Stinky Tofu, Snack Tahu Busuk Yang Begitu Lezat dann Bikin Ketagihan

Organic Farm di Jakarta dan Bandung
Ingin Refreshing? Berikut 4 Organic Farm di Jakarta dan Bandung
November 11, 2017
Kuliner Kekinian
Siapa Yang Sudah Coba 5 Kuliner Kekinian Ini?
November 11, 2017
Show all
Stinky Tofu Makanan Khas Tiongkok Yang Bau Tapi Lezat

Dari namanya saja, siapapun pasti sudah bisa membayangkan bagaimana rasanya. Stinky tofu alias tahu bau ini merupakan salah satu sajian kuliner yang sukses mencuri perhatian orang di seluruh dunia karena baunya yang menyengat. Saking baunya, ada yang menyebut stinky tofu beraroma sampah dan bau kaki. Kalau memang bau, kenapa masih ada yang mau makan, ya? Dari mana sih asalnya si tahu bau ini dan kenapa bisa populer?

Stinky tofu atau dalam bahasa Mandarin-nya disebut chòudòufu adalah makanan yang berasal dari Tiongkok. Alih-alih dijual di restoran, makanan ini bisa dengan mudah kita temukan di pasar jajanan malam atau pedagang-pedagang pinggir jalan. Stinky tofu juga kerap dijadikan teman makan siang. Ada yang menyebut rasanya mirip dengan blue cheese, dan ada juga yang menyebut seperti daging busuk. Orang Tiongkok bilang, semakin busuk baunya, maka rasa tahu akan semakin enak.

Berdasarkan sejarahnya, stinky tofu pertama kali dibuat oleh seseorang bernama Wang Zhi-he di zaman Dinansti Qing. Dikisahkan saat itu Wang yang merupakan penjual tahu di Beijing, suatu hari dagangannya tidak laku. Tahu yang tak terjual ini lantas dipotong kecil-kecil oleh Wang dan disimpan di dalam toples. Setelah beberapa hari, Wang terkejut karena tahu yang ia simpan berbau busuk sekali.

Alih-alih dibuang, Wang mencicipi tahu itu dan terkejut dengan rasanya yang ternyata lumayan enak. Sejak saat itu ia menjual tahu bau sebagai salah satu komoditas di tokonya.

Proses Produksi

Sate Stinky TofuBau khas yang dimiliki oleh stinky tofu ini adalah karena proses fermentasinya. Tidak seperti keju, tidak ada formula baku tentang bagaimana membuat tahu fermentasi ini. Di setiap daerah di seluruh Tiongkok punya resep masing-masing yang berbeda-beda.

Metode tradisional untuk memproduksi tahu bau adalah menyiapkan air garam yang dibuat dari susu fermentasi, sayuran, dan daging; air garam juga bisa termasuk udang kering, sayuran bayam, sawi, rebung, dan ramuan Cina. Fermentasi air garam bisa memakan waktu selama beberapa bulan.

Pabrik modern sering menggunakan metode yang lebih cepat untuk menghasilkan jumlah yang banyak secara massal stinky tofu ini. Tahu segar direndam dalam air garam yang disiapkan hanya satu atau dua hari, terutama untuk keperluan memasak goreng atau rebus. Prosesnya hanya menambahkan bau pada tahu yang direndam alih-alih membiarkannya benar-benar berfermentasi.

Cara Penyajian

Stinky Tofu Goreng

(Sumber: staticflickr.com)

Stinky tofu bisa disajikan dingin, direbus di atas kompor gas/ kompor alumunium atau yang paling sering biasanya digoreng dan disantap bersama saus cabai. Warnanya pun beragam, ada yang keemasan dari Zhejiang atau stinky tofu goreng berwarna kehitaman khas Hunan.

Di Hongkong, para pedagang makanan di pinggir jalan biasanya menggoreng stinky tofu dan menjualnya dalam kemasan. Tahu bau goreng ini disantap dengan saus hoisin. Orang Taiwan lebih suka menyantap tahu bau goreng dengan saus sayuran asam atau sup dengan Sichuan mala.

Barbecue Stinky Tofu (Sumber: livestrong.com)

Yang sedang terkenal saat ini di Taiwan adalah sup tahu bau yang dimasak bersama sup kaya rasa yang pedas ditambah darah bebek dan berbagai bahan-bahan masakan khas Tiongkok. Bermula dari Shenkeng District di Taiwan, barbecue stinky tofu juga menjadi sangat terkenal di Taiwan. Di atas bambu yang dibakar, potongan tahu dipanggang dengan saus daging bakar untuk mengurangi baunya. Barbecue stinky tofu ini biasanya direkomendasikan untuk yang baru pertama kali mencoba makan tahu bau.

 

(Visited 439 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.