5 Lokasi Strategis Untuk Membuka Bisnis Franchise

Ayam Gepuk Pak Gembus Sukses Dengan Skema Waralaba
Skema Bisnis Franchise, Sukses Membesarkan Ayam Gepuk Pak Gembus
September 30, 2017
Simak 25 Istilah Dasar Memasak Ini versi Hokinda Citralestari
25 Istilah Memasak Di Buku Resep Yang Sering Bikin Bingung
Oktober 1, 2017
Show all
5 Contoh Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise

Image source : layoverguide.com

Bisnis franchise merupakan salah satu model bisnis dimana investor (franchisee) mengajukan kerjasama dengan pemilik franchise (franchisor) untuk membuka cabang baru. Dengan modal yang relatif terjangkau, Anda sudah bisa membeli paket bisnis franchise dengan fasilitas yang lengkap mulai dari booth, flyer, brosur, kemasan produk, perlengkapan atau peralatan bisnis, dan bahan baku. Yang perlu Anda siapkan hanyalah lokasi strategis untuk menjalankan bisnis franchise. Berikut ini 5 lokasi strategis untuk bisnis franchise:

1. Pusat perbelanjaan atau mall

Pusat perbelanjaan atau mall adalah salah satu lokasi strategis untuk bisnis franchise. Dalam sehari jumlah pengunjung mall sangat banyak sekali, terutama pada saat weekend dan hari libur. Dari sekian banyak pengunjung mall, mungkin beberapa diantaranya bisa menjadi konsumen bisnis Anda.

Pusat Perbelanjaan atau Mall Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise

Image source : bulgariamall.bg

Image source : bulgariamall.bg

Akan tetapi, biaya untuk menjadi tenant di mall sangat mahal sekali. Selain itu, posisi lahan yang bisa Anda sewa juga akan dibagi menjadi beberapa tipe. Biaya sewa lahan di dekat pintu masuk tentu akan jauh lebih mahal di bandingkan dengan biaya sewa lahan di ground floor. Pertimbangan lain yang mungkin terasa berat yaitu besaran gaji karyawan di dalam mall harus mengikuti standar UMR. Karyawan Anda pasti akan membanding-bandingkan gajinya dengan karyawan mall atau franchise lain.

2. Teras Minimarket – Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise Yang Terjangkau

Menjamurnya minimarket di Indonesia berdampak positif terhadap perkembangan bisnis franchise. Sebagian kecil lahan parkir dan teras milik minimarket kini disulap menjadi deretan booth franchise. Sebagai investor bisnis franchise, Anda bisa memanfaatkan teras minimarket sebagai lahan untuk menjalankan bisnis franchise. Lahan yang Anda sewa bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersedian teras, mulai dari 1 x 2 meter hingga 3 x 4 meter.

Teras Minimarket - Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise

Image source : nurudin.jauhari.net

Jika dibandingkan dengan mall, biaya sewa di teras minimarket jauh lebih murah tetapi jumlah pengunjung yang datang tidak terlalu banyak. Salah satu minimarket terkenal di Indonesia, Indomaret, bahkan menerapkan biaya sewa mulai dari Rp 350.000 perbulan. Untuk tarif listriknya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Ruko atau kios

Jika bisnis Anda ingin berdiri sendiri tanpa menumpang pada bisnis lain, Anda bisa membuka ruko atau kios. Lahan yang tersedia akan lebih luas sehingga Anda bisa menambahkan beberapa meja dan kursi agar konsumen bisa makan di tempat. Selain lahan yang lebih luas, Anda juga bebas melakukan apa saja dengan ruko tersebut. Anda bisa mengecat ulang tembok dan mendekorasi ruangan sesuka Anda.

Ruko atau Kios Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise

Image source : shopify.com

Image source : shopify.com

Untuk membeli ruko atau kios biayanya memang sangat mahal. Jika modal masih belum mencukupi, Anda bisa menyewanya terlebih dahulu selama perbulan atau pertahun. Biaya sewa listrik dan air tentunya akan semakin murah karena tidak menumpang pada pemilik lahan. Namun karena bisnis franchise Anda berdiri sendiri dan tidak mengAndalkan pengunjung bisnis lain, Anda harus pintar-pintar dalam menarik perhatian konsumen.

4. Pasar Malam dan Bazar 

Pasar malam dan bazar hanya berlangsung pada hari-hari tertentu dan bulan tertentu saja. Karena momen pasar malam dan bazar sangat spesial, pengunjung akan datang secara berduyun-duyun. Mereka akan datang secara berdesak-desakan dengan jumlah hingga puluh ribuan pengunjung. Pastikan jika produk desain booth franchise Anda semenarik mungkin, dan dapat dipastikan pasti bisnis Anda akan laris manis.

Bazar - Lokasi Strategis Untuk Bisnis FranchiseImage source : twitter.com/brightspotmrkt

Hitungan biaya sewa lahan di pasar malam dan bazar adalah perhari. Belum termasuk dengan uang listrik, keamanan, dan retribusi. Jika dihitung maka biayanya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya sewa di mall. Bahkan, ada bazar yang memasang biaya sewa hingga lebih dari 2 juta rupiah/malam. Untuk mensiasatinya, Anda bisa menaikan harga produk menjadi lebih mahal dari harga biasa. Namun mahalnya biaya sewa tersebut akan terbayar dengan jumlah pengunjung yang sangat ramai sekali.

Walaupun biayanya yang mahal karena bazar diadakan di lokasi strategis untuk bisnis franchise. Anda tidak perlu biaya tambahan untuk menarik pengunjung atau biaya pemasaran. Justru, bazar bisa menjadi wadah yang baik untuk mendapatkan brand awareness yang baik.

5. Sekolah

Pelajar bisa menjadi target pasar yang paling menguntungkan. Sebagai pelajar, mereka cenderung lebih konsumtif dalam menggunakan uang saku harian mereka. Jika target konsumen Anda adalah pelajar maka lokasi paling strategis untuk membuka bisnis franchise adalah area di sekitar sekolah.

Area Sekitar Sekolah Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise

Image source : pinterest.com

Beberapa sekolah mungkin tidak memperbolehkan siswanya untuk membeli makanan di luar lingkungan sekolah. Namun pada saat jam pulang sekolah, mereka masih bisa membeli produk bisnis franchise Anda. Perlu diketahui bahwa lokasi bisnis di sekitar area sekola hanya ramai pada saat jam pulang sekolah saja. Selebihnya akan sepi dan bahkan tidak ada pembeli sama sekali.

Anda harus bijak dalam memilih lokasi strategis untuk bisnis franchise. Jika memilih lokasi tanpa perhitungan yang baik maka bisnis Anda tidak akan laku. Lama-kelamaan bisnis Anda akan semakin sepi dan berakhir pada kebangkrutan.

 

(Visited 352 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.