Sama seperti pakaian, makanan yang sekarang menjadi bagian dari gaya hidup ternyata juga punya tren yang terus berganti seiring zaman. Beberapa waktu lalu, sebut saja matcha. Hampir semua makanan berlomba-lomba disajikan dengan teh asal Jepang ini. Mulai dari minuman biasa, sampai makanan yang dipanggang di atas kompor gas seperti martabak dan kue cubit pun diberi taburan teh hijau. Setelah tren teh hijau mulai redup, muncullah tren-tren lain yang tak kalah menghebohkan. Apa saja makanan kekinian yang sekarang sedang jadi incaran anak-anak muda penyuka kuliner? Berikut 5 kuliner kekinian di antaranya!
Cheese cake sendiri sebenarnya berasal dari budaya Yunani Kuno yang kemudian menyebar ke Eropa dan Amerika. Di Indonesia, makanan penutup satu ini mulai populer saat brand cheese cotton cake dari Jepang muncul. Bentuknya yang fluffy, teksturnya yang empuk dan rasanya yang sedap langsung mencuri perhatian para pecinta kuliner lokal. Sekarang tak terhitung berapa merchant cheese cake yang ramai-ramai membuka gerainya di Indonesia. Sebut saja Pablo, Uncle Tetsu, The Cheesecake Factory asal Amerika hingga merek lokal seperti Fuwa-Fuwa.
Aneka varian dessert dari mangga mulai mewabah saat King Mango, gerai asal Thailand membuka cabang di Indonesia. Begitu buka, sajian serba mangga ini langsung merebut pangsa pasar Indonesia. Saking larisnya, orang-orang bahkan rela mengantri demi mencicipi sajian mereka.
Tren ini lantas dimanfaatkan oleh banyak pengusaha kuliner lain seperti Calais yang merilis Hallomango. Tak hanya di ibu kota, di daerah pun para pengusaha mulai mengambil langkah serupa demi memenuhi rasa penasaran masyarakat akan dessert dari mangga ini.
Tren frozen yoghurt memang sudah dimulai sejak bertahun-tahun yang lalu. Beberapa tahun belakangan, frozen yoghurt dengan warna hitam mulai menarik perhatian dan rasa penasaran orang-orang. Ada yang menggunakan pewarna dari charcoal (arang) sampai batok kelapa yang dibakar. Selain menjadikan tampilan yoghurt jadi lebih unik, arang ini ternyata mengandung banyak manfaat kesehatan sebut saja meredakan kembung, masuk angin juga bisa dijadikan penawar racun.
Setelah membuat heboh dengan ayam berbalut keju milik mereka tahun lalu, kali ini sang kolonel kembali menyajikan menu baru yang cukup membuat kening berkerut: ayam saus cokelat. Ayam yang disajikan sama dengan ayam goreng biasa, yang membuat menu ini spesial adalah saus cokelat dengan rasa pedas. Menu yang diberi nama Chochicks itu dibanderol dengan harga Rp. 20.000-an per potong dan Rp. 38.000.
Karena rencananya akan dijual terbatas, tak heran banyak orang yang mulai beramai-ramai mengincar si ayam cokelat ini.
Kalau dulu segala makanan ditaburi keju, semua roti diolesi Nutella, sekarang tampaknya tren kuliner sudah beralih ke salted egg. Menu ini awalnya berasal dari Singapura. Biasanya salted egg ini disajikan bersama ikan atau nasi. Ide ini kemudian diadopsi oleh industry kuliner Indonesia dan ternyata cukup mendapat sambutan.
Rasanya yang gurih bercampur asinnya saus telur asin membuatnya cocok dipadukan dengan berbagai makanan. Sebut saja ikan dori goreng, ayam, bahkan sandwich pun tidak kalah lezat jika ditambah dengan salted egg.