7 Trik Ampuh Bikin Kue Anti Gagal Yang Wajib Dicoba

Cara Membuat Roti Sobek Dengan Oven Aluminium atau Oven Tangkring Hock
Cara Membuat Roti Sobek Dengan Oven Aluminium
Juli 23, 2020
Memilih Oven Gas Untuk Mulai Usaha di Rumah
6 Tips Memilih Oven Gas Untuk Memulai Usaha Di Rumah
September 14, 2020
Show all
7 Trik Bikin Kue Anti Gagal

7 Trik Bikin Kue Anti Gagal

Membuat kue anti gagal bagi pemula pasti menjadi sebuah tantangan, karena sering kali adonan kue tidak mau mengembang atau bantat. Walaupun demikian, membuat kue bisa memberikan kesenangan tersendiri dan membuat Anda ketagihan untuk terus mencoba.

Untuk menghindari kue gagal mengembang, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum memulai membuat kue. Jangan sampai segala persiapan dan bahan kue yang sudah Anda persiapkan menjadi terbuang sia-sia.

Namun, tidak perlu khawatir, kami memiliki 7 trik bikin kue anti gagal yang bisa dicoba agar kue kreasi Anda bisa mengembang dengan sempurna dan kuenya bisa Anda nikmati bersama teman dan keluarga. 

  1. Bikin kue anti gagal dengan memastikan bahan dalam suhu ruangan 

Ini adalah hal yang paling sering diabaikan oleh para pemula saat menyiapkan bahan untuk membuat kue. Padahal ini merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan dari kue yang dibuat.

Penggunaan bahan yang memiliki suhu panas atau dingin bisa membuat kue yang Anda buat menjadi bantat. Karena itu, sebaiknya Anda tidak serta merta menggunakan bahan-bahan yang masih dalam kondisi dingin atau panas.

Bila Anda menggunakan telur dari kulkas, diamkan dahulu telur tersebut hingga suhunya pas. Begitu pula bila Anda menggunakan lelehan margarine, cokelat, atau mentega. Diamkan lelehan tersebut sejenak hingga menghangat, baru kemudian dicampurkan.

  1. Bikin kue anti gagal dengan menggunakan bahan dan peralatan yang berkualitas

Bila Anda ingin mendapat kue dengan hasil terbaik dan maksimal, bahan dan peralatan yang digunakan pun juga harus berkualitas terbaik. Bila Anda akan membuat kue, pastikan bahan-bahannya masih segar dan peralatan yang digunakan berkualitas baik.

Jangan ragu mengeluarkan uang lebih untuk membeli alat dan bahan berkualitas terbaik. Anggaplah itu sebagai salah satu investasi untuk menghasilkan kue lezat dan memiliki kematangan maksimal. Kalau hasilnya baik, Anda juga akan senang bukan?

Hindari pula penggunaan bahan-bahan yang sekiranya sudah disimpan terlalu lama. Sebaiknya Anda membeli bahan-bahan baru yang masih segar supaya kue yang dihasilkan bisa maksimal dan tidak bantat.

Lihat koleksi Oven Gas Portable dan Oven Aluminium Hock disini.

  1. Bikin kue anti gagal dengan takaran yang sesuai

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh beberapa orang saat membuat masakan adalah tidak menakar bahan yang digunakan. Kebanyakan mereka hanya mengira-ngira takaran yang digunakan.

Untuk beberapa masakan tertentu, hal ini masih bisa dilakukan. Tapi bila ingin membuat kue dengan hasil maksimal, sebaiknya hindari kebiasaan mengira-ngira takaran ini.  Karena takaran bahan yang tidak tepat bisa membuat kue yang dibuat menjadi bantat dan mekar.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan alat penakar seperti sendok takar atau wadah pengukur lainnya. Sendok yang digunakan pun sebaiknya berbeda-beda. Anda bisa melihat kadar takaran yang dibutuhkan dari resep kue tersebut.

