9 Manfaat Daun Afrika Yang Jarang Diketahui

Prediksi Tren Bisnis Kuliner 2018
7 Prediksi Tren Bisnis Kuliner Yang Akan Booming di 2018
Oktober 12, 2017
5 Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan
Awas! 5 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Loh
Oktober 12, 2017
Show all
Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Daun Afrika? Sudahkah Anda mengenal dan melihat jenis dedaunan yang satu ini? Sampai sekarang, masih banyak yang belum tahu keberadaan daun ini. Mungkin karena tidak terlalu populer atau jarang digunakan sebagai bumbu masak. Namun, ada banyak manfaat daun Afrika  yang baik untuk kesehatan tubuh, menyembuhkan penyakit, dan kecantikan.

Ada beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada daun Afrika, antara lain:

  1. Asam lemak
  2. Asam fenolat
  3. Vitamin
  4. Asam esensial
  5. Zat anti inflamasi
  6. Senyawa antioksidan
  7. Berbagai kandungan mineral

Kandungan nutrisi yang ada di dalam daun Afrika inilah yang dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Untuk lebih jelasnya, ini dia 9 manfaat daun Afrika untuk kesehatan dan kecantikan.

  1. Manfaat Daun Afrika Bisa Mengatasi Gangguan Tidur atau Insomnia

    Tidu atau insomnia merupakan penyakit yang tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Pasalnya, tidur tidak teratur dapat membuat energi melemah, bahkan berdampak pada fungsi hati manusia. Kandungan zat relaksasi di dalam daun Afrika bagus sebagai obat penenang dan obat tidur.

    Cara mengolahnya cukup sederhana. Silahkan ambil beberapa lembar daun Afrika, lalu rebus. Minumlah air rebusannya setidaknya satu gelas dalam sehari. Minumlah menjelang tidur agar mata tertarik dan Anda tidur dengan pulas.

  1. Mencegah Penyakit Stroke

    Seperti yang sudah disinggung pada poin pertama, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit stroke. Untuk mencegahnya, rajinlah untuk mengonsumsi air rebusan daun Afrika.

    Daun Afrika ini sangat bagus untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh kita. Selain itu, berguna untuk mencegah pembengkakan dan penyempitan di pembuluh darah.

  1. Mengobati Penyakit Diabetes

    Penderita diabetes semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penyakit ini timbul karena konsumsi gula yang terlalu banyak tidak diimbangi dengan pergerakan alias olahraga.

    Banyak penderita diabetes yang sudah membuktikan manfaat daun Afrika ini. Hanya dengan meminum air rebusan daun Afrika setiap hari, berangsur-angsur diabetes akan kembali netral. Jika diabetes sudah sembuh, mulailah untuk hidup sehat agar penyakit ini tidak kambuh lagi.

  1. Mengobati Perut Kembung

    Perut kembung karena masuk angin atau terlambat makan? Cobalah diobati dengan daun Afrika. Senyawa yang ada di dalam daun Afrika dianggap mampu untuk menghilangkan kembung di perut. Cukup merebus daun Afrika dengan kompor gas dan minum airnya. Campurkan gula atau madu untuk menghilangkan rasa pahitnya.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

    Kolesterol merupakan penyakit karena konsumsi lemak yang terlalu banyak. Penyakit ini kian meningkat di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka akan berakibat pada penyakit jantung dan stroke.

    Oleh sebab itu, lebih baik jika kadar kolesterol dalam tubuh standar atau biasa saja. Untuk menurunkan kolesterol yang terlalu tinggi, silahkan konsumsi daun Afrika. Caranya dengan rebus air daun Afrika dengna kompor gas dan minum airnya. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, tambahkan sedikit madu atau gula.

  1. Menyembuhkan Penyakit Malaria

    Penyakit malaria, sering dengar, bukan? Penyakit yang satu ini disebabkan karena gigitan nyamuk malaria. Dampaknya juga terbilang cukup serius bagi penderitanya. Salah satunya yaitu dapat memperbanyak virus dan bakteri di dalam tubuh.

    Nyamuk malaria juga dipercaya merupakan penyebab utama penyakit demam berdarah. Maka tak heran jika nyamuk ini sangat ditakuti. Jika sudah terlanjut terkena penyakit malaria, cobalah untuk mengonsumsi air rebusan daun Afrika. Cukup rebus dengan kompor gas 5 lembar daun Afrika untuk setiap 1 gelas air.

  1. Membersihkan Racun Dalam Tubuh

    Toksin dan radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Apabila dibiarkan, maka seseorang dapat dengan mudah diserang oleh penyakit. Sebagai penangkal, konsumsilah daun Afrika dengan meminum air rebusannya. Kemampuan detoksasi daun Afrika sangat bagus untuk membersihkan racun yang ada dalam tubuh manusia.

  1. Melancarkan BAB

    Percaya atau tidak, daun Afrika sebenarnya dapat diolah menjadi ramuan herbal untuk mengatasi sembelit dan BAB. Konsumsi ramuan herbal daun Afrika secara rutin setiap hari agar pencernaan Anda lancar. Sehingga perut juga terasa ringan dan sistem kerja tubuh juga bagus.

  1. Menurunkan Berat Badan

    Fakta mengejutkan bahwa daun Afrika juga sangat disarankan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Olahan daun Afrika dapat meningkatkan kadar metabolisme dalam tubuh. Sehingga ekskresi dapat lancar dan lemak dapat dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Cara konsumsinya, cukup meminum air merebusan daun Afrika dari kompor gas secara rutin setiap hari. Lakukan selama program diet dan lihat perubahannya.

 

(Visited 315 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.