7 Alat Rumah Tangga Yang Wajib Dimiliki Oleh Anak Kos

Kuliner Indonesia Yang Diwariskan dari Jaman Belanda
Ini Dia 6 Kuliner Indonesia Yang Diwariskan Dari Jaman Belanda
Desember 2, 2017
Makanan Korea Yang Sering Ditemui di Serial Drama
Yuk Intip 8 Makanan Korea Yang Sering Ada di Drama Serial
Desember 2, 2017
Show all
Alat Rumah Tangga Yang Wajib Dimiliki Anak Kos

Alat Rumah Tangga Yang Wajib Dimiliki Anak Kos (Image source : unsplash.com)

Setelah lulus sekolah menengah atas, Anda akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu universitas. Namun, jika universitas Anda berada di luar kota, tentu Anda terpaksa tinggal di asrama atau menyewa kamar kos. Perasaan khwatir pasti Anda rasakan karena harus hidup mandiri dan jauh dari orang tua. Oleh karena itu, ada banyak hal yang harus Anda persiapan agar kehidupan Anda sebagai anak kos terasa nyaman meski tanpa kehadiran orang tua. Berikut ini beberapa alat rumah tangga yang wajib dimiliki oleh anak kos:

  1. Rice cooker

Anak Kos Wajib Punya Rice Cooker

Anak Kos Wajib Punya Rice Cooker (Image source : engadget.com)

Alat rumah tangga yang paling wajib dimiliki oleh anak kos adalah Rice Cooker. Seperti namanya, rice cooker digunakan untuk memasak nasi putih. Namun, rice cooker juga bisa digunakan untuk hal lainnya seperti merebus air panas, membuat mie, menghangatkan makanan, dan memasak beberapa menu sederhana seperti nasi goreng. Bahkan, sudah banyak tersedia di internet resep-resep makanan yang bisa dimasak dengan rice cooker.

  1. Kompor Gas 1 Tungku

Anak Kos Wajib Punya Kompor Gas 1 Tungku

Anak Kos Wajib Punya Kompor Gas 1 Tungku

Menghemat uang bulanan bisa Anda lakukan dengan menerapkan kebiasaan memasak. Dibandingkan membeli makan di warung, memasak sendiri tentu jauh lebih murah. Dengan kompor gas 1 tungku, Anda bisa secara praktis memasak di kosan Anda. Cukup membeli 1 tabung kas kecil berukuran 3 kg, Anda sudah bisa memasak berbagai makanan hingga sebulan penuh.

  1. Setrika

Anak Kos Wajib Punya Setrika

Anak Kos Wajib Punya Setrika (Image source : istock.com)

Mengingat biaya laundri yang sangat mahal, Anda terpaksa mencuci baju sendiri demi menghemat biaya pengeluaran. Namun, pakaian yang Anda cuci pasti akan kusut setelah kering dijemur. Anda harus menyetrika pakaian tersebut terlebih dahulu sebelum digunakan agar terlihat rapi. Oleh karena itu, setrika menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki oleh anak kos demi menghemat biaya bulanan. Jika ingin pakaian Anda wangi seperti laundri, Anda bisa menyemprotkan pewangi saat menyetrika pakaian.

  1. Dispenser air – Alat Rumah Tangga Wajib Untuk Anak Kos

Anak Kos Wajib Punya Dispenser Air

Anak Kos Wajib Punya Dispenser Air (Image source : primowater.com)

Manusia memerlukan minimal 8 gelas air atau 2 liter air setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan lancar. Sebagai anak kos, Anda wajib membeli galon air demi memenuhi kebutuhan air harian Anda. Agar Anda lebih mudah mengambil air dari galon, Anda bisa membeli dispenser. Ada beberapa jenis dispenser yang bisa Anda beli, yaitu dispenser air biasa, dispenser air panas, dan dispenser air panas dingin. Jika Anda senang meminum air dingin setelah lelah beraktivitas seharian di luar kamar kos, Anda bisa membeli dispenser air panas dan dingin.

  1. Microwave kecil

Anak Kos Wajib Punya Microwave

Anak Kos Wajib Punya Microwave (Image source : samsung.com)

Peralatan rumah tangga lainnya yang wajib dimiliki oleh anak kos adalah Microwave kecil. Dengan alat ini, Anda bisa menghangatkan makanan, membuat mie instan, dan membuat makanan lainnya. Salah satu menu sederhana yang bisa Anda buat dengan menggunakan microwave adalah egg muffin atau telur dadar dalam cangkir. Cukup mengocok telur dalam cangkir dan menambahkan beberapa bumbu serta pelangkap, kemudian memanggangnya dalam microwave selama beberapa menit di dalam microwave. Selain itu Anda juga bisa membuat menu-menu Barat seperti pizza, sandwich panggang, makaroni panggang dan lainnya.

  1. Pemanggang roti

Anak Kos Wajib Punya Pemanggang Roti

Anak Kos Wajib Punya Pemanggang Roti (Image source : expertreviews.co.uk)

Sarapan dapat memberikan energi yang cukup untuk memulai hari Anda. Meskipun menjadi anak kos, Anda tidak boleh melewatkan sarapan. Entah itu segelas susu, telur rebus, atau setangkup roti, yang penting tidak membiarkan perut Anda kosong ketika mengawali aktivitas di pagi hari. Jika Anda terbiasa sarapan roti, mungkin pemanggang roti bisa menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang wajib Anda miliki sebagai anak kos. Dengan begitu, Anda memiliki menu sarapan roti yang bervariasi mulai dari roti panggang, hingga roti oles selai tanpa dipanggang.

  1. Peralatan Makan – Alat Rumah Tangga Paling Penting

Anak Kos Wajib Punya Peralatan Makan

Anak Kos Wajib Punya Peralatan Makan (Image source : crateandbarrel.com)

Hal terakhir yang wajib dimiliki oleh anak kos adalah peralatan makan seperti piring, mangkuk, gelas, sendok, dan garpu. Setelah memasak, Anda pasti membutuhkan peralatan makan untuk memakan masakan Anda, bukan? Selain itu, jika Anda membeli makan di luar dan memilih untuk membawanya pulang untuk dimakan di kosan, pasti Anda membutuhkan piring dan sendok. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa peralatan makan jika Anda akan menjalani hidup sebagai anak kos. Setidaknya Anda memiliki satu buah piring, mangkuk, gelas, sendok, dan garpu di dalam kamar kos Anda.

 

(Visited 336 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.