  1. Bikin kue anti gagal dengan melelehkan margarin/mentega dengan benar

Melelehkan margarin atau mentega mungkin terdengar mudah dan gampang. Namun, ternyata proses ini juga membutuhkan trik dan ketelitian tertentu agar hasil yang didapat bisa sesuai dengan keinginan.

Anda cukup menggunakan api kecil untuk melelehkan margarin atau mentega. Selain itu, Anda tidak perlu menunggu hingga keseluruhannya meleleh. Kalau sebagian sudah ada yang mencair, segera matikan api. Kemudian pindahkan lelehan tersebut ke wadah, jangan gunakan piring karena dapat membuat suhunya dingin.

Perlu diketahui, meski margarin atau mentega tidak boleh dimasukkan langsung setelah nencair, lelehan tersebut juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan. Jadi, pastikan lelehan margarin atau menteganya tetap dalam kondisi hangat saat akan dicampurkan ke adonan.

  1. Bikin kue anti gagal dengan menuang bahan secara perlahan

Menuang bahan-bahan ke dalam adonan pun ternyata juga tidak boleh sembarangan. Ada trik tersendiri agar bahan-bahan tersebut bisa tercampur rata dan dapat menghasilkan kue yang bebas mekar dan bebas bantat.

Untuk mempermudah pencampuran, sebaiknya Anda menggabungkan bahan-bahan kering terlebih dahulu baru kemudian melakukan hal serupa pada bahan basah. Setelah itu, Anda bisa menggabungkan campuran bahan kering tersebut dengan campuran bahan basah.

Ohya, bila Anda akan mencampurka bahan seperti tepung, sebaiknya diayak terlebih dahulu dengan menggunakan ayakan atau saringan. Tujuannya agar tepung yang digunakan sebagai adonan terbebas dari gumpalan. Tuang sedikit demi sedikit lalu aduk dengan spatula.

  1. Jangan mengaduk adonan terlalu lama

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui pengaruh cara dan lama mengaduk adonan terhadap kualitas kue. Padahal cara dan lama mengaduk tersebut sangat mempengaruhi kue yang akan dihasilkan.

Jangan mengaduk adonan terlalu lama. Gunakan mixer dengan kecepatan rendah saat Anda akan mengaduk telur dan gula. Setelahnya naikan kecepatannya secara perlahan agar campuran bahan tersebut mengembang.

Sesuaikan juga lama pengadukan adonan tersebut. Kalau proses mengaduknya terlalu cepat, adonan akan naik turun dan menjadi tidak stabil saat dipanggang. Sementara bila terlalu lama, udara yang masuk ke dalam adonan akan semakin banyak. Akibatnya, kue yang dibuat akan menjadi bantat.

  1. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum proses memanggang

Setelah adonan siap, saatnya memulai proses pemanggangan. Tapi sebelum memasukkan adonan ke dalam oven, panaskan dahulu oven tersebut sekitar 5-20 menit hingga mencapai suhu tertentu.  Anda bisa melihat suhu dari thermometer oven yang digunakan.

Jangan sampai suhu oven terlalu panas atau dingin. Kalau terlalu panas, bagian permukaan kue akan cepat matang semetara bagian tengahnya masih cair. Akibatnya, adonan tersebut akan cepat gosong.

Begitu pula bila suhu oven tersebut terlalu dingin. Adonan kue yang digunakan memang nantinya akan mengembang, namun akan langsung mengempis lagi dengan cepat ketika kuenya masih berada di dalam oven.

Hindari pula kebiasaan membuka pintu oven sering-sering saat proses pemanggangan. Apalagi bila kue tersebut masih belum matang sempurna. Bukalah sesuai lama waktu yang tertera pada resep. Gunakan tusuk gigi untuk memastikan bahwa kue tersebut sudah matang atau belum.

Membuat kue merupakan kegiatan yang menyenangkan. Meski begitu, prosesnya memerlukan trik dan cara tertentu agar hasilnya maksimal. Jangan sampai menyepelekan trik-trik tersebut kalau Anda ingin kue yang anti bantat dan anti mekar. Yuk, segera coba dan praktikkan!

 

Beli Online Barang Bisa Di Jemput Hock

(Visited 23 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.