Alergi Susu? Yuk Ganti Dengan 10 Makanan Ini

6 Alasan Kenapa Anda Harus Mencintai Kuliner Indonesia
Ini Dia 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Cinta Kuliner Indonesia
Oktober 16, 2017
7 Cara Minum Kopi Yang Benar Menutur Pakar
Ini 7 Cara Minum Kopi yang Benar Menurut Pakar
Oktober 16, 2017
Show all
10 Makanan Berkalsium Tinggi Yang Anti Susu

10 Makanan Berkalsium Tinggi Yang Anti Susu (Image source : organix.com)

Mengeluarkan susu sapi segar dari lemari es, menyalakan kompor gas dan menghangatkannya kembali untuk sarapan pagi bisa jadi merupakan aktivitas banyak orang di dunia. Segelas susu panas di pagi hari mampu memberikan 305 mg kalsium ke dalam tubuh yang hampir memenuhi setengah kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Lantas bagaimana dengan orang-orang yang memiliki alergi laktosa (susu)? Kandungan kalsium tinggi ternyata tidak hanya terdapat dalam susu. Ternyata ada 7 makanan berkalsium tinggi lainnya yang bisa dijadikan opsi pengganti susu untuk Anda yang intoleran terhadap produk susu.

  1. Kedelai

Ada alasan kenapa susu kedelai bisa dijadikan pengganti susu hewan. Selain sebagai sumber serat yang baik, kacang kedelai juga merupoakan sumber [rotein nabati, lesitin serta vitamin A, B kompleks serta vitamin E. Dalam satu cangkir susu kedelai (seberat 243 gram) Anda bisa mendapatkan manfaat 61 mg kalsium. Olahan kacang kedelai yang lain seperti tahu dan tempe juga memiliki kandungan yang sama baiknya.

  1. Kacang Merah

Kabar baik untuk Anda yang menggemari aneka camilan dari kacang merah. Sama seperti kacang kedelai, kacang merah juga memiliki kandungan kalsium mencapai 61 mg untuk setiap cangkirnya. Pengolahannya pun bisa Anda sesuaikan dengan selera. Anda bisa memasaknya menjadi sup di atas kompor gas atau membuatnya menjadi isian roti yang dipanggang di dalam oven aluminium.

  1. Pok Choy

Sayuran hijau yang mungil ini biasa disajikan dengan cara ditumis. Satu cangkir sayur pok choy ternyata mengandung hingga 85 mg kalsium.

  1. Jeruk

Buah satu ini memang lebih terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Tidak banyak yang tahu bahwa dalam setiap butir jeruk berukuran sedang, Anda bisa mendapatkan 70 mg kalsium yang cukup untuk memenuhi 7 persen kebutuhan kalsium harian.

  1. Ikan Sarden

Mau disajikan mentah, dimasak dengan kompor gas atau di-grill, ikan sarden ternyata tetap menjadi salah satu makanan non susu yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Dari tiga ons ikan sarden, Anda bisa mendapatkan manfaat kebaikan 325 mg kalsium.

  1. Ikan Salmon

Selain mengandung vitamin D yang tinggi, mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 6 ons dapat memberikan asupan sebanyak 181 mg kalsium.

  1. Brokoli

Selain pok choy, salah satu sayuran hijau yang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam 50 gram brokoli, setidaknya Anda bisa mendapatkan 30 mg kalsium. Tidak harus dijadikan teman bersantap nasi, Anda mencuci potongan brokoli di bak atas bak cuci piring kemudian merebusnya sebentar untuk dijadikan camilan.

  1. Kacang Almond

Kacang satu ini kerap kita temukan dalam cokelat batangan atau di berbagai jenis kudapan. Jika Anda menyantap hingga 15 gram kacang almond, artinya Anda sudah memberikan asupan 35 mg kalsium ke dalam tubuh. Tidak hanya sebagai camilan, sekarang almond bahkan sudah diolah menjadi susu yang bisa menggantikan kebutuhan Anda akan susu sapi.

  1. Kale

Sayuran hijau satu ini memang tidak sepopuler pok choy dan brokoli. Kale yang kaya serat dan kalorinya yang rendah menjadikannya salah satu makanan diet yang baik. Satu cangkir kale atau barocole (kira-kira 67 gram) dapat memenuhi 9% kebutuhan kalsium harian Anda.

  1. Edamame

Edamame atau kedelai Jepang merupakan salah satu makanan super yang digilai oleh pecinta makanan sehat. Dalam satu cangkir edamame (sekitar 155 gram), terdapat 98 mg kalsium.

Itulah 10 makanan berkalsium tinggi yang bisa Anda konsumsi untuk mengganti susu sebagai sumber kalsium. Beberapa makanan diatas bisa dikonsumsi langsung sebagai cemilan atau dimasak sebagai hidangan utama.

(Visited 44 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.