Ini Menu Makan Siang di Kantin Sekolah Jepang Ini Bikin Ngiler

Manfaat Paprika dan Aneka Olahannya
Ini Dia 6 Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui
November 1, 2017
Nutrisi Makanan Beku
Makanan Beku Punya Nutrisi, Benarkah?
November 2, 2017
Show all
Menu Makan Siang di Kantin Sekolah Jepang

Menu Makan Siang di Kantin Sekolah Jepang Makan Siang di Kantin Sekolah Jepang (Image source: brewjabes.wordpress.com)

Di Jepang, makan siang di sekolah atau lebih dikenal dengan sebutan kyushoku adalah hal yang awam ditemui. Bagi mereka, “pendidikan, makanan dan gizi” merupakan bagian penting dari pendidikan awal anak-anak Jepang. Mulai di sekolah dasar, anak-anak dididik bahwa apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda sangat penting untuk mendukung kemampuan belajar dan berpikir mereka sepanjang hari – dan bagaimana mereka akan menghabiskan hari. Sebagai negara maju, Sekolah Jepang sangat memprioritaskan makan siang. Saat ini setidaknya 92% sekolah di Jepang menyediakan makan siang untuk murid-muridnya. Jika orang tua tidak dapat memberikan  biaya makan sebesar $ 2,50, banyak sekolah membuat program makan siang gratis. Berbagai cara mereka lakukan untuk membuat anak-anak tetap merasa kenyang. Meski begitu, santapan makan mereka juga tidak kalah menggiurkannya dengan makanan yang dijual di kantin biasa. Yuk intip makan siang kantin sekolah Jepang berikut ini!

  1. Curry Rice

Nasi Kari

Nasi Kari (Image source : pinterest)

Nasi kari ternyata tidak hanya disajikan di rumah atau di restoran. Menu ini menjadi salah satu menu makan siang yang paling disukai anak-anak di sekolah. Seperti aturan yang sudah baku, makan siang di kantin sekolah Jepang tidak pernah lupa menyertakan sekotak susu untuk mendukung aktivitas belajar anak-anak seharian di sekolah.

  1. Soft Noodle

Soft Noodle Menu Makan Siang Di Sekolah Jepang

Soft Noodle (Image source : pinterest.com)

Menu mi satu ini juga sangat disukai oleh anak-anak sekolah di Jepang. Soft noodle atau mie lunak adalah mie terbaik yang bisa Anda dapatkan di sekolah. Ini adalah paket panas mie yang disajikan dengan sup celup yang kental dengan rasa gurih dan manis. Tidak seperti makan siang udon atau ramen yang selalu matang dan keluar lembut, mi ini dengan ironisnya diberinama “mie lunak” yang dimasak lalu dikeringkan, menjaga agar mi tetap enak dikunyah.

  1. Oden

Oden Menu Makan Siang di Sekolah Jepang

Makanan rebusan ini biasanya disajikan di Jepang saat musim dingin tiba. Campurannya ada telur, daikon, konjaku dan aneka kue ikan. Menu makan siang ini disajikan bersama sayur kol bercampur cumi kering. Campuran shiso di dalam nasinya memberikan sensasi manis dan asam yang menyegarkan.

Anda bisa dengan mudah mencari resep dan bahan oden di supermarket dan merebusnya sendiri dengan kompor gas atau kompor alumunium di rumah Anda.

  1. Ikan Salmon Panggang

Iklan Salmon Menu Makan Siang di Sekolah Jepang

Ikan salmon mengandung gizi tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan anak usia sekolah. Potongan ikan salmon diberi bumbu dan dipanaskan dalam oven portable. Ditambah pelengkap seperti kiriboshi daikon dan aneka sayuran, makan siang ini ditutup dengan sup dan apel organik yang manis juga sekotak susu yang tidak pernah terlupa. Di Jepang, hampir setiap menu makan siang dilengkapi dengan sup.

  1.    Dimsum Udang

Dimsum Udang Menu Makan Siang di Kantin Sekolah Jepang

Dimsum Udang (Image source : domodaruma.com)

Makan siang satu ini bertema Chinese meal. Kalau biasanya Anda harus ke restoran untuk bisa menyantap dimsum, sekolah-sekolah di Jepang sudah menjadikan makanan satu ini sebagai menu makan siang.

Udang yang kaya protein dibuat menjadi dimsum yang sedap. Wonton disulap menjadi sup yang menyegarkan ditambah dengan tumisan aneka sayuran seperti irisan wortel, timun dan tauge. Nasinya dimasak dengan jagung sehingga menambah rasa manisnya. Makan siang lalu ditutup dengan sebotol susu.

(Visited 848 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.