8 Tips Menata Booth Franchise Anda Agar Tetap Menarik

9 Cara Menjalankan Pola Gizi Seimbang
Hidup Sehat Dengan 9 Cara Menjalankan Pola Gizi Seimbang
Oktober 10, 2017
Menghitung Keuntungan dan Lama Balik Modal Bisnis Franchise
Menghitung Keuntungan dan Lama Balik Modal Bisnis Franchise
Oktober 10, 2017
Show all
Tips Menata Booth Franchise Agar Tetap Menarik

Image source : pinterest.com

Bisnis franchise menjadi pilihan instan bagi anda yang ingin membuka usaha, tetapi tidak memiliki pengalaman bisnis sama sekali. Dengan membeli paket bisnis yang telah disediakan oleh pemilik franchise, Anda bisa langsung menjalankan bisnis yang sudah branded. Tidak perlu memikirkan bahan baku, kemasan produk, branding, booth, pelatihan karyawan, dan perlengkapan lainnya. Tinggal bagaimana cara Anda mengelola bisnis tersebut agar memperoleh banyak konsumen. Salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen yaitu dengan memiliki booth franchise yang terlihat rapih dan menarik.

Namun karena keterbatasan ruang, booth franchise menjadi sangat berantakan. Untuk mengatasinya, berikut ini tips mendekorasi booth franchise agar terlihat rapih:

  1. Memanfaatkan standing banner

Desain booth yang telalu ramai justru membuat bisnis Anda menjadi jelek di mata konsumen. Jika ingin menambahkan ornamen atau informasi tambahan sebaiknya menggunakan standing banner. Misalnya, bisnis franchise anda sedang mengadakan promo maka buat saja standing banner untuk promo tersebut. Dengan begitu booth franchise tetap telihat sederhana namun konsumen menjadi tahu apabila Anda sedang memberikan promo kepada mereka. Selain itu penggunaan standing banner juga secara tidak langsung akan membuat bisnis anda terlihat professional.

  1. Menata Booth Franchise Dengan Papan Menu Gantung 

Cantumkan Menu dan Harga Secara Jelas Pada Booth Franchise

Image source : pinterest.co.uk

Hal pertama yang akan di cari oleh konsumen saat menghampiri booth anda adalah daftar menu dan harga. Jika mereka kesulitan mencarinya atau bahkan tidak menemukannya, mereka akan malas untuk membeli. Faktanya beberapa konsumen bahkan malas untuk bertanya-tanya mengenai harga menu. Mereka lebih senang melihat daftar tersebut dan memilih mana yang terbaik untuk mereka. Oleh karena itu, tempelkan saja daftar menu dan harga pada booth franchise. Pastikan juga letak dan posisinya mudah dilihat oleh konsumen.

  1. Kursi tunggu untuk konsumen

Jika bisnis franchise anda adalah makanan yang harus diolah terlebih dahulu, berapa lama Anda mengolah makanan tersebut hingga siap disajikan kepada konsumen? Jika Anda memasaknya dalam waktu yang cukup lama, tidak mungkin konsumen akan berdiri secara menerus untuk menunggu pesanan mereka selesai dimasak. Untuk mengatasinya, tambahkan beberapa kursi tunggu untuk konsumen agar mereka tidak merasa malas dalam menunggu pesanan mereka.

  1. Menata bumbu dan bahan pelengkap

Menata Bumbu dan Bahan Pada Booth Franchise

Image source : championvending.com

Bumbu dan bahan pelengkap biasanya dimasukan ke dalam botol atau wadah-wadah kecil. Agar terlihat rapih dan bersih, letakan bumbu di sudut-sudut booth. Jika memungkinkan, beri label pada seitap bumbu. Setelah bumbu digunakan, letakan kembali ke tempat asalnya. Selalu refill bumbu tersebut jika memnag terlihat sudah kosong atau habis. Dengan menata bumbu dan bahan pelengkap, pekerjaan anda akan menjadi semakin mudah dan konsumen juga merasa bahwa anda adalah penjual yang bersih. Dari hal kecil, konsumen sudah bisa menilai anda.

  1. Mengelompokan bahan-bahan dalam box atau container

Persiapkan bahan baku sebaik mungkin. Letakan masing-masing bahan baku ke dalam box atau container yang berbeda. Selain menghindari bahan yang tercampur, anda akan semakin mudah dalam menggunakannya. Beberapa bahan yang bisa anda masukan kedalam box misalnya yaitu potongan sosis, baso, keju, sayuran yang sudah dicuci, dan lainnya. Selain itu perlengkapan lainnya seperti karet gelang, sendok plastik, tissue, dan tusuk gigi juga bisa dimasukan kedalam box atau container.

  1. Merapikan kompos gas, oven, dan fryer

Letakan kompor gas pada tempat yang tepat. Jangan sampai membuat booth anda gosong atau terbakar. Beberapa desain booth yang dibuat oleh pemilik franchise biasanya sudah memikirkan posisi kompor gas, oven, dan fryer. Ketika konsumen membeli produk anda, mereka juga ingin melihat bagaimana cara anda memasaknya. Selain itu, jangan sampai posisi kompor gas menyulitkan anda dalam memasak. Perlu diingat, jangan lupa untuk selalu membersihakn kompor setelah digunakan. Terutama noda minyak yang menempel dan sisa-sisa bahan baku yang jatuh.

  1. Memaksimalkan ruang kosong di bawah booth atau gerobak

Ukuran booth franchise dan space ruang yang anda sewa biasanya tidak terlalu besar. Rata-rata berukuran 1 x 2 meter. Dengan ukuran segitu, anda akan kesulitan menata barang-barang untuk keperluan bisnis franchise. Salah satu tempat yang paling memungkinkan adalah ruang kosong di bawah booth atau gerobak. Ruang kosong di bawah booth bisa anda manfaatkan utnuk menyimpan bahan-bahan mentah, galon, termos air, termos es, atau tabung kompor gas.

  1. Selalu mengutamakan kebersihan

Kebersihan menjadi kunci utama agar booth franchise anda selalu terlihat rapih. Hal tersebut bisa dimulai dengan merapikan bumbu-bumbu dan bahan baku, membersihkan kompor setiap kali habis menggunakannya, tidak membuang sampah sisa memasak secara sembarang, merapikan kursi-kursi tunggu konsumen, mengelap booth franchise, dan selalu menggunakan sarung tangan saat membuat produk makanan yang akan disajikan. Jika anda jorok, konsumen akan merasa ilfeel dan enggan untuk membeli produk bisnis anda.

Image source : thinkstockphotos.com

Dekorasi booth franchise yang tepat akan membuat segala sesuatu terlihat rapih. Dengan begitu konsumen akan terus berdatangan dan tertarik untuk membeli produk bisnis franchise milik anda.

(Visited 398 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.