6 Kiat Sukses Mulai Bisnis Kue Rumahan Bagi Para Pemula

Oven Gas Portable Hock
Tips Memilih Antara Oven Gas Portable & Oven Listrik
Juli 15, 2020
Resep Kue Bolu Kukus Dengan Satu Telur Hock Tips
Resep Kue Bolu Kukus Dengan Satu Telur. Gampang Bikinnya!
Juli 15, 2020
Show all
6 Kiat Sukses Mulai Bisnis Kue Rumahan Bagi Para Pemula

6 Kiat Sukses Mulai Bisnis Kue Rumahan Bagi Para Pemula

Usaha di dunia kuliner memang tidak ada matinya. Termasuk bisnis kue rumahan. Jenis bisnis ini terbilang memiliki peluang dan prospek yang amat cemerlang. Mengingat kepopuleran kue sebagai cemilan lezat dan mengenyangkan tidak pernah padam.

Bisnis kue rumahan mudah dilakukan, karena memiliki modal dan risiko yang kecil. Sehingga bisnis kue rumahan ini juga dapat Anda jadikan sebagai usaha utama atau sampingan.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang merasa khawatir tidak mampu melakukan bisnis ini. Hal ini karena tidak semua orang dapat langsung memiliki naluri bisnis yang baik. Padahal naluri bisnis sendiri memiliki peran penting dalam keberlangsungan bisnis kue rumahan Anda.

Tapi tenang, naluri bisnis dapat tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Selama Anda serius dan konsisten untuk mengasahnya. Bila naluri bisnis sudah muncul, bukan tidak mungkin bisnis kue rumahan Anda akan semakin berkembang dan tentunya pundi-pundi laba yang masuk akan semakin besar.

Karena itu, berikut kami berikan 6 kiat sukses memulai bisnis kue rumahan bagi para pemula sekaligus untuk mengasah naluri bisnisnya.

  1. Buat perencanaan yang matang untuk bisnis kue rumahan

Setiap bisnis jenis apapun pastinya memerlukan perencanaan matang di awal. Seperti bisnis kue rumahan. Tanpa ada perencanaan yang matang, bisnis kue rumahan tidak akan dapat berjalan dengan semestinya. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk membuat perencanaan bisnis yang matang di awal.

Perencanaan ini akan mengharuskan Anda untuk benar-benar memahami dunia bisnis kue rumahan. Termasuk di antaranya menentukan waktu dan target konsumen dari produk yang akan Anda jual.

Segala perencanaan awal yang matang tersebut akan memuat Anda lebih siap saat harus menghadapi haling rintangan yang kemungkinan akan menhadang di kemudian hari. Dengan begitu, Anda akan bisa bertahan dan konsisten di bisnis kue rumahan ini.

  1. Perhitungkan modal yang dibutuhkan

Rasanya tidak ada satupun bisnis yang tidak membutuhkan modal di awal pembentukannya. Tak heran kalau Anda tetap harus menyediakan modal dalam jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan bisnis kue rumahan ini.

Sebelumnya, kami sudah membahas seputar perkiraan modal awal yang harus dikeluarkan serta strategi untuk meminimalisir pengeluaran modal awal tersebut. Dengan begitu Anda sudah bisa menerka-nerka kira-kira seberapa besar modal yang harus dikeluarkan.

Pastikan bahwa seluruh peralatan dan bahan-bahan yang dipilih merupakan kualitas terbaik. Karena meskipun resep yang digunakan sudah tepat, bila kualitas bahan yang digunakan kurang baik maka kue yang dihasilkan juga tidak akan maksimal.

Akibatnya, para pelanggan yang menaruh harapan besar pada kue yang Anda buat akan merasa kecewa dan berpaling ke tempat lain yang dirasa lebih berkualitas. Jadi, jangan pernah lupa memastikan kualitas dari bahan-bahan yang Anda beli.

  1. Tentukan jenis kue yang ingin dijual

Ada beragam jenis kue yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari kue basah, kue kering, hingga kue kekinian. Anda bisa memilih berbagai jenis kue dalam usaha rumahan Anda. Semua tergantung dari konsumen yang Anda targetkan.

