hidup vegetarian.

  1. Jangan Merasa Malu – Tips Memulai Diet Vegetarian

Saat Anda mulai beranjak menjadi seorang vegan, orang-orang di sekitar Anda akan mulai bertanya-tanya. “Kok cuma makan buah saja? Dagingnya kenapa nggak dimakan?” dan beragam pertanyaan-pertanyaan yang lain. Jika itu terjadi, jangan menghindar apalagi merasa malu. Jelaskan saja pada mereka kalau Anda sedang mencoba menjadi seorang vegan. Semakin banyak orang yang tahu, akan semakin hormat mereka pada keputusan Anda dan mereka tidak akan menawari lagi makanan yang harus Anda tolak.

  1. Rajin-rajinlah Membawa Bekal – Tips Memulai Diet Vegetarian

Menjadi vegan bukan berarti Anda akan jadi lebih lapar. Tapi keadaan tidak akan bisa kita tebak, apalagi jika sedang bepergian atau berada jauh dari rumah. Daripada terjebak dalam kondisi darurat tanpa makanan yang layak untuk Anda makan, tidak ada salahnya membawa kotak bekal berisi salad buah atau sayur untuk berjaga-jaga.

 

(Visited 25 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.