25 Istilah Memasak Di Buku Resep Yang Sering Bikin Bingung

5 Contoh Lokasi Strategis Untuk Bisnis Franchise
5 Lokasi Strategis Untuk Membuka Bisnis Franchise
September 30, 2017
Yuk Kenalan Dengan 5 Chef Wanita Yang Sukses Menggebrak Dunia Kuliner
Yuk, Kenalan Dengan 5 Chef Wanita Yang Sukses Menggebrak Dunia Kuliner
Oktober 1, 2017
Show all
Simak 25 Istilah Dasar Memasak Ini versi Hokinda Citralestari

Image source: fotolia.com

Sudah semangat ingin bereksperimen membuat resep baru dengan kompor gas HOCK di rumah? Tapi, malah dibuat bingung dengan istilah memasak di dalamnya? Daripada asal menebak artinya lalu malah jadi gagal, lebih baik Anda luangkan sedikit waktu untuk mengakrabkan diri dengan istilah memasak berikut:

  1. Al Dente

Istilah Memasak - Al Dente

Image source: rd.com

Saat memasak resep pasta seperti spaghetti, fettucini, atau linguini, biasanya Anda akan diinstruksikan untuk memasaknya sampai al dente. Dalam bahasa Italia, al dente adalah istilah untuk menggambarkan tingkat kematangan pasta yang ideal setelah direbus di atas kompor gas, yaitu masih sedikit kenyal dan tidak lembek.

  1. Au Bain Marie

Istilah Memasak - Au Bain Marie

Image source: thespruce.com

Ini adalah istilah masakan dari Perancis yang berarti memangang di dalam oven aluminium atau oven gas portable. Dimana, loyang kue dialasi oleh loyang lebih besar yang sudah diberi air. Guna teknik ini adalah untuk menghindari kue terkena panas langsung sehingga menjadi berkerak, menggumpal, atau gosong.

  1. Bakar (Grill)

Istilah Memasak - Bakar

Image source: bbqlove.de

Dengan metode memasak ini, bahan makanan diletakkan di atas rak besi untuk kemudian dimatangkan dengan panas dari arang. Berkat inovasi teknologi, sekarang Anda bisa membakar sate, steak, ayam, dan bahan makanan lain menggunakan bakaran (griller) yang tinggal ditaruh di atas kompor gas. Jangan lupa pasang ventilator atap di dapur supaya rumah tak penuh dengan asap, ya.

  1. Blanching

Istilah Memasak - Blanching

Image source: thespruce.com

Untuk mempraktekkan istilah memasak ini, masukkan sayuran ke dalam air mendidih yang dijerang di atas kompor panas. Cukup beberapa detik, lalu langsung angkat dan rendam dengan air dingin atau air es. Metode ini dilakukan agar warna dan bentuk sayuran tetap segar dan teksturnya tetap renyah dalam jangka waktu lama.

  1. Caramelized

Istilah Memasak - Caramelize

Image source: allrecipes.com

Ada dua arti untuk istilah memasak ini, yaitu:

  • Melarutkan gula dengan air sambil memasaknya di atas kompor gas hingga mendidih dan berubah menjadi karamel.
  • Metode memasak daging, sayur, bawang, atau buah pada wajan panas di atas kompor gas untuk mengeluarkan gula alaminya.
  1. Deep Frying

Istilah Memasak - Deep Fry

Image source: nbcphiladelphia.com

Istilah masakan dalam resep ini berarti Anda harus menggoreng dengan banyak minyak panas hingga seluruh bagian makanan terendam, agar bisa matang merata dengan cepat. Biasanya deep frying harus dilakukan dengan alat khusus, tapi bila tak punya, Anda bisa menggunakan panci dalam dan kompor gas yang ada di rumah.

  1. Fillet

Istilah Memasak - Fillet

Image source: ilfattoalimentare.it

Sering melihat kata fillet dalam resep? Istilah masakan ini berarti daging ikan, ayam, atau daging yang sudah dipisahkan dari tulangnya. Fillet bisa langsung dibumbui atau dimasak di atas kompor gas atau kompor aluminium, atau dihaluskan terlebih dahulu menggunakan alat rumah tangga seperti food processor.