Selain itu, Anda bisa melakukan penelitian dan survey seputar jenis kue apa yang paling banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Setelah mendapat daftar kue yang banyak dicari tersebut, tentukan kue mana yang paling sesuai dan tepat untuk Anda.

Salah satu hal yang harus juga diperhatikan adalah kemampuan Anda dalam membuat kue tersebut. Pastikan bahwa Anda dapat dan mampu membuatnya. Jangan memaksakan diri membuat kue yang tidak Anda kuasai. Karena selain membuang-buang ongkos produksi, hasilnya pun tidak akan maksimal.

Anda bisa mempelajari cara membuat kue tertentu sampai dirasa bisa dan mampu. Barulah Anda memasukkan kue tersebut ke dalam menu Anda.  Dengan begitu, kue yang Anda buat akan cepat habis terjual dan bukan tidak mungkin usaha Anda akan semakin berkembang.

  1. Tetapkan harga kompetitif

Menentukan harga dari produk kue yang Anda jual merupakan salah satu hal krusial dalam bisnis ini. Ingat, jangan sembarangkan menentukan harga jual tersebut. Kalau harganya terlampau murah, modal tidak akan kembali. Namun, kalau kemahalan produk Anda bisa-bisa tidak laku di masyarakat. Solusinya adalah dengan menentukan harga kompetitif.

Anda bisa menghitung-hitung penggunaan bahan dan perlengkapan, serta ongkos dan biaya lainnya yang dikeluarkan dalam proses produksi. Selain itu, Anda juga bisa melihat harga yang ditawarkan oleh pesaing Anda. Nantinya hal tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam menentukan harga jual produk Anda.

Bila Anda masih pemula, sangat disarankan untuk tidak mematok harga yang tinggi. Karena pada masa awal berjualan, Anda harus lebih fokus pada mencari nama dan mendapatkan banyak pelanggan dahulu. Baru kemudian menaikkan harga secara bertahap.

  1. Pasarkan melalui internet

Bila ditanya faktor apa yang paling menentukan keberhasilan dalam bisnis kue rumahan, tentu saja cara promosi dan pemasaran produk yang dijual. Tanpa adanya promosi dan pemasaran, tentu tidak akan ada yang tahu kalau Anda menjual kue.

Saat ini hampir semua orang menggunakan internet dalam berbagai kegiatan. Sehingga informasi seputar produk yang Anda jual bisa lebih cepat dan mudah tersebar. Terutama bila menggunakan media sosial.

Anda bisa mulai mempromosikan kepada keluarga dan teman dekat terlebih dahulu. Kemudian mintalah testimoni serta bantuan mereka untuk mempromosikan usaha Anda di media sosial mereka. Dengan begitu, perlahan tapi pasti Anda bisa mendapat pelanggan baru.

Bila memiliki modal lebih, Anda juga bisa menggunakan jasa influencer di media sosial. Penggunaan jasa influencer sendiri terbilang cukup efektif, mengingat mereka memiliki jumlah pengikut yang banyak di internet.

  1. Lakukan inovasi

Salah satu langkah yang dapat membuat usaha Anda cepat terkenal dan laku di pasaran adalah dengan membuat inovasi dari produk yang dijual terobosan baru ini akan memberikan kesan dan nilai tersendiri yang berbeda dari produk pesain Anda.

Inovasi tersebut juga dapat membuat pelanggan tidak mudah bosan akan rasa dan bentuk dari produk yang Anda jual. Dengan begitu, mereka tidak akan mudah lari dari sisi Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menambah banyak pelanggan baru.

Bisnis kue rumahan memang mudah, namun tetap memiliki tantangannya tersendiri. Meski begitu, dengan keinginan dan kemauan kuat untuk terus belajar, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan berkembang di kemudian hari. Ingatlah bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

 

Beli Online Barang Bisa Di Jemput Hock

(Visited 36 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.