Ini Dia 6 Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Brownies bukanlah makanan yang sengaja dibuat
Makanan Populer Ini Dulunya Ternyata Produk Gagal!
November 1, 2017
Menu Makan Siang di Kantin Sekolah Jepang
Ini Menu Makan Siang di Kantin Sekolah Jepang Ini Bikin Ngiler
November 2, 2017
Show all
Manfaat Paprika dan Aneka Olahannya

Manfaat Paprika dan Aneka Olahannya (Image source : electro-brandt.es)

Paprika adalah bumbu  yang dari keluarga cabai cabai dari cabe rawit jenis Capsicum annuum. Bumbu ini digunakan untuk menambahkan warna dan rasa ke berbagai masakan seperti Turki, Spanyol, Portugal, Yunani, Hungaria, Rumania, Kroasia, Serbia, Macedonia, Bulgaria, Maroko, dan Afrika Selatan. Beberapa makanan yang sering kita santap sehari-hari pun banyak yang menggunakan paprika. Sebut saja pizza dan pasta. Selain memberi rasa dan sekadar mempercantik tampilan makanan dengan warna-warni cantiknya, manfaat paprika untuk kesehatan ternyata tidak main-main. Berikut beberapa di antaranya!

  1. Manfaat Paprika Bisa Mencegah Penuaan

Paprika kaya akan beta karoten, pendahulu vitamin A dalam tubuh. Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.  Kandungan ini mampu mencegah munculnya keriput dan bisa mencerahkan warna kulit.

Anda bisa membuat olahan lezat paprika untuk kecantikan kulit. Salah satunya telur panggang paprika yang dimasak dengan oven portable. Caranya belah paprika menjadi dua, buang bijinya dan isi dengan telur atau ubi jalar yang sudah dibumbui. Beri sedikit lada hitam dan panggang hingga matang. Menu ini akan sangat pas disantap saat sarapan pagi.

  1. Manfaat Paprika Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Penghilatan

Paprika kaya akan vitamin A dengan 71 persen kebutuhan yang dianjurkan per porsi. Vitamin A dikenal untuk memperbaiki penglihatan Anda dan mencegah rabun senja dan degenerasi makula berkembang seiring bertambahnya usia.

Kalau sedang senggang tidak ada salahnya mencoba resep pizza dan beri topping paprika warna-warni yang melimpah di atasnya. Selain mengenyangkan, menu ini akan membantu Anda menjaga kesehatan mata.

  1. Manfaat Paprika Bisa Mencegah Kanker

Beta-karoten yang ditemukan dalam paprika telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Periset telah menyarankan bahwa meningkatkan konsumsi beta karoten dari 1,7 menjadi 2,7 miligram per hari mengurangi risiko kanker paru-paru lebih dari 40 persen.

Tidak perlu bingung menemukan santapan mengandung paprika yang sedap. Jika menggemari pasta, Anda bisa memasaknya bersama daging kepiting. Tambahkan paprika merah bakar yang akan menambah rasa manis dalam sepiring pasta Anda.

  1. Manfaat Paprika Bisa Melancarkan Peredaran Darah

Siapa sangka kalau dengan menyantap sate ayam yang ditusuk berselang seling dengan paprika bisa membantu Anda melancarkan peredaran darah? Ya, ternyata aprika bisa berperan sebagai vasodilator dengan peningkatan jumlah potasium. Vasodilator mengurangi resistansi vaskular, meningkatkan aliran darah dan sirkulasi. Hal ini mengurangi risiko aterosklerosis, stroke, dan serangan jantung.

  1. Paprika Bisa Membantu Tidur Anda Lebih Nyenyak

Susah tidur? Cobalah untuk mengganti menu makan malam Anda. Tidak perlu repot-repot memasak sesuatu yang rumit. Tinggal nyalakan kompor gas atau kompor alumunium Anda dan buatlah sepirng ayam asam manis dengan potongan paprika yang dipotong dadu. Kandungan vitamin B6 dalam paprika ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan saraf sekaligus psikologis Anda.

B6 mampu mensupllai produksi melatonin yang lebih tinggi yang bisa membantu Anda menjaga pola dan kualitas tidur. Selain itu, produksi serotonin dan norepineprine akan naik dan memberikan efek bahagia serta bebas stress pada diri Anda.

  1. Paprika Mampu Membantu Penyembuhan Luka dan Pembentukan Kembali Formasi Darah

Paprika yang dibakar di atas perapian kompor gas atau dipanggan di dalam oven portable mungkin kelihatan sederhana, tapi tidak demikian dengan khasiatnya. Dengan menyantap paprika, kandungan vitamin E dalam darah akan meningkat dan membantu dalam reproduksi sel darah merah. Jika Anda sedang terluka, ini akan sangat membantu proses penyembuhan luka. Kandungan tembaga dan zat besi juga akan membantu tubuh Anda memproduksi darah sekaligus mencegah anemia.

(Visited 58 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.