Yuk Ketahui 8 Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan

Manfaat Kaldu Ayam Untuk Kesehatan
Ini Dia Fakta Kaldu Ayam Yang Baik Untuk Kesehatan
Oktober 12, 2017
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan
Kunyit, Si Kecil Yang Memiliki 8 Manfaat Kesehatan
Oktober 13, 2017
Show all
8 Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan Penyakit

8 Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan Penyakit (Image source : alamsehat.com)

Siapa yang tidak mengenal daun jarak? Daun yang berwarna hijau pekat ini disebut-sebut menjadi daun yang mematikan. Hal ini dikarenakan asam risinoleat yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan iritasi ke lapisan usus. Di balik kata “mematikan” tersebut, ternyata daun jarak juga memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan. Agar berkhasiat, daun ini diolah terlebih dahulu dengan cara dikukus dengan kompor gas, dijadikan lalapan, atau ditumbuk lalu dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Apa saja manfaat daun jarak untuk pengobatan penyakit ? Ini dia lengkapnya.

  1. Mengobati Luka Sayatan Ringan – Manfaat Daun Jarak

Luka sayatan merupakan luka yang dialami oleh semua orang, tanpa terkecuali. Luka sayatan terjadi karena goresan benda tajam. Jika dibiarkan terlalu lama, goresan ini bisa berubah menjadi borok. Kalau sudah menjadi borok, tentu saja akan sulit dihilangkan. Benar, tidak?

Apabila Anda memiliki luka sayatan, baik di tangan, kaki, betis, ataupun muka, segera ambil daun jarak. Daun jarak sangat ampuh untuk menghentikan pendarahan sehingga darah yang keluar tidak terlalu banyak.

Cara mengolahnya sangatlah mudah. Ambil daun jarak secukupnya, lalu cuci sampai bersih. Tempelkan daun jarak tersebut pada luka sayatan dan diamkan selama beberapa menit sampai darahnya berhenti.

  1. Melancarkan BAB

Susah BAB? Tidak perlu khawatir. Kini Anda dapat mengobatinya menggunakan daun jarak. Petiklah 4 – 5 buah daun jarak, lalu cuci hingga bersih. Kukus daun jarak dengan kompor gas selama beberapa menit sampai layu dan berwarna sedikit kecoklatan. Daun yang sudah layu bisa dimakan selama kurang lebih 5 hari sampai pencernaan benar-benar lancar.

  1. Mengobati Penyakit Kulit

Penyakit kulit disebabkan karena  aktivitas bakteri yang ada di sela-sela kulit manusia. Contohnya, panu, kudis, kurap, borok, dan gatal-gatal. Untuk menghilangkan penyakit tersebut, gunakan beberapa lembar daun jarak. Tumbuklah daun jarak tersebut sampai halus, lalu oleskan pada penyakit kulitmu. Selain itu, Anda juga bisa mandi dengan rendaman daun jarak. Alhasil, penyakit borok dan penyakit kulit lainnya dapat sembuh.

  1. Mengobati Penyakit Rematik

Penyakit rematik adalah penyakit yang terjadi pada tulang sendi manusia. Penyakit ini disebabkan karena kurang bergerak atau beraktifitas, sehingga sendi terasa kaku. Ada mitos yang juga mengatakan kalau rematik disebabkan karena terlalu sering mandi di malam hari.

Untuk mengobati jenis penyakit ini sangatlah murah. Anda hanya perlu mengambil beberapa daun jarak yang ada di dekat rumah. Tumbuklah daun jarak sampai halus, lalu lumuri ke bagian sendi yang terasa sakit. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan. Selain itu, daun jarak juga bisa langsung dikompreskan ke bagian sendiri. Jika sudah layu atau kisut, ganti dengan daun jarak yang lain.

  1. Mengatasi Demam

Usia 3 – 9 tahun adalah usia yang sangat rentan terhadap demam. Maka tak heran jika anak-anak di usia ini dilarang untuk terlalu capek bermain. Perlu Anda tahu, demam pada anak-anak sebenarnya dikarenakan suhu tubuhnya yang belum stabil. Sehingga suhu tubuh terus-menerus berubah, terlebih jika si anak terlalu aktif bergerak.

Untuk mengatasi demam, gunakan daun jarak. Cara mengolahnya cukup dengan merebus daun jarak dengan air secukupnya. Air rebusan itu dapat diminum secara teratur agar suhu tubuh kembali normal.

  1. Mengobati Sariawan

Daun jarak memang memiliki banyak manfaat. Selain daunnya, getah daun jarak juga bagus untuk mengobati sariawan. Ambillah satu sendok getah daun jarak, lalu oleskan ke bagian bibir yang terkena sariawan. Getah ini memang sedikit pahit. Untuk menghilangkan rasa pahit, Anda bisa mencampurkannya dengan sedikit madu.

  1. Mengobati Gigi yang Berlubang

Getah daun jarak sangat ampuh untuk mengobati gigi yang berlubang. Antimikroba yang terdapat pada getahnya sangat bagus untuk membasmi bakteri streptococcus dan E. Coli. Cara pengolahannya cukup mudah. Cukup ambil satu sendok getah daun jarak, lalu teteskan ke kapas. Tempelkan kapas yang sudah ditetesi daun jarak ke gigi yang berlubang. Jika getah di kapas sudah habis, tuangkan gertahnya ke kapas baru dan tempelkan kembali di gigi berlubang.

  1. Mengobati Radang Telinga

Telinga manusia sangat sensitif karena selaputnya yang sangat tipis. Radang telinga, seperti  alias berdengung, tergigit serangga dapat memicu suhu tubuh tidak stabil alias demam. Untuk mengatasinya, ambil getah daun jarak lalu teteskan ke dalam telinga. Teteskan  5 – 6 kali saja. Lakukan setidaknya 3x dalam sehari hingga telinga sembuh.

Itulah manfaat daun jarak yang perlu Anda ketahui. Meskipun mematikan, akan tetapi, manfaat daun jarak sangat luar biasa untuk kesehatan. Mulai dari daun, buah, hingga getahnya. Tertarik untuk mencoba pengobatan alami dengan daun jarak?

 

(Visited 220 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.