Pecinta Kuliner Korea? Yuk Intip Resep Simple Jajangmyeon Ala Korea Rumahan Ini!

Kamar Mandi Hotel Termewah di Dunia
Yuk Intip 5 Kamar Mandi Hotel Termewah di Dunia Yang Spektakuler
Oktober 31, 2017
Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa
Pekerjaan Sampingan Sambilan Yang Bisa Dilakukan Oleh Mahasiswa
Oktober 31, 2017
Show all
Resep Simple Mie Hitam Khas Korea Jajangmyeon Ala Rumahan

Resep Simple Mie Hitam Khas Korea Jajangmyeon Ala Rumahan

Mie hitam atau black noodle merupakah salah satu sajian mie yang sudah menjadi ciri khas orang Korea Selatan menyantap makanan yang satu ini. Orang korea menyebut kuliner ini dengan nama “Jajangmyeon” atau dalam bahasa Indonesia berarti mie hitam. Jajangmyeon (자장면) merupakan sajian mie dengan saus pasta kacang kedelai hitam/ black bean paste (saus chunjang (준장)). Jajangmyeon aslinya berasal dari Beijing dan telah beradaptasi ke cita rasa negeri ginseng Korea. Terbuat dari mie Korea dengan berisikan daging, sayuran, bawang, dan lain-lain, Jajangmyeon kemudian disajikan dengan cara disiram dengan saus pasta kacang kedelai hitam.

Mie Hitam Khas Korea Jajangmyeon

Mie Hitam Khas Korea Jajangmyeon

Jajangmyeon yang dibuat dari mie basah, potongan daging, tumisan bawang bombay, zukini, kentang, air sagu, dan saus pasta kacang hitam yang ternyata cukup praktis dengan bantuan kompor gas dirumah. Apabila Anda penggemar makanan sajian mie, sepertinya makanan ini patut untuk dicoba dirumah Anda. Nah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini merupakan adalah langkah-langkah dari sajian cara membuat mie hitam nikmat ala Korea  ini yang dapat Anda coba kreasikan di dapur kesayangan Anda :

Bahan-Bahan :

  • Mie Basah Putih/Kuning  (600 gr)
  • Daging Sapi (100 gr)
  • Bawang Bombay (2 buah)
  • Zukini (½ buah)
  • Kentang (Secukupnya)
  • Gula Pasir (1 sdm)
  • Air Putih (2 gelas)
  • Air Sagu (4 sdm)
  • Minyak Sayur (7 sdm)
  • Black Bean Paste/Chunjang (6 sdm)
  • Lobak Kuning (Secukupnya)

Dibawah ini adalah langkah-langkah membuat Jajangmyeon (Mie Hitam khas Korea Selatan) sebagai berikut :

  1. Pertama-tama, potong atau cincang terlebih dahulu daging sapinya hingga menjadi beberapa bagian.
  2. Kemudian setelah itu siapkan zukini, kentang dan bawang bombay yang kemudian potong-potong menjadi kotak-kotak.
  3. Disisi lain, panaskan 6 sdm minyak dan masak pasta kacang hitam diatas kompor gas dan panci anti lengket. Lalu angkat dan tiriskan.
  4. Jika Anda menggunakan kompor gas 2 tungku, gunakan tungku lainnya untuk memanaskan 1 sdm minyak dan tumis bawang bombay yang sudah Anda potong hingga tercium aroma harum. Seketika, masukkan kentang dan zukini yang sudha Anda potong. Kemudian, masak hingga matang.
  5. Kemudian tambahkan tumisan tersebut dengan pasta kacang hitam yang dimasak tadi. Aduk-aduk hingga merata lalu tambahkan kembali dengan air sagu. Aduk-aduk sekali lagi dan biarkan mendidih. Lalu angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya, rebus mie basah hingga merekah. Angkat dan siram dengan air dingin dan kemudian tiriskan.
  7. Ditempat berbeda, siapkan mangkuk dan tuangkan mie ke dalamnya. Lalu sirami mie tersebut dengan campuran saus jajangmyeon yang telah dimasak tadi.
  8. Terakhir, hidangkan jajangmyeon mie hitam lezat ala Korea ini dengan tambahan pelengkap lobak kuning.

Tradisi Mengkonsumsi Jajangmyeon pada Black Day

Ternyata di negara Korea Selatan sendiri, sudah menjadi tren tersendiri bahwa pada saat memasuki Black Day, orang yang belum memiliki pasangan secara bersama-sama mengenakan pakaian hitam dan memakan Jajangmyeon ini.

Meskipun tidak cukup jelas kapan dan dari mana munculnya tren menyantap makanan ini pada saat Black Day, akan tetapi banyak orang yang menganggap kuliner Jajangmyeon adalah makanan yang dinilai paling sesuai untuk mempresentasikan ‘semangat’ pada saat perayaan tersebut. Dimulai dari warna sausnya yang berwarna coklat kehitaman, jelas sangat cocok dengan nama Black Day. Selain itu, Jajangmyeon diketahui adalah  makanan yang paling sering dimakan oleh orang-orang yang tinggal sendiri di negara Korea Selatan.

Meskipun Black Day kerap kali dinilai sebagai suatu hari yang ‘menyedihkan’ bagi orang-orang yang belum memiliki pasangan, ternyata banyak juga yang beranggapan jika hari Black Day ini memiliki makna yang ternyata cukup apik. Tradisi berkumpul dengan sesama orang-orang yang belum memiliki pasangan dan sama-sama menikmati kebersamaan sembari menyantap mie hitam yang lezat tersebut adalah makna sesungguhnya di balik adanya perayaan Black Day.

(Visited 346 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.