7 Olahan Sayur Untuk Anda Yang Tidak Suka Sayur

Artis Yang Sukses Dengan Bisnis Kuliner
7 Artis Ini Memilih Kuliner Sebagai Bisnisnya!
November 10, 2017
Tips Memulai Diet Vegetarian
7 Tips Memulai Diet Vegetarian Untuk Pemula
November 10, 2017
Show all
Aneka Olahan Sayur Untuk Anda Yang Tidak Suka Makan Sayur

Aneka Sayuran (Image source : organicfoods.com.au)

Meskipun memiliki nilai gizi tinggi, tidak semua orang mau dengan sukarela menyantap sayur. Apalagi anak-anak yang merasa sayur tidak cukup enak untuk dijadikan teman makan. Rasanya yang cenderung hambar memang menjadi masalah bagi banyak orang untuk mau mengkonsumsi sayur. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa disiasati. Anda bisa mencoba olahan sayur hijau yang hambar ini menjadi santapan lezat yang akan dijadikan rebutan satu keluarga. Apa saja? Berikut 7 olahan sayur di antaranya!

  1. Cake Wortel

Olahan Sayur Menjadi Cake Wortel

(Image source : divascancook.com)

Cake yang manis adalah kudapan yang sangat disukai anak-anak. Beda dengan wortel yang berbau langu dan cenderung dihindari. Dengan modal oven gas portable dan resep dari internet yang banyak beredar, Anda bisa membuat cake wortel sebagai teman ngeteh bersama keluarga. Tambahkan cheese cream beku sebagai topping untuk menambah nilai gizinya.

  1. Keripik Kale

Olahan Sayur Menjadi Keripik Kale

(Image source : amazonaws.com)

Sayuran hijau yang masih satu family dengan kubis dan brokoli ini dikenal memiliki kandungan vitamin K dan B kompleks yang tinggi. Daripada direbus saja, Anda bisa mencoba membuat keripik dari daun kale. Tambahkan aneka bumbu, taburan kacang mete dan sedikit keju untuk citarasa yang lezat.

  1. Cheese Stick Timun Jepang

Olahan Sayur Cheese Sticks

(Image source : mariahspleasingplates.com)

Anak-anak biasanya menggemari santapan dari keju ini. Untuk mengakali agar kudapan ini mengandung sayuran juga, Anda bisa menambahkan irisan timun jepang alias Zucchini. Balur dengan tepung roti dan goreng hingga kecolekatan di atas kompor gas. Hidangkan dengan saus cabai cocol.

  1. Cupcake Labu

Olahan Sayur Menjadi Cupcake Labu

(Image source : damndelicious.net)

Bagi orang Indonesia, labu biasanya disajikan sebagai teman makan nasi atau dibuat kolak. Jika dua hidangan ini terlalu biasa, cobalah bereksperimen dengan membuat cupcake labu. Buat adonan cupcake biasa dan tambahkan labu rebus yang sudah dihaluskan. Sajikan bersama teh atau kopi panas.

  1. Smoothies

Olahan Sayur Menjadi Smoothies

Smoothies (Image source : webshopapp.com)

Membuat sayuran menjadi smoothies mungkin tidak akan terasa enak di lidah. Anda bisa mensiasatinya dengan mencampurkan sayuran bersama potongan buah. Beberapa buah yang cocok dijodohkan dengan sayur menjadi smoothies sedap antara lain sawi dengan nenas, kale dengan nenas dan pisang, bayam dengan anggur dan potongan daging kelapa, kale dan apel serta berbagai perpaduan lain. Tambahkan es, madu, atau susu sesuai selera.

  1. Keripik Umbi

Olahan Sayur Menjadi Keripik Buah Bit

(Image source : buzzfeed.com)

Aneka sayur umbi seperti kentang, wortel dan bit bisa dengan mudah dijadikan camilan. Bermodalkan oven gas portable saja, Anda bisa membuat aneka keripik dari umbi-umbian ini.  Untuk membuat keripiki bit misalnya, Anda cukup menyiapkan buah bit secukupnya. Iris tipis-tipis seperti keripik biasa kemudian bumbui dengan irisan daun seledri bersama garam secukupnya. Tambahkan ½ cup olive oil yang sudah dicampur dengan cuka. Panggang dengan oven selama kurang lebih 50 menit. Hal yang sama bisa Anda lakukan dengan wortel, kentang atau ubi manis.

  1. Magic Broccoli

Olahan Sayur Menjadi Magic Broccoli

(Image source : buzzfeed.com)

Jika brokoli yang Anda kenal biasa disajikan bersama sup atau sayur capcay, saatnya berkreasi membuat camilan dari brokoli. Caranya sangat mudah, panaskan oven hingga suhu 180 derajat Celsius. Potong-potong brokoli dan susun di atas pinggan tahan panas. Campurkan 2 sendok teh olive oil, bawang putih yang dihaluskan dan sedikit lada. Tambahkan garam sesuai selera. Panggang selama 20-25 menit hingga bagian luar brokoli sedikit renyah, tapi jangan terlalu matang.

Angkat dari oven, taburi dengan lemon juice dan 2 sendok teh olive oil lagi. Aduk hingga merata kemudian taburkan keju parmesan.

 

(Visited 77 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.