Tips Memilih Antara Oven Gas Portable & Oven Listrik

Perbedaan Oven Aluminium Putaran Hawa dan Tempat Arang
Perbedaan Oven Aluminium Putaran Hawa dan Tempat Arang?
Juli 7, 2020
6 Kiat Sukses Mulai Bisnis Kue Rumahan Bagi Para Pemula
6 Kiat Sukses Mulai Bisnis Kue Rumahan Bagi Para Pemula
Juli 15, 2020
Show all
Oven Gas Portable Hock

Oven Gas Portable Hock

Oven merupakan salah peralatan penting yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kue. Secara teknis, oven adalah ruang termal terisolasi yang dapat menghasilkan panas. Sehingga oven dapat digunakan dalam berbagai proses memasak. Mulai memanggang atau sekadar menghangatkan makanan.Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan oven semakin populer. Terutama di kalangan para pegiat usaha kuliner atau masyarakat yang memiliki hobi memasak. Para produsen pun semakin berlomba untuk menghasilkan oven berkualitas terbaik. Seperti oven gas portable dan oven listrik.

Meski memiliki fungsi dasar yang sama, kedua oven tersebut juga memiliki beberapa perbedaan. Di mana perbedaan tersebut dapat mempengaruhi kecepatan dan ketepatan memanggang kue, yang merupakan faktor penting bagi para pelaku usaha kuliner.

Kira-kira jenis oven apa yang paling sesuai untuk memanggang kue dengan cepat dan tepat? Berikut penjelasannya

Oven Gas Portable

Dari namanya saja Anda pasti bisa menebak kalau oven satu ini menggunakan gas elpiji sebagai sumber panasnya. Oven gas ada yang bisa menyatu dengan kompor gas, ada pula yang bisa berdiri sendiri. Biasanya yang menyatu dengan kompor gas digunakan di rumah sementara yang menyatu dengan kompor gas sering digunakan untuk industri kuliner, seperti usaha kue dan roti.

Oven gas banyak diminati karena memiliki kapasitas yang besar. Sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki bisnis kue homemade karena dapat memanggang kue dalam jumlah yang banyak. Sehingga dapat menghemat waktu yang diperlukan.

Meski memiliki kapasitas yang besar, oven gas tetap dapat diletakkan pada dapur yang tidak terlalu luas atau minimalis. Anda dapat menyatukannya dengan kompor gas yang ada di dapur rumah. Dengan begitu, Anda bisa memasak dengan lebih leluasa.

Oven Listrik

Oven listrik juga menjadi salah satu jenis alat pemanggang yang banyak diminati. Karena oven listrik memiliki bentuk yang minimalis dan cenderung praktis. Berbeda dengan oven gas, oven listrik menggunakan listrik sebagai sumber panasnya.

Artinya Anda hanya perlu menyambungkan oven dengan sumber listrik terdekat untuk mengoperasikannya. Dengan bentuk yang mudah dipindahkan, Anda tidak akan kesulitan untuk meletakkannya di tempat yang dekat sumber listrik.

Biasanya oven listrik sudah dilengkapi dengan fitur standar yang dapat membantu selama memasak. Dalam pengoperasiannya, oven listik bisa langsung mengatur kondisi panas secara otomatis dengan fitur timer. Sehingga oven akan mati dengan sendirinya bila proses memanggang kue telah selesai.

Siapa yang lebih cepat memanggang kue?

Setelah mengetahui penjelasan tentang oven gas dan oven listrik, saatnya menentukan oven jenis apa yang paling cepat dalam memanggang kue. Dalam bisnis kue, tentu kecepatan dan ketepatan hasil panggangan adalah hal yang utama.

Oleh sebab itu, penggunaan oven gas sangatlah disarankan. Kenapa? Karena oven gas memiliki kapasitas yang besar. Sehingga dalam satu proses memanggang bisa menghasilkan kue dalam jumlah banyak.

Meski dapat menghasilkan hasil panggangan yang matang merata, penggunaan bahan bakar gas pada oven gas dijamin tidak akan boros. Karena sebagian besar oven gas sudah dilengkapi dengan fitur valve yang dapat menghemat penggunaan gas.

Penggunaan gas juga memungkinkan Anda untuk terus memanggang dalam segala kondisi. Termasuk ketika sedang mati listrik. Sehingga produksi kue Anda dapat tetap berjalan. Ingat selalu bahwa ada pelanggan yang sedang menunggu kue buatan Anda.

Sebagai contoh adalah Oven Gas Portable HO-GS103. Oven gas Hock ini memiliki Full Stainless Steel Body yang kuat dan tahan lama. Seperti oven gas pada umumnya, Oven Gas Portable HO-GS103 juga memiliki kapasitas yang besar. Bahkan dapat menampung dua hingga tiga loyang dalam sekali proses memanggang,

Instalasi Oven Gas Portable HO-GS103 sangatlah mudah. Anda tinggal menghubungkan selang dari bagian belakang oven ke tabung gas terdekat. Setelahnya, Oven Gas Portable HO-GS103 pun siap digunakan untuk memanggang kue.

Soal keamanan, tidak perlu khawatir. Oven Gas Portable HO-GS103 memiliki sistem pengaman anti bocor yang dapat langsung memutus aliran gas setelah api padam. Selain tiu, dengan fitur penunjuk suhu pada Oven Gas Portable HO-GS103 dapat memungkinkan Anda untuk melihat sekaligus mengatur suhu pemanggangan yang sesuai. Hasilnya, kue dapat terpanggang dengan merata dan matang sempurna.

Sementara oven listrik hanya dapat menampung kapasitas kue dalam jumlah yang sedikit. Kurang cocok digunakan untuk bisnis kue yang membuturhkan kecepatan dan ketepatan hasil. Meski begitu, Anda bisa menggunakan oven listrik untuk keperluan memasak rumahan. Termasuk memanggang kue dalam jumlah tidak banyak untuk dinikmati bersama keluarga.

Demikianlah penjelasan seputar jenis oven apa yang paling cepat memanggang kue. Pada dasarnya, kedua oven tersebut memiliki fungsi yang sama. Hanya sumber daya dan kapasitasnya sajalah yang jadi pembeda. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan memanggang Anda.

Anda bisa memilih oven gas untuk memanggang dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, atau oven listrik untuk kegiatan memanggang yang tidak terlalu sering dilakukan.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.