Tips Memulai Bisnis Food Truck Di Indonesia

Coba cemilan sehat dan lezat yang tidak bikin gemuk ini
Suka Ngemil Tapi Tidak Ingin Gemuk? Coba Cemilan Sehat dan Lezat Ini!
November 13, 2017
5 Kafe Instagramable di Serpong
Ini Dia 5 Kafe Instagramable di Serpong Yang Wajib Dicoba
November 17, 2017
Show all
Tips Memulai Bisnis Food Truck di Indonesia

Image source : insidefortsmith.com

Saat ini, generasi baru pecinta kuliner pinggir jalan mulai berbaris di depan truk dan gerobak makanan. Tidak banyak yang tahu bahwa truk makanan atau biasa dikenal sebagai food truck masih menjadi hal baru di Indonesia. Seperti kebanyakan tren populer lainnya, sebenarnya food truck sudah lebih dulu populer di negara-negara lainnya. Namun, industri makanan pinggir jalan tidak pernah menjadi perhatian pebisnis kuliner di Indonesia sehingga baru sekarang ini food truck mulai berkembang di Indonesia. Orang biasanya mencari sarapan dan makan siang yang murah. Selain itu, para karyawan sering dikejar deadline pekerjaan yang mengakibatkan jam makan siang menjadi lebih pendek. Faktor-faktor ini membuat konsep food truck menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Jika peluang ini memacu semangat bisnis Anda dan Anda tertarik untuk memulai bisnis food truck di Indonesia, berikut ini tips memulai bisnis food truck di Indonesia dan caranya:

  1. Membangun brand yang kuat – Tips Memulai Bisnis Food Truck

Bangun Brand Yang Kuat Tips Bisnis Food Truck di Indonesia

Image source : cummins.com

Dengan semakin ketatnya persaingan bisnis di luar sana, tidak hanya dari bisnis food truck tetapi juga restoran, satu hal yang akan membuat bisnis Anda terdepan dalam persaingan adalah brand yang dapat diidentifikasi oleh pelanggan Anda secara mudah. Selain dari menu yang disajikan, pikirkan juga apa yang membedakan Anda dengan para kompetitor. Jika Anda benar-benar memiliki kesempatan untuk membangun bisnis food truck di Indonesia, Anda harus memperhatikan desain truk, logo, hingga halaman media sosial bisnis food truck milik Anda.

  1. Temukan fokus bisnis Anda – Tips Memulai Bisnis Food Truck

Tentukan Fokus Bisnis Anda Tips Bisnis Food Truck di Indonesia

Image source : cummins.com

Food truck biasanya memiliki variasi menu yang terbatas sehingga mengharuskan konsumen untuk mencari truk yang mengkhususkan diri pada menu makanan tertentu. Anda harus mencari sesuatu yang benar-benar dibutuhkan konsumen, sesuatu yang diinginkan oleh kelompok konsumen tertentu, tetapi tidak dimiliki oleh restoran atau food truck lokal lainnya. Sebagai pemula, Anda tidak akan bisa bersaing dengan brand besar, jadi Anda harus menemukan fokus bisnis yang belum pernah ada sebelumnya.

  1. Truk dan Perlengkapan Memasak – Tips Memulai Bisnis Food Truck

Truk dan Perlengkapan Memasak Tips Bisnis Food Truck di Indonesia

Image source : kareemcarts.com

Food truck hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Anda juga tahu bahwa mobil truk memiliki beragam ukuran. Ada yang sebesar bus atau semi bus, tetapi ada juga yang menggunakan trailer atau bahkan mobil biasa. Harganya bervariasi sesuai dengan tipe dan ukuran truk. Selain itu, bisnis food truck juga memerlukan peralatan memasak seperti kompor gas, oven listrik, pemanggang, dan bak cuci piring. Anda memerlukan semua peralatan tersebut dan dari situ Anda harus mencari tahu apakah semuanya biasa Anda masukan ke dalam truk atau trailer.  

  1. Memanfaatkan Media Sosial – Tips Memulai Bisnis Food Truck

Memanfaatkan Media Sosial Tips Bisnis Food Truck di Indonesia

Image source : reviewthechew.wordpress.com

Media sosial telah membantu banyak bisnis food truck dalam membangun dan mempertahankan eksistensi bisnis mereka. Anda memiliki peluang untuk terhubung dengan beragam pelanggan secara online. Beruntungnya, hal tersebut bisa Anda miliki secara gratis. Media sosial akan memperluas basis pelanggan Anda hingga mencapai ribuan, bahkan jutaan. Media sosial juga bisa menjadi alat atau media yang bagus untuk mempromosikan bisnis dan membiarkan orang lain mengetahui keberadaan bisnis food truck milik Anda. Jika bisnis food truck Anda menerima pesanan dalam jumlah banyak, website bisnis adalah tempat yang tepat untuk membuat form pesanan.

  1. Mencari Lahan Parkir – Tips Memulai Bisnis Food Truck

Mencari Lahan Parkir Tips Bisnis Food Truck di Indonesia

Image source : bestbransonbbq.com

Mobil truk memiliki ukuran yang cukup besar, dan jika Anda berencana untuk membuka bisnis food truck, salah satu masalah yang akan dihadapi adalah mencari lahan parkir. Apakah lingkungan sekitar mengizinkan Anda untuk memarkirkan mobil truk di pinggir jalan? Beberapa tempat bahkan melarang Anda untuk parkir di bahu jalan. Jika Anda tidak bisa mencari lahan parkir, atau tempat mangkal untuk berjualan, maka bisnis food truck Anda tidak bisa beroperasi. Solusinya, Anda mungkin bisa menyewa tempat parkir khusus di mall atau di area berbayar sehingga Anda bisa mendapatkan tempat yang aman dan legal.

  1. Jangan Tinggalkan Pekerjaan Tetap Anda – Tips Memulai Bisnis Food Truck

Hal terakhir yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis food truck adalah memastikan keuangan keluarga Anda aman. Pertimbangkan untuk memulai bisnis food truck secara paruh waktu. Perlu waktu selama enam bulan sampai satu tahun hingga bisnis food truck berjalan sukses. Anda tentu tidak ingin bergantung sepenuhnya pada bisnis food truck untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda. Apalagi jika bisnis food truck yang Anda bangun belum memiliki masa depan yang cerah. Lakukan segala sesuatunya secara perlahan, mulai dari paruh waktu hingga benar-benar fokus pada bisnis food truck. Jika waktunya sudah tepat maka Anda bisa meninggalkan pekerjaan tetap Anda yang sekarang dan mulai mengembangkan bisnis food truck secara lebih jauh.

Jangan Tinggalkan Pekerjaan Tetap Tips Bisnis Food Truck di Indonesia

Image source : dailysignal.com

Bisnis food truck telah berkembang secara drastis selama beberapa tahun terakhir, menjadi salah satu bisnis baru yang populer di Indonesia. Apakah Anda memiliki impian untuk memulai bisnis food truck milik Anda sendiri?

 

(Visited 38 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.