Macam Macam Saus Pendamping Steak Ini Yang Enaknya Kebangetan

Manfaat Sarapan Bagi Tubuh
6 Fakta Manfaat Sarapan Untuk Kesehatan Tubuh Anda
Oktober 31, 2017
Semakin Sehat Dengan Smoothies Buah dan Sayuran
Semakin Sehat Dengan Smoothies dari Buah dan Sayuran Ini
Oktober 31, 2017
Show all
Macam Macam Saus Pendamping Steak

Macam Macam Saus Pendamping Steak

Steak merupakan salah satu hidangan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Kuliner ini kerap disajikan pada acara makan malam atau pertemuan bisnis. Dalam hidangan steak selalu ditemani dengan saus yang membuat cita rasa steak semakin keluar. Saus pendamping steak ini beragam lo jenisnya. Ada yang terbuat dari jamur, barbecue hingga saus yang paling original.

Awal Mula Steak Ditemukan

Steak mulai dikenal sejak pertengahan abad ke 15 yang berasal dari Inggris. Awal mula namanya bukan steak tetapi steik dalam bahasa skandinavia atau stikcna dalam bahasa dialek Inggris tengah. Steak bisa diartikan sebagai potongan daging yang digoreng maupun dipanggang. Umumnya digunakan daging sapi namun kini anda bisa menemukan hidangan steak berbahan ayam bahkan sayuran seperti jamur.

Berat daging yang digunakan untuk sajian satu ini mulai dai 100 gram hingga 400 gram. Steak mulai mendunia ketika tentara Inggris membawanya ke Perancis pasca perang Waterloo. Walau sudah berganti zamanpun hidangan steak tetap digemari hingga kini diberbagai belahan di dunia.

Aneka Saus Steak

saus pendamping steak ini memiliki variasi rasa yang mampu menggugah selera anda saat menyantap steak. Tidak hanya menyuguhkan rasa yang gurih namun juga rasa pedas hingga manis. Penasaran bukan dengan saus pendamping steak ini? simak yuk ulasannya berikut ini :

  • Brown Sauce

Brown Sauce Pendamping Steak

Brown Sauce Pendamping Steak

Saus pendamping steak yang pertama ialah brown sauce yang lazim anda temui pada hidangan steak. Seperti namanya saus ini memiliki warna coklat yang pekat dan memiliki rasa asin dengan sedikit pedas dan asam. Brown saus diperkenalkan oleh negara Inggris dan kerap dijadikan pendamping untuk makanan tradisional Inggris.  Saus ini terbuat dari campuran tomat, vinegar, seledri, bawang putih, bombai, tepung terigu dan lada. Brown sauce ini bisa dibilang saus original dari steak itu sendiri.

  • White Sauce

White Sauce Pendamping Steak
Selain brown sauce juga ada white sauce yang tak kalah nikmatnya. Rasa dari white sauce ini lebih manis ketimbang brown sauce. Biasa disebut dengan béchamel atau ragout dengan isi yang lebih variatif. Selain digunakan untuk pendamping steak white sauce juga bisa untuk pelengkap hidangan ikan panggang, kentang panggang hingga sayuran rebus. Bahan untuk membuat sauce ini didasari dengan bahan dasar susu, garam, merica, mentega dan tepung terigu. Anda bisa menambahkan parutan keju, jamur  atau cincangan peterseli agar rasanya semakin mantap.

  • Corn Sauce

 White Sauce Pendamping SteakMau saus yang lebih unik? Bagaimana jika anda mencoba membuat saus jagung. Cara membuatnya juga mudah yakni tumis jagung bersama dengan mentega kemudian tambahkan kaldu. Setelah lembut teruskan dengan menghaluskannya memakai blender lalu saring. Beri sedikit krim dan garam serta merica. Anda juga bisa menggunakannya untuk saus burger lo!

  • Teriyaki Sauce

Teriyaki Sauce Pendamping SteakSatu lagi saus pendamping steak yang recomended banget untuk dicoba di rumah yakni saus teriyaki. Rasa saus ini sedikit asam dan manis sehingga kerap difavoritkan untuk disantap bersama steak. Saus teriyaki terbuat dari kecap manis, gula, rice wine, vinegar dan kecap wijen. Saus teriyaki juga sering digunakan untuk sajian makanan Jepang.

  • Barbecue Sauce

Barbeque Sauce Pendamping SteakSaus barbecue juga salah satu pendamping steak yang cukup popular terlebih untuk para remaja dan anak – anak. Rasanya juga paling pas untuk membumbui daging sering digunakan untuk saus berbagai jenis makanan. Saus barbecue juga sering dipakai untuk bumbu keripik mulai dari tempe, singkong hingga buah-buahan. Bahan untuk membuatnya terdiri dari vinegar, liquid smoke, pasta tomat, lada, gula dan garam. Saus ini paling cocok untuk steak dengan kematangan medium rare atau well.

  • Blackpepper Sauce

Black Pepper Sauce Pendamping SteakLebih suka dengan saus yang memiliki rasa super pedas maka kamu wajib coba saus blackpepper ini. Saus ini sudah lama dikenal oleh bangsa Eropa yakni sejak tahun 1840. Bahan untuk membuatnya terdiri dari kecap inggris, saus tomat, mentega, kecap asin, bawang putih, bawang Bombay, dan lada hitam. Penggunaan lada hitam dimaksud untuk menjaga badan supaya tetap sehat. Hal ini karena dipengaruhi budaya lokal bahwa lada dipercaya untuk menyembuhkan penyakit dan meningkatkan kecantikan.

  • Bearnaise Sauce

Bearnaise Sauce Pendamping SteakBernaise sauce ditemukan oleh orang Perancis dan gemar menjadikannya pendamping steak. Warna sausnya kuning telur karena terdiri dari bahan kuning telur, cuka, aneka rempah dan butter. Bangsa Eropa biasa menambahkan tarragon atau peterseli untuk memperkaya rasanya. Orang Perancis juga menjuluki saus ini dengan sebutan saus romantic. Hal ini karena saus béarnaise kerap dijadikan saus pendamping steak untuk makan malam berdua.

(Visited 335 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.