Yuk, Coba Bikin 5 Jenis Minuman Teh Favorit Ini di Rumah

Cara Menjaga Kualitas Udara Kantor Agar Tetap Segar
5 Cara Menjaga Kualitas Udara Kantor Agar Tetap Segar
Oktober 6, 2017
5 Tren Makanan dan Minuman di Tahun 2017 Yang Wajib Dicoba
5 Tren Makanan & MInuman di 2017 Yang Wajib Dicoba
Oktober 7, 2017
Show all
5 Jenis Minuman Teh Yang Bisa Dibikin Dengan Kompor Gas di Rumah

5 Jenis Minuman Teh Yang Bisa Dibikin Dengan Kompor Gas di Rumah (Image source : unsplash.com)

Selama berabad-abad, teh dipercaya sebagai minuman yang memiliki banyak khasiat. Mulai dari menyegarkan tubuh, melangsingkan, hingga mengobati berbagai macam penyakit. Aroma teh yang harum hampir selalu berhasil membuat rileks, bahkan sebelum diminum. Teh menjadi minuman favorit di segala suasana, baik dinikmati dalam keadaan hangat, atau dingin. Minuman ini juga mampu menjaga kebugaran tubuh, jika diolah bersama rempah tertentu. Berikut adalah beberapa jenis minuman teh rempah yang nikmat dan cukup bermodalkan kompor gas di rumah.

1. Teh Jahe Madu – Jenis Minuman Teh Yang Sering Diminum Saat Tidak Enak Badan

Bikin Teh Jahe Madu di Rumah

Yuk, Bikin Teh Jahe Madu di Rumah (Image source : davidwolfe.com:

Jahe telah lama menjadi rempah andalan untuk menghilangkan rasa mual dan meringankan gangguan persendian. Rempah yang dikenal mampu menghangatkan tubuh ini sangat cocok jika dipadukan dengan teh. Cara membuat teh jahe sangat mudah.

Siapkan jahe, bakar sebentar di atas kompor, bersihkan kulitnya, dan memarkan. Didihkan air di atas kompor bersama jahe yang sudah dimemarkan. Siapkan teh celup atau daun teh ke dalam cangkir, seduh dengan air jahe. Tambahkan madu sesuai selera.

Selain bermanfaat sebagai anti oksidan, Teh Jahe Madu juga berkhasiat untuk mengurangi stress dan membersihkan radikal bebas yang terserap oleh tubuh.

2. Teh Relaksasi – Jenis Minuman Teh Yang Menyegarkan

Bikin Teh Relaksasi di Rumah

Yuk, Bikin Teh Relaksasi di Rumah (Image source : unsplash.com)

Bagi kebanyakan orang, minuman pelepas dahaga yang paling digemari adalah teh. Apalagi teh dengan tambahan rasa buah, tentu semakin menyegarkan. Nah, Anda juga bisa meramu sendiri segelas teh segar di dapur rumah.

Siapkan teh favorit Anda, apel hijau, lemon, dan daun mint. Iris tipis apel hijau dan lemon. Didihkan air di atas kompor, seduh teh di dalam gelas, tambahkan irisan buah-buahan, dan daun mint, aduk hingga tercampur. Anda juga bisa menambahkan es batu dan gula sesuai selera. Agar semakin menarik, khususnya bagi anak-anak, masukkan nata de coco atau potongan jelly ke dalam racikan teh buah.

3. Chai Tea – Jenis Minuman Teh Yang Baik Untuk Metabolisme Tubuh

Bikin Chai Tea di Rumah

Yuk, Bikin Chai Tea di Rumah (Image source : easyhealthoptions.com)

Chai spice adalah larutan rempah, yang terdiri dari lada hitam, kapulaga, biji pala, cengkeh, kayu manis dan jahe. Untuk membuat larutan ini caranya sangat mudah. Rebus seluruh bahan dengan air di atas kompor dengan api kecil. Biarkan air mendidih, hingga tersisa setengahnya dan warna air kecokelatan.

Siapkan daun teh hitam atau teh hitam celup dalam wadah, seduh dengan air larutan rempah yang sudah disaring. Agar lebih creamy Anda bisa menambahkan santan kental atau susu cair.

Rempah-rempah yang terkandung dalam Chai Tea sangat baik bagi metabolisme tubuh. Misalnya, jahe yang mengandung zat anti bakteri aktif dan kayu manis yang dapat menenangkan.

4. Teh Serai – Jenis Minuman Teh Yang Dipercaya Dapat Mengurangi Jerawat

Bikin Teh Serai di Rumah

Yuk, Bikin Teh Serai di Rumah (Image source : food.ndtv.com)

Serai telah akrab digunakan sebagai bumbu masakan di dapur Asia. Tak hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, serai juga berkhasiat untuk meredakan beragam jenis keluhan, seperti flu, kram menjelang menstruasi, hingga mencegah jerawat. Cara mudah mengonsumsi serai adalah dengan membuat Teh Serai, minuman yang bisa Anda racik sendiri kapan saja Anda butuhkan.

Cuci bersih dua batang serai, ikat, memarkan, rebus bersama 500 ml air. Setelah mendidih, matikan kompor, masukkan teh celup ke dalam rebusan air serai, tambahkan gula, aduk rata.

Teh Serai bisa disajikan dengan tambahan sejumput merica, untuk menghangatkan tubuh. Minuman ini juga cocok disajikan sebagai minuman dingin yang menyegarkan, dengan tambahan es batu.

5. Teh Herbal Tradisional -Jenis Minuman Teh Favorit Semua Orang

Yuk, BIkin Teh Herbal di Rumah

Yuk, BIkin Teh Herbal di Rumah (Image source : ohmagazine.com)

Perpaduan teh, dengan rempah-rempah yang juga bisa Anda racik di rumah adalah Teh Herbal Tradisional. Siapkan 750 ml air, teh celup atau daun teh sesuai selera, dua butir cengkeh, dua lembar daun pandan, 125 gram gula merah dan 100 gram kolang-kaling.

Rebus air kayu manis, cengkeh dan daun pandan yang sudah diikat di atas kompor hingga harum. Jika sudah mendidih, matikan kompor, masukkan teh hingga warnanya keluar. Tambahkan gula merah yang sudah disisir, masak kembali hingga gula larut.

Saring air rebusan ke dalam gelas, tambahkan irisan kolang-kaling sesaat sebelum penyajian.

 

(Visited 92 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.