Ini 7 Cara Minum Kopi yang Benar Menurut Pakar

10 Makanan Berkalsium Tinggi Yang Anti Susu
Alergi Susu? Yuk Ganti Dengan 10 Makanan Ini
Oktober 16, 2017
Diet Gluten dan 7 Makanan Penggantinya
Ini Dia 7 Makanan Pengganti Untuk Anda Yang Diet Gluten
Oktober 16, 2017
Show all
7 Cara Minum Kopi Yang Benar Menutur Pakar

7 Cara Minum Kopi Yang Benar Menutur Pakar (Image source : unsplash.com)

Banyaknya kedai-kedai kopi dari yang tradisional hingga modern menunjukkan bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang cukup digandrungi masyarakat. Kopi juga memiliki banyak jenis, ada espresso, cappuccino, mocha, dan sebagainya. Kandungan kafein dalam kopi dapat menghilangkan kantuk sehingga banyak yang mengonsumsi kopi di pagi hari dengan alasan agar lebih segar saat bekerja. Namun, sebelum Anda menyeruput secangkir kopi, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara minum kopi yang benar.

Menurut para pakar, kandungan utama kopi, kafein, termasuk dalam kategori obat dan bukan zat gizi yang diperlukan bagi kesehatan tubuh. Selayaknya obat, harus diperhatikan bagaimana cara yang benar dalam mengonsumsinya. Karena terlalu banyak mengonsumsi kafein justru akan menimbulkan masalah-masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kerapuhan tulang, sulit tidur, hingga emosi yang tak stabil.

Tak peduli Anda membuat kopi dengan memakai kompor gas ataupun coffee maker, yuk simak cara minum kopi yang benar menurut pakar!

  1. Cara Minum Kopi Yang Benar Dimulai Dengan Kenali Tubuh Anda

Sebagian orang ada yang cukup sensitif sehingga dapat langsung merasakan efek dari kafein. Kenali tubuh Anda dan ketahui jumlah kopi yang cukup untuk Anda nikmati. Sebagian ada yang sanggup minum beberapa cangkir kopi dan tetap dapat tidur pulas semalaman.

  1. Pilihlah Kopi Organik

Kopi pada umumnya disemprot dengan pestisida. Pilihlah kopi organik yang jauh lebih aman dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan kopi organik di toko kesehatan. Juga hindari kopi dengan beragam rasa. Meski lebih enak, namun mengandung perisa buatan yang jika dikonsumsi jangka panjang tentu tidak baik bagi kesehatan.

  1. Hindari Gula Berlebih

Ini tips yang paling penting untuk meminum kopi dengan cara yang lebih sehat. Ini mungkin agak sulit bagi sebagian besar orang karena sudah terbiasa dengan kopi yang manis. Tanyakan pada diri Anda apakah sebetulnya Anda menikmati gula atau kopinya? Cobalah untuk meminum kopi dengan gula yang sangat sedikit atau tanpa gula sama sekali. Kandungan gula berlebih justru akan menimbulkan banyak penyakit, salah satunya diabetes. Sebagai pengganti gula, Anda bisa menggunakan whipped cream tanpa perisa untuk mengurangi rasa pahit.

  1. Beli Biji Kopi dan Giling Sendiri di Rumah

Biji kopi akan mengalami kerusakan dan bau tengik setelah bagian dalamnya terpapar oksigen dan kelembapan. Paparan oksigen dan kelembapan inilah yang akan merusak zat antioksidan dalam kopi. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan antioksidan yang optimal dari kopi, minumlah kopi yang langsung diseduh setelah digiling. Rasanya pun lebih segar dan aromanya lebih nikmat dibanding kopi bubuk instan. Untuk menggiling kopi sendiri di rumah, Anda bisa membeli sebuah coffee grinder yang bisa didapat di supermarket atau toko online.

  1. Minum Kopi Setelah Makan

Minum kopi dalam keadaan perut kosong akan menyebabkan penurunan gula darah yang cukup tajam. Penurunan gula darah drastis ini mengakibatkan tubuh ‘nagih’ gula. Minum kopi setelah makan akan membantu mengandalikan respon gula darah ini sehingga tubuh tidak ‘nagih’ gula.

  1. Nikmati Kopi Anda

Betul! Nikmatilah kopi Anda. Jangan terlalu memikirkan hal-hal negatif dan merasa bersalah setelah meminumnya. Pikiran negatif juga tidak baik bagi kesehatan. Nikmatilah kopi organik Anda yang digiling sendiri di rumah.

  1. Konsultasikan Dengan Dokter Jika Anda Sedang Dalam Pengobatan

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan dengan dokter Anda apakah obat tersebut akan bereaksi dengan kafein. Ini untuk mencegah terjadinya efek yang tidak diinginkan dari interaksi antara kafein dan obat-obatan.

(Visited 147 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.