  1. Garnish

Istilah Memasak - Garnish

Image source: iso.500px.com

Ini adalah istilah masakan untuk membuat tampilan dan rasa makanan lebih menarik sebelum disajikan. Biasanya, dengan menambahkan rempah, irisan buah segar, atau saus. Makanan rumahan biasa juga bisa terlihat menarik bila ditata dengan baik dan diberikan garnish seperti taburan seledri atau irisan lemon, lho.

  1. Glaze

Istilah Memasak - Glaze

Image source: now-forager.com

Metode melapisi makanan dengan cairan yang rasanya manis atau asin, dan setelah mengeras hasilnya akan terlihat sedikit mengkilap. Anda bisa melakukan glaze dengan cara dicelup, diguyur, atau dioles dengan bantuan kuas. Jangan lupa, setelah donat diangkat dari kompor gas atau kue dikeluarkan dari oven aluminium, diamkan dulu hingga dingin sebelum diberikan glaze, ya.

  1. Goreng (Frying)

Istilah Memasak - Goreng

Image source: communityimpact.com

Anda pasti sudah tahu istilah masakan yang satu ini, kan? Ya, metode mematangkan makanan dengan cara dimasukkan ke dalam lemak, seperti minyak, margarin, atau mentega, yang dipanaskan di atas kompor gas atau kompor aluminium.

  1. Kocok Lepas (Beating)

Istilah Memasak - Kocok Lepas

Image source: thespruce.com

Saat membuat telur dadar biasanya Anda harus mengeluarkan isi telur ke dalam mangkuk, lalu diaduk dengan garpu agar bagian putih dan kuning bercampur. Nah, proses itulah yang dimaksud dengan istilah memasak kocok lepas.

  1. Kukus (Steam)

Istilah Memasak - Kukus

Image source: drweil.com

Mengukus adalah metode mematangkan makanan dengan menggunakan uap air. Biasanya dilakukan dengan menggunakan panci tumpuk khusus yang dipanaskan di atas kompor gas atau kompor biosolar.

  1. Marinate

Istilah Memasak - Marinate

Image source: bonappetit.com

Sering membaca istilah memasak marinate atau marinasi dalam resep berbahan daging? Nah, itu maksudnya adalah proses perendaman daging atau bahan makanan lain di dalam bumbu, sebelum diolah lebih lanjut agar citarasanya lebih maksimal.

  1. Panggang (Bake)

Istilah Memasak - Panggang

Image source: romper.com

Memanggang adalah metode mematangkan makanan dengan menggunakan hawa panas yang berputar di dalam oven aluminium, oven gas portable, atau microwave. Agar hasilnya lebih optimal, oven harus dipanaskan terlebih dahulu dan tidak diisi terlalu banyak loyang.

  1. Pepes

Istilah Memasak - Pepes

Image source: lococafe-nusadua.com

Meski terkenal sebagai jenis makanan khas Indonesia, istilah masakan pepes sendiri sebenarnya adalah metode memasak dimana makanan dimatangkan dengan cara dibakar, setelah sebelumnya diberikan rempah dan dibungkus dengan daun pisang, kertas roti, atau aluminium foil. Metode ini juga dikenal dengan nama en papillote di Perancis serta al cartoccio di Italia.

  1. Presto (Pressure Cooking)

Istilah Memasak - Presto

Image source: wmfamericas.com

Sebenarnya presto adalah merek panci bertekanan, tapi saking terkenalnya sampai dijadikan rujukan untuk metode memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Dengan cara ini, daging, ayam, ikan, atau bahan makanan lain bisa empuk hingga ke tulang meski hanya dimasak sebentar di atas kompor gas atau kompor aluminium.

