6 Fakta Manfaat Sarapan Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa
Pekerjaan Sampingan Sambilan Yang Bisa Dilakukan Oleh Mahasiswa
Oktober 31, 2017
Macam Macam Saus Pendamping Steak
Macam Macam Saus Pendamping Steak Ini Yang Enaknya Kebangetan
Oktober 31, 2017
Show all
Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

Manfaat Sarapan Bagi Tubuh (Image source : unsplash.com)

Manfaat sarapan bagi tubuh sangatlah berarti? Jika demikian, mengapa begitu banyak orang, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, yang mengawali hari mereka tanpa sarapan sama sekali? Mungkin Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan sarapan. Sebenarnya, cukup dengan menggoreng telur mata sapi menggunakan kompor gas atau memanggang roti dengan oven aluminium, Anda sudah bisa memperoleh sarapan yang sehat.

Hal lainnya yang mungkin membuat Anda malas sarapan adalah asusmsi bahwa melewatkan sarapan akan membantu Anda menurunkan berat badan, atau membuat Anda mengantuk pada pagi hari. Padahal asumsi tersebut salah. Melewatkan sarapan justru bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Jadi, mengapa sarapan penting bagi tubuh sebelum beraktivitas selama seharian?

  1. Manfaat Sarapan: Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan (Image source : istock.com)

Peneliti telah berulang kali menunjukkan bahwa orang yang menyempatkan diri untuk sarapan dapat membantu menurunkan berat badan secara sehat, dan mempertahankannya hingga mencapai berat badan ideal. Saat Anda melewatkan sarapan, Anda akan merasa sangat lapar pada siang hari. Akibatnya, Anda terpaksa memilih menu makan siang dalam jumlah besar yang berpotensi meningkatkan berat badan.

Sebaliknya jika Anda menyempatkan diri untuk sarapan, metabolisme tubuh yang terhenti selama tidur akan kembali aktif karena adanya konsumsi makanan pada pagi hari. Makanan tersebut akan diubah menjadi energi yang beguna untuk pembakaran lemak pada pagi hari sehingga berat badan Anda akan menurun.

  1. Manfaat Sarapan: Meningkatkan memori dan daya ingat

Sarapan Meningkatkan Memori dan Daya Ingat

Sarapan Meningkatkan Memori dan Daya Ingat (Image source : shutterstock.com)

Saat Anda tiba di kantor pada pagi hari tanpa menyempatkan diri untuk sarapan, mungkin Anda akan merasa linglung dan lapar. Kemudian ketika Anda membuka email, Anda akan dibombardir dengan beragam email masuk yang harus segera dibalas, tetapi ingatan jangka pendek Anda sudah lupa dengan semua kegiatan tersebut.

Padahal menurut beberapa penelitian, mereka yang melewatkan sarapan pagi memiliki daya ingat jangka pendek yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang selalu sarapan. Dengan menyempatkan diri untuk sarapan, otak Anda akan bekerja lebih baik dan fresh sehingga daya ingat meningkat.

  1. Manfaat Sarapan: Menurunkan peluang terkena diabetes

Sarapan Menurunkan Peluang Terkena Diabetes

Sarapan Menurunkan Peluang Terkena Diabetes (Image source : newradianceantiaging.com)

Orang yang melewatkan sarapan cenderung makan secara berlebihan pada siang hari. Efeknya, Anda akan mengkonsumsi porsi makan yang lebih besar dan kurang bergizi yang dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian, jika Anda tidak makan di pagi hari maka akan memiliki risiko terkena diabetes sebesar 21 persen lebih tinggi daripada mereka yang selalu menyempatkan diri untuk sarapan.

Jika Anda benar-benar ingin terhindar dari diabetes, jangan lupa untuk mengatur menu sarapan Anda. Menu sarapan yang paling cocok untuk menghindari penyakit diabetes adalah semangkuk oatmeal yang ditambahkan dengan pisang atau kacang-kacangan.

  1. Manfaat Sarapan: Mengurangi resiko penyakit jantung

Sarapan Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Sarapan Mengurangi Resiko Penyakit Jantung (Image source : livewellrehab.com.au)

Jika Anda melewatkan sarapan maka Anda harus siap dengan peningkatan risiko obesitas, sindrom metabolisme, peningkatan trigliserida, kolesterol LDL tinggi, dan kolesterol HDL rendah yang dapat memicu penyakit jantung. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation telah meneliti lebih dari 20.000 orang selama 16 tahun, dan menemukan bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan memiliki peluang 27% lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner. Selain itu melewatkan sarapan juga akan meningkatkan tekanan darah dalam tubuh, resistansi insulin, dan kadar gula darah.

  1. Manfaat Sarapan: Membangkitkan sistem metabolisme tubuh

Sarapan Membantu Membangkitkan Metabolisme Tubuh

Sarapan Membantu Membangkitkan Metabolisme Tubuh (Image source : popsugar.com.au)

Sarapan akan membantu Anda untuk bangkit dari fase tidur. Maksudnya, sarapan akan membangkitkan sistem metabolisme dalam tubuh setelah terhenti pada malam hari. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang sarapan pagi akan lebih waspada dan lebih baik dalam mengawali hari dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapan pagi. Sebaliknya, jika Anda lapar maka Anda dapat bersifat apatis, tidak bersemangat, dan mudah tersinggung saat menghadapi tugas berat. Sarapan adalah kunci bagi Anda agar lebih bersemangat dalam mengawalai hari.

  1. Manfaat Sarapan: Memperoleh energi untuk beraktivitas

Sarapan Memberi Energi Untuk Beraktifitas

Sarapan Memberi Energi Untuk Beraktifitas (Image source : lexacount.com)

Membiarkan tubuh Anda untuk terus bekerja dengan perut kosong dari waktu makan malam hingga makan siang keesokan harinya sangatlah tidak sehat. Makanan adalah bahan bakar bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi sarapan yang bergizi, Anda akan memiliki cukup energi untuk membakar lemak. Anda tetap aktif dan produktif sampai waktu makan siang tiba. Sebaliknya jika Anda melewatkan sarapan maka Anda akan selalu terlihat lemas dan berakibat pada penurunan kinerja Anda.

Ternyata sarapan sangat penting bagi tubuh Anda sebelum beraktivitas selama seharian. Anda bisa menggoreng telur diatas kompor, membuat roti bakar, membuat sereal, atau membuat semangkuk oatmeal untuk dijadikan sebagai menu sarapan Anda. Dengan begitu Anda akan siap untuk beraktivitas!

(Visited 61 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.