5 Tips Dasar Membuat Hidangan Yang Sempurna

Pengawet Alami Yang Aman Untuk Kesehatan
5 Pengawet Makanan Alami Yang Aman Untuk Kesehatan
November 4, 2017
5 Desain Bak Cuci Piring
5 Desain Bak Cuci Piring Yang Bikin Dapur Anda Semakin Cantik
November 9, 2017
Show all
Tips Membuat Hidangan Yang Sempurna

Tips Membuat Hidangan Yang Sempurna

Saat berbicara tentang makanan, tidak hanya rasa nikmat yang harus ditampilkan. Namun, pengalaman menyantap makanan juga harus diperhatikan agar bisa menggoda seluruh indra dan tidak hanya lidah saja. Saat makanan terlihat menarik, aroma nikmat dan tekstur makanan yang pas, maka tubuh juga akan menghasilkan lebih banyak cairan yang akan membantu penyerapan nutrisi dari makanan. Ini membuktikan jika membuat hidangan yang sempurna untuk keluarga tercinta tidak hanya mementingkan rasa, namun juga sehat dan berkualitas ala restoran. Untuk mendapatkan kenikmatan menyantap makanan yang luar biasa, kami punya beberapa tips menarik untuk membuat hidangan yang sempurna.

  1. Olah Daging Dengan Teknik Searing

Gunakan Teknik Searing Saat Mengolah Daging

Gunakan Teknik Searing Saat Mengolah Daging (Image Source : foodal.com)

Mengolah daging dengan teknik searing adalah teknik menggoreng daging memakai sedikit minyak dan suhu yang tinggi lalu diistirahatkan sejenak. Hidangan daging yang anda masak akan lebih terlihat menarik dan tentunya nikmat jika menggunakan teknik ini.

Tampilan sepotong ikan salmon atau steak panggang dengan kulit kecoklatan serta renyah pastinya tidak akan bisa di tolak keluarga anda. Teknik ini, daging yang sudah dimasak harus didiamkan beberapa saat dulu. Kemudian, dipotong agar cairan pada daging yang keluar saat proses memasak bisa meresap kembali ke dalam daging.

  1. Goreng Dengan Hati Hati

Saat makanan kurang matang atau terlalu matang saat digoreng tentunya akan mengurangi cita rasa dan kelezatan dari masakan yang anda buat. Makanan yang digoreng memang sangat nikmat dan akan terlihat menggugah selera saat disajikan. Akan tetapi, teknik menggoreng saat penting untuk diperhatikan sehingga minyak berlebih tidak akan membanjiri piring.

Gorenglah makanan sampai berwarna coklat keemasan dan tiriskan diatas piring yang sudah dialasi dengan tisu makan sehingga minyak berlebih bisa disaring. Selain itu, makanan yang digoreng akan semakin berwarna coklat sesudah diangkat, jadi perhatikan lama waktu menggoreng agar warna makanan tidak terlalu gelap atau gosong.

  1. Sajikan Makanan Yang Kontras

Sebuah hidangan makanan akan terlihat jauh lebih menggoda apabila Anda dapat memadukan warna. Misalkan, semangkuk oatmeal akan terlihat begitu membosankan dan mengurangi selera makan. Berbeda jika, Anda menambahkan semangkuk oatmeal tersebut dengan aneka potongan buah dengan aneka warna. Atau, jika Anda memasak pasta, siraman saus pesto berwarna hijau dan cincangan tomat cherry pasti akan membuat anak Anda semangat makan.

  1. Perlihatkan Warna Cerah Sayuran

Cara memasak sayuran juga memegang peranan penting untuk menyajikan makanan yang enak dan tampilan menarik. Sayuran yang terlalu matang saat dimasak akan menjadi pucat dan tidak renyah lagi. Alhasil, masakan tersebut tidak akan menggugah selera. 

Akan lebih baik untuk mengukus sayuran dan tidak direbus. Mengukus sayuran akan memberikan warna sayuran yang menarik sekaligus rasa yang nikmat. Namun jika direbus maka hasil sayuran akan sebaliknya. Sebagai contoh, mengukus brokoli akan menghasilkan warna yang lebih hijau cerah dan teksturnya yang lebih garing. Sedangkan merebus brokoli akan menghasilkan tekstur yang lembek dan warna brokoli yang pucat sehingga tidak terlihat menarik saat disajikan begitu pula dengan jenis sayur yang lain.

Selain itu, anda juga bisa memanggang atau menumis sayuran dengan sedikit mentega atau minyak. Sayuran yang dipanggang atau ditumis dengan warna kecoklatan akan membuat hidangan terlihat lebih menarik sekaligus menambah aroma. Warna cerah pada sayuran akan terlihat berimbang dengan warna coklat dari proses memanggang atau menumis sayuran tersebut sehingga semakin terlihat lezat.

  1. Gunakan Hiasan Untuk Menambah Rasa

Tambahkan Hiasan

Tambahkan Hiasan (Image Source : cooking724.wordpress.com)

Hiasan sederhana pada piring seperti peterseli yang dicincang kasar diatas telur orak arik contohnya, akan menambah kenikmatan bersantap sekaligus membuat makanan tersebut terlihat lebih menarik. Usahakan untuk menambah kreasi seperti hiasan berupa wortel atau timun yang dibentuk menyerupai bunga. Dijamin, selera makan akan muncul dengan sendirinya.

Apabila ingin menggunakan irisan lemon atau jeruk nipis, Anda bisa membuat bentuk spiral yang cantik untuk menghias piring makanan yang akan disajikan dibandingkan dengan sekedar irisan lemon saja. Pikirkan juga hiasan yang kreatif seperti taburan bubuk kayu manis dan wijen diatas salad dan sebagainya. Hal yang perlu diperhatikan saat ingin menggunakan hiasan pada makanan adalah jangan sampai hiasan tersebut akan merusak rasa dari makanan utamanya.

 

(Visited 76 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.