Ini Dia 7 Makanan Pengganti Untuk Anda Yang Diet Gluten

7 Cara Minum Kopi Yang Benar Menutur Pakar
Ini 7 Cara Minum Kopi yang Benar Menurut Pakar
Oktober 16, 2017
Lika Liku Hendy Setiono Pemilik Kebab Turki Baba Rafi
Lika-Liku Perjuangan Hendy Setiono, Pemilik Kebab Turki Baba Rafi
Oktober 18, 2017
Show all
Diet Gluten dan 7 Makanan Penggantinya

Diet Gluten dan 7 Makanan Penggantinya

Apakah Anda pernah membaca label ‘gluten free’ pada makanan yang Anda beli? Apa sih sebenarnya gluten dan kenapa sampai harus ada makanan yang bebas dari gluten atau diet gluten?

Gluten sendiri sebenarnya bukan kandungan makanan yang istimewa. Beberapa jenis makanan berbahan biji-bijian yang mengandung vitamin dan mineral juga memiliki kandungan gluten. Gluten adalah salah satu jenis protein yang biasa terkandung dalam gandung hasil persilangan antara gandum biasa dengan barley.

Keberadaan makanan yang bebas gluten sebenarnya dibuat untuk para penderita celiac atau intoleransi terhadap gluten. Bagi mereka, alih-alih dianggap sebagai protein biasa, tubuh malah menafsirkan gluten sebagai ancaman bagi tubuh. Ketika mengonsumsi gluten, tubuh para gluten intoleran biasanya langsung bereaksi seperti mengalami kembung, sakit perut dan diare. Itu sebabnya mengonsumsi makanan gluten free sebaiknya memang tidak dilakukan oleh orang yang tidak mengidap celiac atau intoleransi terhadap gluten karena tidak akan ada efeknya sama sekali.

Bagi yang ingin melakukan diet gluten, 7 jenis makanan ini bisa dijadikan menu pengganti:

  1.  Ganti Toast Anda dengan Telur

Jika Anda biasa menyantap roti yang dipanggang dalam oven portable di pagi hari, ada baiknya mulai mengganti sarapan Anda dengan telur. Anda bisa menggorengnya di atas kompor gas atau membuat poached egg.

  1. Mulai Diet Gluten Dengan Bersantap Siang dengan Salad

Tidak ada salahnya mengganti isi kotak bekal Anda dengan salad. Anda bisa memilih salad buah atau sayur sesuai dengan selera.

  1. Ganti Pasta Anda dengan Pasta Sayuran

Anda penggemnar masakan Italia tapi takut kandungan gluten-nya? Anda bisa membuat pasta sendiri dengan sayuran (sekarang sudah banyak dijual alat potong yang bisa mengubah berbagai bahan makanan menjadi berbentuk seperti mi). Labu, zucchini (timun Jepang) atau ubi bisa Anda ubah menjadi mi dan dinikmati dengan saus favorit Anda seperti biasa.

  1. Nikmati Pasta Anda dengan Aneka Sayuran

Nikmati saus bolognais dalam pasta kesukaan Anda bersama campuran sayuran hijau. Anda bisa memilih baby spinach, kale, bayam dengan sedikit tambahan olive oil.

  1. Diet Gluten Dengan Ganti Cemilan Biskuit dengan Buah

Suka mengemil di malam hari dan menghabiskan sebungkus biskuit sendirian? Sebaiknya mulai ubah kebiasaan ini dengan mengganti camilan Anda. Irisan buah segar seperti apel, kiwi, tidak kalah manis dibandingkan biscuit cokelat. Apalagi jika dijadikan teman menonton film atau mengerjakan tugas lembur.

  1. Ganti Tepung Panir dengan Bubuk Kacang Almond

Membuat aneka gorengan tanpa tepung panir rasanya memang kurang pas. Untuk menghindari kandungan glutennya, Anda bisa mengganti tepung yang biasa Anda pakai dengan bubuk kacang almond. Rasanya? Tentu saja semakin sedap!

  1. Gunakan Bubuk Kacang Almond Sebagai Pengganti Tepung

Banyak iklan tepung gluten free menekankan bahwa produk mereka mengandung protein yang rendah. Padahal tepung gandum pun tetap mengandung gluten dan protein yang cukup tinggi sehingga mengganti tepung biasa dengan tepung yang ‘katanya’ gluten free itu sebenarnya tak begitu membantu.

Selain sebagai ganti tepung panir, kacang almond juga bisa disulap menjadi bahan baku tepung. Sebaiknya cari saja resep yang sudah ada di internet, jangan bereksperimen sendiri karena tepung almond memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan tepung biasa.

(Visited 157 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.