Jiro Ono, Koki Sushi Pertama Peraih Bintang Tiga Michelin

Usagiya Ueno, Toko Kue Dorayaki Terbaik di Tokyo Jepang
Usagiya, Toko Kue Dorayaki Terbaik di Jepang
Agustus 1, 2017
5 Film Memasak Yang Wajib Kamu Tonton
5 Film Memasak Yang Wajib Kamu Tonton
Agustus 3, 2017

Jika Anda mencari ‘koki sushi terbaik di dunia’ di mesin pencari internet, nama yang paling banyak muncul pastilah “Sukiyabashi Jiro”. Restoran yang sangat populer ini berada di Ginza, dekat dengan sebuah stasiun kereta di Tokyo, Jepang.

Koki Sushi Terbaik di Dunia

Meski terkenal sebagai restoran sushi terbaik di dunia, Sukiyabashi Jiro bukanlah restoran bintang lima dengan interior mewah dan ruangan besar yang bisa memuat ratusan pengunjung. Percaya atau tidak, restoran ini berukuran sangat mungil dan dalam waktu bersamaan hanya bisa melayani 10 tamu saja. 

Tapi, di balik tampilan resto yang sederhana ini, ada koki hebat yang mampu membuatnya terkenal di seluruh dunia. Sushi hasil racikannya mampu membuat Sukiyabashi Jiro meraih tiga bintang Michelin. Dia adalah Jiro Ono, pria kelahiran Tenryu, Shizuoka, Jepang, 27 Oktober 1925.

Jangan harap Anda bisa memesan California Roll atau menu lainnya yang banyak ditawarkan di restoran Jepang pada umumnya. Sebab, sang koki hanya menyajikan menu otentik dan sederhana dengan menggunakan hasil laut yang segar. Bahkan, untuk menjaga keasliannya, cuka yang digunakan untuk pendamping sushi juga dibuat sendiri

Kesempurnaan Dalam Setiap Hidangan

Namun, tiga bintang Michelin tidak didapat hanya karena bahan-bahan terbaik saja. Kepiawaian tangan sang koki, Jiro Ono memiliki andil sangat besar. Jiro Ono mengukur nasi dalam hidangan sushi dengan teliti. Ia bahkan tidak membiarkan asistennya membantu membentuk nasi untuk sushi, karena tak ingin ukurannya berbeda.

Kesabaran dan ketelitiannya dalam membuat sushi menjadikan setiap hidangan yang disajikan tampak begitu presisi dan sempurna. Perbandingan temperatur serta jumlah nasi dan ukuran protein, hingga letak sushi di atas piring menunjukkan keterampilan tingat tinggi yang dikuasai oleh Jiro Ono.

Setiap tamu yang datang tidak perlu memilih makanan dari daftar menu. Penyajian makanan disini bergaya omakase, sang koki memilih sushi yang akan disajikan, mulai dari makanan pembuka hingga sajian utama. Sushi baru dibuat saat tamu datang dan memesan, sehingga masih hangat saat disajikan dihadapan tamu.

Meski Jiro Ono dan asistennya tidak ada yang bisa berbahasa Inggris, namun tak mengurangi minat tamu mancanegara untuk menikmati hidangan buatan Jiro Ono. Tokoh dunia, seperti Perdana Menteri Jepang, hingga mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama bahkan menjadikan Sukiyabashi Jiro sebagai restoran favorit mereka.

Sukiyabashi Jiro saat menjamu Presiden Barack Obama dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Sukiyabashi Jiro saat menjamu Presiden Barack Obama dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Tak sedikit chef kelas dunia yang berkunjung dan membuat film dokumenter tentang Jiro Ono dan Sukiyabashi Jiro. Meski telah mengantongi gelar sebagai koki sushi terbaik di dunia, namun Jiro Ono tak pernah puas. Ia masih terus berusaha mengejar kesempurnaan dalam menciptakan berbagai hidangan sushi.

Sebelum berkunjung ke restoran ini, pastikan Anda sudah melakukan pemesanan tempat terlebih dahulu dan ingat untuk membawa uang tunai. Untuk per satu orang, siapkan uang tunai sebesar 24 – 33 ribu yen atau sekitar Rp 2,6 – 3,7 juta. Sukiyabashi Jiro juga membuka cabang di Roponggi Hills, Minator, Tokyo. Restoran keduanya ini dikelola oleh Takashi, salah satu putra Jiro Ono.

(Visited 157 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.