Hidup Sehat Dengan 9 Cara Menjalankan Pola Gizi Seimbang

Ini dia 5 Restoran Milik Artis Ternama Indonesia
Yuk Mampir Dulu Ke 5 Restoran Milik Artis Ini
Oktober 10, 2017
Tips Menata Booth Franchise Agar Tetap Menarik
8 Tips Menata Booth Franchise Anda Agar Tetap Menarik
Oktober 10, 2017
Show all
9 Cara Menjalankan Pola Gizi Seimbang

Image source : ourhealthyway.com

Anda yang berusaha menjalankan pola hidup sehat barangkali belum tahu bila pedoman 4 sehat 5 sempurna telah diganti dengan pola gizi seimbang. Asupan 4 sehat 5 sempurna adalah pola makan benar yang pertama kali diperkenalkan pemerintah pada 1955.

Namun seiring berjalannya waktu konsep 4 sehat 5 sempurna sudah dianggap usang sehingga banyak ahli gizi merasa perlu diganti. Pasalnya, tak sedikit masyarakat yang mengalami kegemukan saat menginjak tahun 1990-an. Hal ini bisa terjadi karena sejatinya kebutuhan satu manusia dengan manusia lainnya terhadap gizi berbeda-beda. Sebab itulah kemudian muncul pola gizi seimbang sebagai pengganti 4 sehat 5 sempurna.

Pola gizi seimbang sejatinya tak jauh berbeda dengan 4 sehat 5 sempurna. Hanya saja pola gizi seimbang dapat lebih disesuaikan pada setiap orang berdasarkan usia, jenis kelamin dan aktivitas sehari-hari. Ibarat kompor minyak yang kini berganti dengan kompor gas, pada dasarnya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama tapi lebih efektif.

Pola gizi seimbang sendiri merupakan hasil kesepakatan konferensi pangan sedunia di tahun 1992. Kesepakatan tersebut kemudian mengeluarkan pedoman pola gizi seimbang yang dinamai Nutrition Guide for Balance Diet. Beberapa anjuran dari panduan tersebut meliputi:

  1. Konsumsi Beragam Makanan Kunci Dari Pola Gizi Seimbang

    Seperti yang diketahui, tubuh manusia membutuhkan asupan gizi yang bervariasi. Sebab itu pada pola gizi seimbang kita diharuskan mengonsumsi beragam makanan. Beragam makanan yang dimaksud adalah mengonsumsi makanan dengan ragam gizi di waktu bersamaan. Misal, saat sarapan kita mengonsumsi nasi yang mengandung karbohidrat, ikan yang mengandung protein dan buah yang mengandung vitamin.
    Jadi, mengonsumsi beragam makanan bukan berarti mendorong Anda untuk jajan dan makan sembarangan.


  1. Batasi Asupan Gula, Garam dan Minyak Kunci Dari Pola Gizi Seimbang

Gula memang dibutuhkan sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Tapi bila tak dibatasi tentu akan sangat merusak tubuh. Sebab itu batasi mengonsumsi minuman manis atau setarakan 4 sendok makan gula dalam sehari.

Sementara untuk asupan garam cukup batasi 1 sendok teh dan pastikan garam beryodium. Kemudian untuk minyak cukup batasi 5 sendok teh per hari. Artinya Anda pun dibatasi mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan. Sekalipun ada makanan yang diolah tanpa digoreng, misal menggunakan oven portable, namun tetap saja tak boleh Anda konsumsi kebanyakan bila mengandung minyak.


  1. Konsumsi Air Mineral Lebih Banyak Kunci Dari Pola Gizi Seimbang

Mengonsumsi air putih yang dianjurkan yakni 8 gelas per hari. Namun sepertinya kebiasaan ini masih sukar dilakukan oleh kebanyakan orang. Sebab kebanyakan dari kita lebih suka menenggak minuman yang memiliki rasa daripada yang tidak. Padahal, mengonsumsi air mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh daripada minuman kemasan yang memiliki rasa lain. Apalagi minuman soda yang lebih cocok disebut air limbah bagi tubuh seperti halnya air di bak cuci piring.


  1. Konsumsi Karbohidrat

Konsumsi karbohidrat antara 3-4 porsi per hari. Ingat, karbohidrat bukan hanya didapatkan dari nasi, tapi juga dari kentang, kacang-kacangan, roti dan ubi. Atau Anda bisa mencoba variasi lain dari nasi, seperti lontong atau ketupat.

  1. Konsumsi Buah dan Sayuran

Dalam pola gizi seimbang tubuh juga diharuskan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kita dianjurkan mengonsumsi 2-3 buah per hari dan 3-4 porsi sayur-sayuran. Pastikan juga buah dan sayuran sudah dicuci lebih dulu di bak cuci piring sebelum dimasak atau dikonsumsi.

  1. Konsumsi Sumber Protein

Protein yang dibutuhkan tubuh bisa didapatkan dari ikan, daging, ayam, makanan laut, telur atau kacang-kacangan. Dan dianjurkan untuk mengonsumsi salah satunya sebanyak 2-4 porsi per hari.

  1. Memantau Berat Badan

Pastikan berat badan Anda idel, tidak kurang juga tidak lebih. Kendati sulit untuk mempertahankan berat badan, namun setidaknya dengan rutin memantau berat badan Anda tahu kapan harus diet.

  1. Rutin Berolahraga dan Bergerak

Ada baiknya dalam satu minggu Anda menjadwalkan satu hari untuk berolahraga. Anda bisa memanfaatkan moment Car Free Day (CFD) untuk berolahraga. Dan mulailah biasakan diri untuk banyak bergerak. Misal, memilih berjalan kaki menuju kantin saat jam makan siang daripada meminta OB untuk membelikan.

  1.  Jaga Kebersihan

Hal yang tak kalah penting dalam menjalani pola hidup sehat ialah dengan menjaga kebersihan. Entah itu kebersihan makanan atau pun lingkungan sekitar. Kita bisa memulainya dengan menjaga kebersihan meja kantor, peralatan masak di dapur seperti kompor gas atau kompor minyak, perkakas, spatula dan oven portable, hingga terbiasa mencuci bahan makanan di bak cuci piring sebelum memasaknya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu seperti apa pedoman pola gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh. Dan ingat, bahwa setiap tubuh membutuhkan porsi gizi yang berbeda-beda. Jadi, pastikan bahwa gizi yang diperoleh tubuh Anda telah sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh Anda. Yuk, jalani pola hidup sehat dengan menjalani gizi seimbang mulai sekarang!

(Visited 134 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.