Pekerjaan Sampingan Sambilan Yang Bisa Dilakukan Oleh Mahasiswa

Resep Simple Mie Hitam Khas Korea Jajangmyeon Ala Rumahan
Pecinta Kuliner Korea? Yuk Intip Resep Simple Jajangmyeon Ala Korea Rumahan Ini!
Oktober 31, 2017
Manfaat Sarapan Bagi Tubuh
6 Fakta Manfaat Sarapan Untuk Kesehatan Tubuh Anda
Oktober 31, 2017
Show all
Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa (Image source : unsplash.com)

Uang bulanan yang terbatas mengharuskan para mahasiswa untuk memutar otak agar bisa bertahan hingga akhir bulan. Jika Anda pandai dalam mengolah keuangan, mungkin uang yang dikirim oleh orang tua bisa diatur sedemikian rupa. Namun, jika kebutuhan Anda ternyata lebih besar dari pengeluaran maka terpaksa Anda mencari penghasilan tambahan dengan pekerjaan sampingan. Berikut ini beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa agar memperoleh tambahan uang jajan:

  1. Menjadi guru les privat

Jadi Guru Les Privat

Jadi Guru Les Privat (Image source : teal.usu.edu)

Sebagai orang beruntung yang memperoleh pendidikan tinggi, tentu Anda memiliki pengetahuan yang lebih. Anda bisa memanfaatkan pengetahuan Anda, terutama dalam bidang pelajaran untuk menjadi guru les privat. Anda bisa menjadi guru les privat apa saja, misalnya guru matematika, ipa, bahasa inggris, tarik suara, alat musik, dan lainnya. Untuk menjadi guru les privat, Anda bisa bergabung dengan lembaga kursus atau mencari siswa sendiri dengan memanfaatkan media internet.

  1. Menjadi penjaga perpustakaan

Jadi Penjaga Perpustakaan

Jadi Penjaga Perpustakaan (Image source : businessinsider.com)

Setiap perguruan tinggi atau universitas pasti memiliki universitas yang berukuran besar. Jumlah buku di dalamnya pun sangat banyak sekali guna memenuhi kebutuhan mahasiswa. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga perpustakaan yang cukup banyak untuk mengurus perpustakaan tersebut. Biasanya, perpustakaan lebih memanfaatkan mahasiswanya untuk menjadi penjaga perpustakaan secara part-time. Bahkan, mereka juga memahami jadwal kesibukan mahasiswa dan bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah Anda.

  1. Menjadi pegawai intern paruh waktu

Jadi Pegawai Paruh Waktu

Jadi Pegawai Paruh Waktu (Image source : redhype.com)

Beberapa perusahaan membuaka lowongan intern yang sangat fleksibel dengan jadwal kuliah Anda. Anda bisa mencari lowongan tersebut di internet sesuai dengan latar belakang pendidikan Yang Anda miliki. Biasanya pekerjaan yang diberikan kepada Anda adalah pekerjaan ringan yang bisa dibawa pulang seperti menulis laporan, membuat artikel, mengurus sosial media, dan membuat kode program sederhana. Meskipun bayarannya tidak seberapa, tetapi pengalaman ini akan memberikan nilai tambah dalam cv Anda.

  1. Menjadi pekerja freelance

Jadi Pekerja Freelance

Jadi Pekerja Freelance (Image source : idntimes.com)

Bekerja secara freelance berarti Anda melakukan pekerjaan tak terikat yang bisa dikerjakan secara remote dari kamar kosan Anda. Ada banyak sekali lowongan pekerja freelance yang tersedia di internet, mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Misalnya yaitu menjadi penulis freelance, programmer freelance, translator, dan bahkan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan seperti input data, upload artikel, dan melakukan riset. Bayarannya juga ternyata cukup besar, apalagi jika klien Anda adalah orang luar negeri maka Anda akan mendapat bayaran dollar.

  1. Menjadi pegawai restoran

Jadi Pegawai Restoran

Jadi Pegawai Restoran (Image source : newsapi.com.au)

Pekerjaan sambilan lainnya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah menjadi pegawai restauran. Mungkin Anda akan dipekerjakan sebagai pramusaji yang akan mengantarkan hidangan kepada customer, cleaning service yang membersihkan restauran, asisten chef yang membantu menyiapkan bahan-bahan makanan sebelum di masak di atas kompor gas, atau bisa juga menjadi staff yang bekerja mencuci piring, membersihkan dapur, membersihkan kompor gas, oven, bak cuci piring dan lainnya. Jika Anda tidak ingin mengganggu jam kuliah maka Anda bisa memilih restauran yang mulai buka sore hingga malam hari.

  1. Menjual Makanan Ringan atau Kue Secara Online – Pekerjaan Sampingan Yang Menjanjikan

Menjual Makanan Ringan atau Kue Secara Online

Menjual Makanan Ringan atau Kue Secara Online (Image source : unsplash)

Keberadaan media sosial seperti Instagram dan Facebook telah membuat banyak kesempatan yang tidak ada sebelumnya. Siapa saja bisa membeli dan menjual barang secara bebas dan tanpa memerlukan modal yang besar. Anda bisa belajar membuat makanan ringan atau kue, atau bahkan Anda bisa bekerjasama dengan pemilik produk untuk Anda bantu berjualan sebagai reseller.

  1. Menjadi Mitra Ojek Online – Pekerjaan Sampingan Favorit Saat Ini

Jadi Mitra Ojek Online

Jadi Mitra Ojek Online (Image source : motorcycle-usa.com)

Maraknya driver online atau ojek online di Jabodetabek dan beberapa kota besar lainnya memungkinkan para mahasiswa untuk memperoleh tambahan uang jajan. Cukup bermodalkan sepeda motor dan Surart Izin Mengemudi (SIM) maka siapapun bisa menjadi driver online. Anda tidak perlu malu untuk menjadi driver online yang penting uang tersebut halal. Semakin banyak penumpang yang Anda peroleh, semakin banyak uang jajan tambahan yang Anda dapatkan.

  1. Menjadi Mitra Layanan Jasa Online

Jadi Mitra Layanan Jasa Online

Jadi Mitra Layanan Jasa Online (Image source : squeakycleanmaidservice.com)

Pekerjaan paruh waktu lainnya adalah menjadi pegawai jasa online. Perkembangan dunia internet yang begitu pesat mengakibatkan berbagai layanan jasa bisa dipesan secara online. Seperti misalnya jasa pembersih rumah online, jasa make up online, dan jasa online lainnya. Sebaliknya jika Anda senang membersihkan peralatan rumah tangga maka Anda cocok menjadi pegawai jasa pembersih rumah online.

(Visited 40 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.