Awas! 5 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Loh

Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan
9 Manfaat Daun Afrika Yang Jarang Diketahui
Oktober 12, 2017
Manfaat Kaldu Ayam Untuk Kesehatan
Ini Dia Fakta Kaldu Ayam Yang Baik Untuk Kesehatan
Oktober 12, 2017
Show all
5 Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

(Image source : resepkoki.id)

Ibu-ibu memang identik dengan hobi memasak. Sangkin hobinya, banyak para ibu yang sering memasak terlalu banyak, sehingga makanan tersebut tidak habis atau bersisa. Namanya juga ibu-ibu, pantang jika membuang makanan. Apalagi membeli bahan makanan itu dengan uang. Maka tak heran jika banyak ibu yang suka memanaskan makanan sisa. Memanasi makanan dianggap sebagai cara yang sangat efektif dan efisien untuk ompoembali menambah nafsu makan. Pasalnya, jarang sekali orang yang ingin mengonsumsi makanan yang sudah dingin. Benar, tidak? Selain ibu-ibu, banyak juga anak gadis yang suka memanasi makanannya, apalagi anak kos. Apakah kamu salah satu diantaranya? Oke, memanasi makanan sah-sah saja. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan atau bisa berbahaya jika dikonsumsi setelah dipanaskan kembali. Makanan apa sajakah itu?

  1. Nasi – Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

    Kebiasaan masak nasi terlalu banyak seringkali dilakukan oleh anak kos. Alasannya biar sekalian, daripada bolak-balik memasak. Benar, kan?

    Nasi yang diakui sebagai pangan terbesar masyarakat Indonesia menjadi kebutuhan sehari-hari. Karena kandungan karbohidrat dan kalorinya yang tinggi dipercaya menjadi sumber energi utama dalam melaksanakan aktivitas sehari-ari. Akan tetapi, memanaskan nasi sisa akan mendorong pertumbuhan spora yang ada di dalam nasi. Saat nasi kembali dingin, maka disitula spora tersebut akan berkembang biak. Apabila nasi ini masih tetap dikonsumsi, yang ada si konsumennya menjadi muntah-muntah. Hal ini disebabkan karena bakteri dan kuman yang terkandung di dalam spora.

    Apabila kamu ingin memanasi nasi, sebaiknya taruh nasi dingin tersebut ke dalam kulkas. Tunggu kira-kira selama 12 jam. Setelah itu, barulah nasi itu dapat dipanaskan kembali. Tujuannya agar spora tidak berkembang biak.

  2. Bayam – Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

    Bayam Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

    Bayam Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan (Image source : tribunnews.com)

    Sayu bayam adalah sayuran yang paling disukai, terutama oleh anak-anak. Sayur bayam mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh manusia, seperti vitamin, serat, dan zat besi. Kandungan senyawa yang tinggi inilah yang menjadi penyebab utama mengapa warna sayur bayam akan menghitam setelah beberapa jam dimasak.

    Nah, apabila kuah sayur bayam telah berubah menjadi hitam, tolong jangan dipanaskan kembali. Mengapa? Karena sayur bayam akan berubah menjadi racun setelah beberapa jam. Apalagi jika kuahnya sudah menghitam. Tentu ini sangat berbahaya bagi tubuh, kan?

    Bagi kamu yang suka sayur bayam, masaklah sayur bayam secukupnya. Kalau perlu, habiskan sayur bayam sesaat setelah masak. Jangan biarkan berlama-lama hingga akhirnya dingin dan berubah warna.

  3. Jamur – Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan 

    Jamur Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

    Jamur Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan (Image source : selerasa.com)

    Kamu pasti sudah sangat akrab dengan namanya jamur, apalagi jamur crispy. Jamur yang digoreng dengan kompor gas menjadi kesukaan anak muda karena rasanya yang renyah dan gurih. Jamur juga kaya akan protein yang sangat bagus untuk tubuh.

    Akan tetapi, protein yang ada di dalam jamur akan hilang apabila kamu membiarkannya dingin. Kalau sudah dingin, jangan coba-coba untuk menggoreng kembali jamur tersebut dengan kompor gas. Yang ada perutmu jadi sakit dan mulas. Lebih baik mengonsumsi jamur dan menghabiskannya selepas diangkat dari penggorengan.

  4. Telur – Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

    Telur Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

    Telur Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan (Image source : myaida-incrediblerecipes.blogspot.co.id)

    Makanan yang jadi sumber protein ini memang sangat disukai. Telur sering dimakan dengan cara direbus, digoreng menjadi omelet atau dicampur ke masakan. Rasa telur yang lezat dan nikmat menjadi penyebab utama mengapa makanan ini difavoritkan. Selain enak, telur juga banyak mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, dan fosfor.

    Untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, telur menjadi pilihan yang sangat pas. Akan tetapi, jangan pernah mengonsumsi telur yang sudah dingin. Apalagi jika dingin, dipanaskan, lalu dikonsumsi. Mengapa? Karena telur yang dingin sudah berubah menjadi racun, terutama kuning telurnya. Hal inilah yang nantinya dapat menganggu sistem pencernaanmu.

  1. Kentang – Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

    Kentang Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

    Kentang Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan (Image source : solusisehatku.com)

    Potato atau kentang juga termasuk makanan yang dapat menambah energi dalam tubuh. Kandungan karbohidrat dalam kentang juga menjadikan kentang sebagai makanan pengganti nasi yang baik dikonsumsi. Rasanya yang lezat menjadi alasan mengapa kentang banyak disukai. Banyak juga olahan lezat yang terbuat dari kentang. Sebut saja french fries atau kentang goreng.

    Dalam kondisi panas maupun dingin, rasa kentang tetap nikmat. Akan tetapi, berhati-hatilah kamu yang sering mengonsumsi kentang dingin. Kenapa? Karena bakteri dan racun yang ada dalam kentang dingin tidak dapat dihancurkan hanya dengan dipanaskan. Daripada kamu sakit, lebih baik dibuang saja, jangan dikonsumsi lagi.

Itulah 5 jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi. Memang sih rasa makanan tersebut masih tetap enak dan lezat walaupun dingin. Akan tetapi, pikirkan dampak apa yang akan ditimbulkan dengan mengonsumsi makanan dingin tersebut. Jangan sampai kamu jatuh sakit ya karena terlalu sering memanaskan makanan dingin.

 

(Visited 85 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.