Ini Dia Fakta Kaldu Ayam Yang Baik Untuk Kesehatan

5 Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan
Awas! 5 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Loh
Oktober 12, 2017
8 Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan Penyakit
Yuk Ketahui 8 Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan
Oktober 12, 2017
Show all
Manfaat Kaldu Ayam Untuk Kesehatan

Manfaat Kaldu Ayam Untuk Kesehatan (Image source : robin-ellis.net)

Kaldu ayam, siapa yang tidak mengenalnya? Bisa dikatakan hampir semua orang mengenal bahkan menyukai kaldu ayam. Banyak pula yang tergila-gila dengan rasa kaldu ayam. Mengapa? Tentu karena rasanya yang nikmat, terlebih lagi kalau disajikan dalam keadaan panas. Pada umumnya, orang menggunakan kaldu ayam sebagai penyedap makanan. Sehingga cita rasa makanan semakin lezat, gurih, dan wangi. Selera makan pun sesaat akan meningkat ketika disuguhkan dengan menu kaldu ayam. Mengonsumsi kaldu ayam sebenarnya tidak hanya memberikan rasa nikmat di lidah dan mulut, namun juga bagi tubuh kita. Kandungan protein yang sangat tinggi pada kaldu ayam sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Penasaran apa saja manfaat kaldu ayam? Ini dia fakta mengejutkan terkait manfaat kaldu ayam bagi tubuh manusia.

  1. Manfaat Kaldu Ayam Bisa Meningkatkan Imun atau Daya Tahan Tubuh

Manfaat utama dari kaldu ayam adalah meningkatkan imun tubuh seseorang. Semakin banyak jumlah kaldu yang dikonsumsi, semakin tinggi pula daya tahan tubuh seseorang. Sehingga orang tersebut susah diserang oleh penyakit.

Jika sewaktu-waktu Anda kurang enak badan, disarankan untuk mengonsumsi kaldu ayam. Sajikan kaldu ayam yang masih hangat dan habiskan. Konsumsi kaldu ayam secara teratur agar tubuh tetap sehat, bugar, dan bersemangat setiap harinya.

  1. Meningkatkan Kekuatan Sendi Tubuh

Kaldu ayam mengandung protein yang tinggi, juga mengandung kondroitin dan glukosamin. Kedua zat ini sangat bagus untuk menguatkan sendi tubuh. Sehingga penyakit yang berhubungan dengan sendi tubuh akan sulit terjadi. Terlebih jika Anda mengonsumsi kaldu ayam hampir setiap hari.

  1. Kaya Akan Protein

Protein banyak ditemukan pada ikan-ikan laut yang segar. Namun, kaldu ayam juga termasuk sumber protein yang sangat tinggi. Protein ini sendiri berasal dari daging ayam yang dicampurkan pada kaldu. Semakin banyak campuran ayamnya, semakin tinggi pula kalsium makanan tersebut.

Protein sangat bagus untuk anak-anak balita, terutama untuk pertumbuhan gigi. Dengan asupan potein yang cukup, maka gigi anak dapat tumbuh dengan rapi, bagus, dan sehat.

  1. Kaya Akan Kalsium

Siapa sangka kalau makanan seperti kaldu ayam mengandung kalsium? Faktanya, kandungan dalam kaldu ayam memiliki tingkat kalsium yang sangat tinggi. Ini tentu sangat bagus untuk kesehatan tulang Anda.

Senyawa kalsium sangat berguna bagi semua orang, terlebih anak-anak. Untuk itu, rajinlah menyuguhkan masakan kaldu ayam terhadap anak. Agar anak tumbuh dengan tulang yang sehat dan tidak mudah keropos.

  1. Bagus untuk Menghangatkan Tubuh

Olahan kaldu ayam pada umumnya berbentuk sup. Kita semua tahu, sup apapun itu dapat menghangatkan tubuh manusia, termasuk sup ayam. Kehangatan yang diberikan juga semakin meningkat ketika supnya masih dalam keadaan panas. Juga apabila menggunakan daging ayam asli.

Ketika memasak, campurkan sup ayam Anda dengan beberapa bumbu dapur lainnya. Selain untuk menambah cita rasa makanan, ternyata bumbu dapur juga dipercaya sebagai sumber panas untuk menghangatkan tubuh. Seperti jahe.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Kelancaran peredaran darah dipercaya berkaitan erat dengan berbagai penyakit. Disaat peredaran darah terganggu, penyakit pun akan mulai berdatangan. Untuk Anda yang memiliki gangguan peredaran darah, bisa mencoba mengonsumsi kaldu ayam. Lakukan secara rutin maka peredaran darah akan kembali normal seperti biasanya.

  1. Menguatkan Tulang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kaldu ayam mengandung banyak kalsium Sering mengonsumsi kaldu ayam terbukti bisa menghindarkan Anda dari rematik atau nyeri pada tulang. Disaat Anda merasakan nyeri, cobalah untuk mengkonsumsi kaldu ayam. Cukup campurkan kaldu ayam pada masakan yang Anda buat dengan kompor gas secara rutin.

Dijamin, dalam beberapa bulan kemudian perih pada tulang akan berkurang dan tulang pun akan semakin kuat.

  1. Mengatasi Radang

Tenggorokan merupakan area yang sangat sering terkena radang. Tenggorokan yang bermasalah tentu saja tidak enak. Pasalnya, menelan makanan saja tidak nyaman karena adanya rasa sakit. Untuk mengobatinya, coba konsumsi kaldu ayam. Beberapa kandungan pada kaldu ayam dipercaya dapat mengatasi radang dan juga dapat menghangatkan tenggorokan.

Kaldu ayam merupakan makanan yang sangat lezat. Apalagi jika disajikan langsung setelah dimasak dengan kompor gas, sudah pasti menggugah selera. Selain manfaat kaldu ayam di atas, kaldu ayam juga bermanfaat untuk mengatasi diare, menyehatkan kulit tubuh, dan membangkitkan energi supaya lebih bersemangat.

(Visited 437 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.