Resep Kue Bolu Kukus Dengan Satu Telur. Gampang Bikinnya!

6 Kiat Sukses Mulai Bisnis Kue Rumahan Bagi Para Pemula
6 Kiat Sukses Mulai Bisnis Kue Rumahan Bagi Para Pemula
Juli 15, 2020
Cara Membuat Roti Sobek Dengan Oven Aluminium atau Oven Tangkring Hock
Cara Membuat Roti Sobek Dengan Oven Aluminium
Juli 23, 2020
Show all
Resep Kue Bolu Kukus Dengan Satu Telur Hock Tips

Resep Kue Bolu Kukus Dengan Satu Telur Hock Tips

Berbicara tentang membuat kue rasanya seperti tidak ada habisnya. Apalagi sekarang ini membuat kue telah menjadi salah satu hobi yang banyak digandrungi oleh banyak orang, terutama kaum muda. Di antara sekian banyak jenis kue yang ada, kue bolu kukus menjadi salah satu yang banyak digemari.

Ya, bolu. Siapa yang tidak kenal camilan nikmat satu ini. Teksturnya yang lembut serta cita rasa manisnya yang lezat membuat siapapun ketagihan menyantapnya. Bolu memiliki ragam jenis tersendiri, sesuai dengan cara memasaknya. Misalnya saja bolu kukus.

Seperti namanya, jenis bolu satu ini dibuat dengan cara dikukus. Perpaduan rasa manis serta tekstur lembut yang mudah dimakan membuat bolu kukus menjadi camilan yang digandrungi banyak kalangan. Baik anak-anak hingga orang dewasa menyukai bolu kukus.

Umumnya, bolu kukus terbuat dari bahan dasar yang sama dengan bolu pada umumnya yaitu tepung terigu, gula, dan telur. Anda bisa menambah variasi bahan tertentu sesuai keinginan. Penggunaan bahan yang irit membuat Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih jika ingin memasak kue.

Menariknya, Anda juga bisa membuat bolu kukus hanya dengan menggunakan satu butir telur saja loh. iya, satu butir telur saja. Meski cuma satu telur, tekstur dan rasanya tetap sama dengan bolu kukus pada umumnya.
Lalu, bagaimana cara membuatnya? Yuk simak cara membuat bolu kukus hanya dengan satu telur berikut ini.

Persiapkan Alat dan Bahan Pembuatan Kue Bolu Kukus

Bila ingin membuat kue, hal pertama yang harus dipersiapkan tentu adalah alat dan bahan yang akan digunakan. Penggunaan bahan biasanya lebih bervariasi. Tergantung pada keinginan sang pembuat. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus dengan satu telur.

Peralatn

  • Kompor gas
  • Kukusan
  • Mangkuk
  • Mixer
  • Cetakan kue
  • Pengaduk

Bahan

  • 400 gr tepung terigu
  • 200 gr gula pasir
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt vanili
  • 200 ml susu cair
  • 1 butir telur ayam
  • Pewarna makanan (sesuai keinginan)

Cara pembuatan Kue Bolu Kukus

Setelah alat dan bahan yang dibutuhkan siap, saatnya mulai membuat kuenya. Berikut adalah cara pembuatan bolu kukus dengan satu telur.

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu dengan api sedang besar. Tunggu hingga kukusan mengeluarkan banyak uap.
  2. Sambil menunggu kukusan panas, siapkan adonan terlebih dahulu. Campurkan telur, gula pasir, vanili, dan baking soda. Aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengental dan mengembang.
  3. Turunkan kecepatan mixer lalu memasukkan susu cair sambil terus dimixer. Setelah tercampur rata, masukkan tepung terigu dan kocok dengan mixer hingga merata.
  4. Setelah adonan tercampur rata, beri pewarna makanan sesuai keinginan. Lalu masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan kue yang sudah disiapkan. Jangan lupa olesi dengan margarin terlebih dahulu agar adonan tidak lengket.
  5. Masukkan cetakan kue tersebut ke dalam kukusan yang telah panas. Agar uap air tidak mengenai bolu, lapisi tutup kukusan dengan serbet. Kukus sekitar 15 menit.
  6. Bolu kukus dengan satu telur siap disajikan.
  7. Agar bolu kukus tidak mengering setelah agak lama, simpan bolu di wadah tertutup rapat atau bungkus dengan kantong plastik.

Itu dia cara membuat bolu kukus dengan satu telur yang lezat dan ekonomis. Nah, supaya bolu yang Anda buat bisa mekar dengan sempurna, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

  1. Pilihlah telur yang berukuran sedang. Dengan begitu adonan bolu bisa mekar dengan merata. Campuran telur yang terlalu banyak justru akan membuat adonan tidak dapat mengembang dengan sempurnan
  2. Beri takaran gula pada adonan sesuai dengan resep. Jangan dikurang-kurangi. Karena takaran gula yang sesuai akan membuat adonan mengental dan dapat mekar dengan baik.
  3. Proses pengocokan adonan pun tidak boleh sembarangan. Mulailah dengan mengocok telur, gula, dan baking powder terlebih dahulu. Baru kemudian tambahkan bahan lainnya.
  4. Pilihlah loyang yang memiliki lubang di sisi bawah dan samping. Dengan begitu, adonan akan mendapat panas dari segala arah sehingga dapat mekar dengan sempurna.
  5. Untuk mendapat panas maksimal, gunakanlah kukusan yang memiliki lubang kecil namun banyak. Gunakan api besar agar bisa menghasilkan uap air dengan banyak. Jangan lupa untuk melapisi bagian penutup kukusan menggunakan kain agar uap air tidak menetes ke adonan.

Demikianlah petunjuk seputar cara membuat bolu kukus dengan menggunakan satu telur beserta tips agar bolu tersebut dapat mekar dengan sempurna. Tertarik untuk mencoba?

 

Beli Online Barang Bisa Di Jemput Hock

 

(Visited 875 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.