Inspirasi Peluang Usaha Dari Rumah : Kue Brownies Coklat

Bumbu Dasar Untuk Masakan Korea
Ini Dia Bumbu Dasar Untuk Masakan Korea Agar Lezat
Desember 2, 2017
Perbedaan Oven Aluminium Putaran Hawa dan Tempat Arang?
Juli 7, 2020
Show all
Inspirasi Peluang Usaha Dari Rumah Kue Brownies Coklat

Inspirasi Peluang Usaha Dari Rumah Kue Brownies Coklat

Di tengah masa pandemi seperti ini, banyak yang memulai usaha dari rumah dan salah satunya adalah berjualan kue brownies coklat secara online. Cara pembuatan brownies coklat yang relatif mudah dan alat dapur yang dibutuhkan oven, mixer dan perlengkapan dasar lainnya menjadikan Brownies Coklat menjadi pilihan mudah untuk memulai. 

Sebelum kami membedah lebih lanjut tentang potensi keuntungan berjualan Brownies Coklat, perlu Anda ketahui bahwa bisnis yang dimulai dari rumah bisa menjadi alternatif terbaik untuk mencari penghasilan tambahan. Peluang usahanya juga tidak bisa dianggap sebelah mata, karena bisnis makanan / camilan seakan tidak pernah sepi terlebih disaat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan COVID-19. 

Dengan kata lain, bisnis kue rumahan memiliki prospek yang sangat bagus untuk jangka panjang. Semakin Anda konsisten dan ditambah sedikit kreatifitas, bukan tidak mungkin keuntungan yang didapat juga menjadi fantastis. 

Analisa Usaha Kue Rumahan Brownies Coklat

Kue Brownies Coklat dengan Aneka Toppings

Kue Brownies Coklat dengan Aneka Toppings (Image src : unsplash.com)

Meski cenderung mudah dan gampang, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memulai bisnis kue rumahan. Termasuk menganalisa seberapa banyak modal yang harus dikeluarkan serta membandingkannya dengan modal yang dimiliki.

Berikut kami berikan gambaran umum seputar analisa modal awal, perkiraan keuntungan usaha, hingga perkiraan lama balik modal dari bisnis kue rumahan ini.

  • Biaya Bahan Baku

Langkah pertama sebelum memulai usaha kue rumahan yaitu melakukan perkiraan biaya bahan baku yang dibutuhan untuk menghasilkan 1 resep / loyang kue brownies coklat dan kemudian membandingkannya dengan harga jual untuk mengetahui potensi keuntungannya. 

Walaupun harga bahan baku dapat berbeda-beda tergantung dimana Anda membelinya, namun estimasi berikut bisa dijadikan tolak ukur. 

Bahan Jumlah / Resep Harga (Rp)
Tepung Terigu 220 gr 2.500
Coklat Bubuk 25 gr 4.000
Coklat Batang 250 gr 12.500
Gula Pasir 250 gr 3.250
Mentega 125 gr 11.000
Telur 4 butir 6.000
Chocochip Secukupnya 5.000
Minyak Sayur 125 ml 1.800
Kotak Kue (Bahan Plastik) 1 pcs 2.000
Total Biaya / Resep 48.050
  • Biaya Membeli Peralatan

Untuk membuat brownies coklat, hanya memerlukan alat dapur dasar yang seringkali sudah dimiliki di dapur rumah. Jika ternyata peralatannya belum Anda miliki, maka berikut adalah estimasi harga yang bisa menjadi tolak ukur.

Perlengkapan Harga
Hock Oven Gas Portable HO-GA103 888.000
Mixer 100.000
Loyang 20.000
Saringan / Ayakan 20.000
Total Biaya Perlengkapan 1.028.000
  • Estimasi Keuntungan Kue Brownies Coklat

Setelah mengetahui perkiraan biaya bahan baku dan biaya membeli peralatan, maka kini saatnya untuk menghitung keuntugannya. Dengan asumsi bahwa Anda dapat menjual brownies coklat seharga Rp 90.000 / loyang, maka keuntungan yang bisa Anda peroleh adalah sebesar Rp 41.950 (Rp 90.000 – Rp 48.050). 

Namun, perlu diingat untuk mengurangi biaya lainnya seperti air, listrik dan gas agar perhitungan keuntungannya lebih akurat. Dengan asumsi biaya lainnya sebesar Rp 8.000 / resep, maka Anda bisa mengantongi keuntungan sekitar Rp 33.950 (Rp 41.950 – Rp 8.000).

  • Perkiraan Lama Balik Modal

Hal yang paling ditunggu para pengusaha adalah saat dimana modal usaha bisa kembali atau dikenal dengan istilah balik modal. Berdasarkan perhitungan pembelian perlengkapan dan keuntungan yang bisa dihasilkan setiap loyangnya, maka lama balik modalnya adalah sebagai berikut:

Deskripsi Jumlah (Rp)
Biaya Pembelian Perlengkapan  1.028.000
( ÷ ) Keuntungan per loyang / resep 33.950
Jumlah loyang / resep yang harus dijual untuk balik modal 30 loyang

Jika diasumsikan bahwa Anda dapat menjual 1 loyang / hari saja, maka dalam 1 bulan Anda sudah menjual 30 loyang atau sudah balik modal sepenuhnya. Cepat bukan?

 

Beli Online Barang Bisa Di Jemput Hock

(Visited 345 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.