Perbedaan Oven Aluminium Putaran Hawa dan Tempat Arang?

Inspirasi Peluang Usaha Dari Rumah Kue Brownies Coklat
Inspirasi Peluang Usaha Dari Rumah : Kue Brownies Coklat
Juli 7, 2020
Oven Gas Portable Hock
Tips Memilih Antara Oven Gas Portable & Oven Listrik
Juli 15, 2020

Perbedaan oven aluminium putaran hawa dan tempat arang Hock sering membuat bingung pengguna baru. Namun, cara membedakannya tidaklah susah dan saat memilih diantara keduanya juga cukup mengetahui jenis kue atau hidangan apa yang ingin Anda buat. 

Pemilihan oven aluminium yang tepat akan mempengaruhi hasil kreasi kue atau hidangan sehingga lebih nikmat untuk dikonsumsi. Selain menambah selera makan, kue yang matang secara rata dan mengembang sempurna juga menambah nilai jual jika Anda hendak menjualnya lewat media sosial. 

Sekilas Tentang Oven Aluminium atau Oven Tangkring

Sesuai namanya, oven satu ini disebut tangkring karena peletakkannya yang dibuat nangkring di atas kompor. Oven jenis ini biasanya terbuat dari bahan alumunium. Anda bisa memanaskan udara di dalam oven tangkring dengan menggunakan api kompor. Caranya letakkan oven di atas kompor dan panaskan.

Oven yang biasa disebut sebagai oven tangkring ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang masih baru belajar membuat kue. Harganya yang cenderung murah dan biaya pengoperasian yang tidak terlalu besar membuat oven aluminium pilihan paling terjangkau.

Selain itu, oven tangkring memiliki bentuk yang tidak terlalu besar sehingga mudah diletakkan di mana saja dan tidak makan tempat. Meski bentuknya tidak terlalu besar, kapasitas dari oven tangkring ini cukup besar.

Saat ini ada 2 jenis oven aluminium Hock yang bisa Anda pilih, yaitu oven model putaran hawa dan oven model tempat arang. Namun, apa perbedaan oven aluminium dari kedua tipe tersebut?

Perbedaan Oven Aluminium Tipe Putaran HawaOven Aluminium Model Putaran Hawa Hock

Oven Aluminium Model Putaran Hawa HockOven putaran hawa merupakan alat pemanggang yang pengaturan suhunya bisa dilakukan dengan membuka lubang hawa. Lubang hawa ini sendiri posisinya berada di bagian atas oven. Fungsinya adalah untuk mengalirkan hawa panas ke bagian atas oven. Dengan begitu, hasil panggangan dapat merata dan matang sempurna.

Sebagai contoh adalah Oven Aluminium Model Putaran Hawa No.3 Hock. Oven berbahan alumunium ini didesain secara khusus sehingga dapat digunakan untuk memanggang segala jenis masakan. Mulai dari roti, kue, ikan hingga daging.

Oven Model Putaran Hawa No.3 Hock juga dilengkapi dengan penunjuk suhu yang memungkinkan Anda untuk mengatur suhu dengan baik, sehingga hasil panggangan dapat matang merata dan sempurna. Penggunaan bahan alumunium tebal yang anti karat juga membuat oven ini menjadi kuat dan tahan lama.

Cara menggunakan Oven Model Putaran Hawa Hock tidaklah sulit. Pertama  Anda harus memanaskan dahulu oven dengan api kompor sesuai suhu yang tertera pada resep. Setelah dirasa cukup, masukkan makanan yang akan Anda masak. Misalnya adonan kue atau daging ayam.

Pastikan bahwa suhu panas saat proses memanggang telah sesuai. Tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah. Karena hal tersebut nantinya dapat mempengaruhi kematangan dari hasil panggangan Anda.

Pada tingkat kematangan kurang lebih 75%, Anda bisa membuka lubang hawa dengan knob putaran hawa. Nantinya hawa panas yang berada di sekitar dinding oven akan keluar melalui lubang hawa. Dengan begitu, pusat panas akan berpindah ke atas dan dapat mematangkan bagian permukaan.

Perbedaan Oven Aluminium Tipe Tempat Arang

Sementara oven tempat arang merupakan alat pemanggang yang menggunakan arang untuk mengatur suhunya.  Salah satu produk oven tempat arang yang bisa Anda pilih adalah Oven Aluminium Model Tempat Arang No.1 Hock.

Oven ini terbuat dari bahan alumunium tebal yang anti karat dan tahan lama. Selain itu Oven Aluminium Model Tempat Arang No.1 Hock juga sudah dilengkapi dengan piring panggangan ayam serta penunjuk suhu oven yang memudahkan Anda untuk mengatur suhu dengan baik untuk hasil panggangan sempurna.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, kenapa harus menggunakan arang? Padahal oven tangkring sendiri sudah menggunakan api dari kompor gas. Jawabannya adalah karena tempat arang ini memiliki fungsi untuk menambah hawa panas di dalam oven. Dengan begitu, hasil panggangan bisa lebih merata sempurna.

Cara penggunaan Oven Model Tempat Arang No.1 Hock sendiri tidak sulit. Anda hanya perlu memanaskan oven terlebih dahulu dengan menggunakan kompor gas. Setelahnya, letakkan bara api arang di tempat arang.

Pastikan bahwa arang yang digunakan sudah dibakar terlebih dahulu. Untuk jumlahnya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk kebutuhan hawa panas yang besar, gunakanlah arang dengan jumlah yang besar pula.

Anda juga bisa memanggang dengan Oven Model Tempat Arang No.1 Hock tanpa harus menggunakan arang. Caranya adalah dengan mengganjal tempat arang di kedua sisinya menggunakan garpu. Tujuannya agar udara dapat keluar dari sana sehingga pusat panas nantinya akan bergeser ke bagian atas.

Perbedaan Oven Aluminium Putaran hawa dan Tempat Arang

Perbandingan Ukuran Oven Aluminium Hock

Perbandingan Ukuran Oven Aluminium Hock

Berdasarkan penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa oven putaran hawa dan oven tempat arang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Perbedaannya hanyalah pada penyesuaian suhu ketika memanggang dengan oven.

Di mana oven putaran hawa pengaturan suhunya dilakukan dengan membuka lubang hawa yang berada di bagian atas oven. Sementara untuk oven model tempat arang menggunakan arang untuk pengaturan suhunya.

Demikian penjelasan seputar perbedaan oven putaran hawa dan oven tempat arang. Meski sedikit berbeda, kedua oven tersebut tetap memiliki fungsi dasar yang sama. Jadi, mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

 

Beli Online Barang Bisa Di Jemput Hock

(Visited 1.801 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.