Inilah 10 Jenis Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh Anda

5 Olahan Madu Yang Bikin Ketagihan
5 Macam Olahan Madu Yang Pasti Membuat Anda Ketagihan
November 2, 2017
Rahasia Khasiat Ginkgo Biloba
Inilah 6 Khasiat Ginkgo Untuk Anda Yang Sering Lupa
November 2, 2017
Show all
10 Jenis Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh

10 Jenis Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin agar semua organ dan sistem dalam tubuh bisa bekerja dengan baik. Beberapa vitamin tersebut nantinya akan dipakai tubuh untuk menjalankan fungsi yang berbeda beda. Sebenarnya, ada 13 jenis vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mendukung tumbuh kembang tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Apa sajakah jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Vitamin A – Salah Satu Jenis Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh

Image source : www.newhealthguide.org

Jenis vitamin yang larut dalam lemak dan bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan. Beberapa diantaranya buah buahan, sayuran hijau, produk olahan susu, daging dan juga hati ayam atau sapi.

Vitamin A adalah multivitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Akan tetapi, mikronutrisi di dalamnya berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah beberapa risiko penyakit berbahaya. Beberapa penyakit diantaranya adalah kanker prostat, kanker paru, kekuatan tulang, kesehatan kulit dan juga meningkatkan fungsi organ seperti ginjal, paru paru serta jantung.

  1. Vitamin B Kompleks – Salah Satu Jenis Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh

Berperan untuk mengatasi sekaligus mencegah berbagai masalah kesehatan seperti rasa letih yang berlebihan, penyakit jantung, nyeri dan sakit pramenstruasi, masalah kulit seperti jerawat dan komedo, depresi dan juga gangguan kecemasan.

Banyak orang yang sering mengkonsumsi vitamin B kompleks ini untuk meningkatkan energi. Vitamin ini juga dapat memperbaiki mood, mengurangi stres berlebih, meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan rambut dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Ada beberapa jenis makanan yang merupakan sumber vitamin B kompleks. Diantaranya adalah bayam, selada, aneka jenis kacang kacangan, ikan, telur, sereal, gandum dan juga susu.

  1. Vitamin C – Salah Satu Jenis Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh

Seperti halnya vitamin A, vitamin C juga merupakan jenis vitamin yang larut pada air dan lemak. Manfaat utama vitamin ini membantu pertumbuhan tulang dan gigi, mencegah infeksi karena berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh dan antioksidan. Selain itu, vitamin c dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit kronis seperti kanker payudara, kanker mulut serta kanker perut.

Vitamin C tidak dapat disimpan dalam tubuh ini karena tidak bisa di produksi secara mandiri oleh tubuh. Alhasil, konsumsi vitamin C harus dilakukan secara berkala. Beberapa contoh sumber vitamin C terbaik adalah brokoli, jeruk, pepaya dan jambu biji.

  1. Vitamin D3

Tidak seperti vitamin C, vitamin D3 bisa diproduksi tubuh secara alami. Salah satu sumber vitamin D3 adalah dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Disarankan hanya berjemur sebelum pukul 10 pagi hari. 

Namun, saat cuaca sedang tidak mendukung, maka sangat sulit mendapatkan sumber vitamin D3 dari matahari. Alternatif lainnya adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan serta minuman seperti susu murni, salmon, makarel dan juga kuning telur.

Vitamin D3 yang cukup akan meningkatkan proses penyerapan kalsium serta fosfor untuk menjaga kesehatan tulang. Termasuk, mencegah gangguan tulang seperti osteoporosis dan perlindungan terhadap penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 1 dan juga kanker.

  1. Vitamin E

Berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, kulit dan rambut. Vitamin E akan bertugas sebagai antioksidan untuk melindungi sel tubuh. Terutama, dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas berbahaya. Selain itu, tubuh juga membutuhkan vitamin E untuk menjaga sistem imun tubuh dalam melawan bakteri serta virus dan mencegah berbagai penyakit seperti katarak, jantung, diabetes dan kanker.