  1. Pastry

Istilah Memasak - Pastry

Image source: wuwm.com

Tampilan luarnya memang mirip seperti roti, tapi teksturnya lebih ringan dan renyah karena terdiri dari banyak lapisan tipis, dengan kandungan lemak yang lebih tinggi. Pastry terbuat dari terigu, cairan, dan lemak, serta bisa diisi oleh krim, buah, atau daging setelah dipanggang di dalam oven aluminium atau oven gas portable.

Croissant, puff pastry, napoleon cake, dan choux adalah beberapa jenis pastry yang mudah ditemukan di Indonesia.

  1. Puree

Istilah Memasak - Puree

Image source: sheknows.com

Ini adalah istilah masakan untuk menyebut sayuran atau kacang-kacangan yang sudah dihancurkan, hingga bertekstur seperti pasta lembut atau cairan kental. Selain cocok untuk makanan bayi, puree juga bisa dijadikan pengganti mashed potatoes yang lebih rendah kalori, lho.

  1. Rebus (Boil)

Istilah Memasak - Rebus

Image source: thecutcokitchen.com

Merebus adalah metode memasak bahan makanan di dalam cairan mendidih, yang dipanaskan di atas kompor gas atau kompor aluminium. Untuk menambah citarasa, Anda bisa menggunakan kaldu, susu, atau santan untuk merebus.

  1. Sangrai

Istilah Memasak - Sangrai

Image source: thehonoursystem.com

Menyangrai adalah istilah masakan yang digunakan untuk metode mengeringkan bahan makanan dengan cara memanaskan di dalam wajan panas tanpa minyak. Saat menyangrai, makanan harus terus diaduk agar kering merata dan api kompor gas harus terus menyala.

  1. Cah (Stir-Fry)

Istilah Memasak - Stir Fry

Image source: taste.com.au

Anda yang rajin makan Chinese food pasti sudah tak asing dengan menu cah, tapi sudah tahu apa arti istilah masakan ini? Ternyata cah alias stir-fry adalah metode memasak dengan menggunakan sedikit minyak panas di wajan cekung, sambil diguncangkan di atas kompor gas agar matang merata.

  1. Tim (Double Boiling)

Istilah Memasak - Tim

Image source: youtube.com

Nah, untuk melelehkan coklat atau membuat saus hollandaise biasanya akan tertulis kata tim di resep. Ini adalah istilah memasak yang mengunakan dua panci berukuran sama yang ditumpuk. Ini bertujuan agar bahan makanan yang ada dalam panci atas terkena panas dari panci bawah yang berisi air.

Anda bisa mengganti panci atas dengan pinggan tahan panas. Tapi, panci bawah harus tetap berisi air dan dipanaskan di atas kompor gas atau kompor aluminium.

  1. Tumis (Saute)

Istilah Memasak - Tumis

Image source: thegreatcoursesdaily.com

Nah, menumis tak jauh beda dengan cah. Tapi, makanan diolah menggunakan wajan datar dan mengandalkan panas dari api kompor gas agar cepat matang tapi rasa dan teksturnya masih tetap segar.

  1. Ungkep

Istilah Memasak - Ungkep

Image source: schoolphotoproject.com

Yang satu ini adalah istilah masakan tradisional asli Indonesia, yaitu metode memasak dalam bumbu dengan api kecil dalam waktu yang agak lama, agar bumbu meresap ke dalam ayam, tempe, atau tahu.

  1. Ulen (Knead)

Istilah Memasak - Ulen

Image source: communityimpact.com

Bagi orang Sunda ulen berarti ketan. Tapi dalam istilah memasak, menguleni adalah kata kerja yang berarti melumat adonan makanan dengan menggunakan tangan. Gerakannya hampir mirip dengan mencuci baju, dan gunanya adalah untuk meratakan bahan dan tekstur adonan.

Tak bingung lagi dengan istilah masakan yang sering muncul di resep, kan? Selain harus mengolah makanan dengan metode yang benar, jangan lupa perhatikan besar kecil api dari kompor gas atau kompor aluminium agar hasilnya sempurna.

(Visited 688 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.