Beberapa sumber vitamin E yang bisa anda konsumsi diantaranya adalah jenis kacang kacangan, sayuran berdaun hijau, pepaya, aprikot kering, tomat, cabai merah, gandum, paprika merah, kiwi, mangga dan juga selai kacang.

  1. Selenium

Selenium adalah salah satu jenis mineral penting untuk meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga kesuburan pria dan wanita.

Sumber selenium terbaik bisa ditemukan pada beberapa makanan seperti kacang brazil, aneka makanan laut, nasi, telur dan juga organ daging.

Selenium sangat dibutuhkan untuk produksi prostaglandin yang bisa mengurangi radang rheumatik. Selain itu saat berada dalam tubuh, selenium dan vitamin E akan bekerja sama untuk melawan radikal bebas sehingga bisa mengurangi risiko kanker kulit karena terlalu lama berada di bawah terik matahari serta mencegah kanker prostat.

  1. Yodium

Yodium menjadi vitamin selanjutnya yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan fungsi tiroid serta metabolisme sel. Apabila kadar yodium dalam tubuh tidak mencukupi, maka seseorang akan rentan terhadap penyakit gondok yakni pembengkakan tidak nomral yang terjadi pada leher.

Selain itu, hipotiroidisme yang terjadi karena rendah yodium dalam tubuh akan menimbulkan banyak masalah seperti mudah lelah, obesitas, sembelit serta intoleransi pada suhu yang dingin.

Meskipun sekarang ini banyak produk yang dikatakan sangat ampuh untuk memenuhi kebutuhan yodium dalam tubuh, namun masih ada beberapa sumber yodium alami yang lebih aman untuk dikonsumsi seperti keju, telur dan juga berbagai makanan laut.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 atau piridoksin yang menjadi salah satu jenis vitamin B kompleks ini sangat penting untuk metabolisme asam amino serta proses transminasi, deaminasi serta dekarboksilasai.

Beberapa sumber vitamin B6 yang baik untuk dikonsumsi adalah daging ayam tanpa kulit, biji gandum, kacang polong, jeruk, susu dan juga ikan. Apabila tubuh kekurangan vitamin B6, maka akan menyebabkan pelagra atau kulit pecah pecah, insomnia, kram otot dan masih banyak masalah tubuh lainnya.

  1. Vitamin K

Seperti vitamin A, vitamin K juga menjadi jenis vitamin yang larut dalam lemak yang sangat dibutuhkan tubuh untuk proses pembekuan darah. Vitamin K umumnya sudah bisa terpenuhi dari berbagai makanan seperti susu dan produk olahannya, daging serta sayur berwarna hijau. Akan tetapi pada bayi yang baru lahir umumnya membutuhkan tambahan vitamin K karena ASI tidak mencukupi kebutuhan vitamin K pada bayi.

Vitamin K yang ada dalam tubuh akan diserap dan disimpan pada organ hati dan apabila vitamin K dalam tubuh tidak mencukupi, maka saat tubuh terluka akan sulit dibekukan dan akhirnya kehilangan darah terlalu banyak atau pnedarahan.

  1. Biotin atau Vitamin H

Mungkin, ada banyak orang yang belum mengenal vitamin H atau biotin ini dengan baik. Vitamin H atau biotin juga menjadi vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh khususnya pada wanita dan juga bayi.

Apabila tubuh kekurangan vitamin H, maka timbul berbagai masalah kesehatan seperti peradangan kulit, kerontokan rambut serta craddle cap pada bayi. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin H dalam tubuh, maka disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan berlemak seperti salmon, sari ragi, dedak gandum, beras merah, pisang, kacang almond, beberapa jenis organ seperti hati dan ginjal, kuning telur dan susu.

Demikian ulasan lengkap dari kami tentang beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit berbahaya. Usahakan selalu mengkonsumsi makanan serta minuman yang alami sebab tidak memberikan efek berbahaya untuk tubuh dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen.

 

(Visited 116 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.