10 Inspirasi Desain Food Truck Yang Super Kreatif

5 Alasan Untuk mulai mengajak anak memasak sejak kecil
5 Alasan Untuk Mulai Mengajak Anak Memasak Sejak Kecil
September 16, 2017
Sejarah Mie Instan dan Cup Noodle
Ternyata Ini Loh Sejarah Mie Instan Hingga Bisa Mendunia
September 16, 2017
Show all
10 Inspirasi Desain Food Truck Yang Super Kreatif

10 Inspirasi Desain Food Truck Yang Super Kreatif

Istilah “dari mata turun ke hati” ternyata bukan hanya cocok untuk pasangan yang sedang kasmaran saja. Tapi, juga bisa dijadikan pengingat saat Anda memilih desain food truck. Bikin konsumen Anda jatuh hati pada pandangan pertama dengan desain food truck yang kreatif dan unik. Setelah terpikat oleh desain food truck yang unik, selanjutnya beri kesan terbaik dengan hidangan Anda.

Bukan hanya tampilan luar food truck saja yang harus cantik. Anda juga harus menata area dapur dengan rapi dan selalu jaga kebersihannya. Sebab, kemungkinan besar, konsumen Anda bisa melihat ke dalam food truck saat makanan dipersiapkan. Jadi penasaran ingin tahu seperti apa desain food truck yang menarik luar dan dalam? Silakan lihat inspirasinya di bawah ini:

  1. Bus Vintage – Desain Food Truck Yang Populer

Desain Food Truck Bus Vintage

Desain Food Truck Bus Vintage

Daripada dibiarkan berkarat tak terpakai, bus antik berukuran medium juga ternyata bisa terlihat keren setelah disulap menjadi food truck. Gunakan warna eksterior food truck yang kalem seperti warna abu-abu dan tambahakan tulisan kaligrafi. Selanjutnya, tambahkan aksesoris kayu dan tanaman kecil untuk menambah kesan vintage.

Warna eksterior yang kalem dan penggunaan huruf jadul untuk merek dan menu, nuansa vintage jadi langsung terasa saat melihat food truck ini.

Penerapan modifikasi ventilasi atap dalam bentuk yang tepat, tidak mengurangi nilai estetika food truck secara keseluruhan, sekaligus membantu mengeluarkan uap panas dari penggunaan kompor gas dan griller yang ada di bawahnya. Cerdas sekali!

  1. Snowcat

Desain Food Truck Snowcat

Desain Food Truck Snowcat

Ya, Anda tak salah lihat kok, snowcat atau truk khusus untuk bergerak di salju ini bentuknya memang mirip dengan bulldozer. Dengan warna kuning cerah dan bentuk yang unik, jelas kalau food truck Mammoth Burritos ini selalu sukses menarik perhatian. Kira-kira seperti apa ya reaksi masyarakat kalau Anda meniru desain food truck ini di Indonesia?

  1. Vintage Double Decker

Desain Food Truck Vintage Double Decker

Desain Food Truck Vintage Double Decker

Dibuat dari bus double decker,  food truck ini jadi terlihat lebih istimewa dan sedikit romantis berkat cat putih yang menutupi eksteriornya. Dengan ukuran yang cukup luas dan bisa memuat freezer dan oven gas portable sekaligus, Anda jadi bisa menawarkan menu hidangan panas dan dingin. Sedangkan tingkat kedua bisa dijadikan area makan di tempat, atau mungkin malah tempat untuk beristirahat setelah seharian lelah berjualan?

  1. Truk Trailer

Desain Food Truck Trailer

Desain Food Truck Trailer

Untuk Anda yang berjiwa maskulin sekaligus penggemar pizza, desain food truck yang diaplikasikan pada trailer ini cocok untuk dicoba. Konsep open kitchen yang didukung dengan panel kaca berukuran besar di sisi samping, sengaja dirancang untuk menarik perhatian. Konsep desain ini dijamin akan mengundang rasa penasaran banyak orang.

Agar bagian dalam food truck tidak terasa panas meski seharian memanggang pizza di dalam oven, lengkapi dengan ventilator atap HOCK.

Untuk menjaga seafood tetap segar serta menjamin kebersihannya sebelum dimasak, food truck seperti ini memang harus dilengkapi dengan tangki air.

  1. Flower Power

Desain Food Truck Herb Garden

Desain Food Truck Herb Garden

Desain food truck yang terlihat seru dengan banyak warna dan bentuk bunga seperti ini, sudah pasti tak mungkin terlewatkan oleh siapapun yang melihat. Kendaraan yang ukurannya tak terlalu besar tapi super meriah ini akan cocok sekali digunakan untuk menjual aneka es krim atau dessert yang rasanya manis. Yummy!

  1. Karnaval

Desain Food Truck Karnaval

Desain Food Truck Karnaval

Siapapun pasti bisa langsung merasakan suasana ceria dan hingar bingar karnaval saat melihat food truck ini. Mulai dari roller coaster, papan dart, sepeda mini, sampai kanopi warna warni, semua elemen dekorasi sukses menyatu dalam tema karnaval yang meriah tapi tak terlalu mencolok. Kira-kira peralatan apa ya yang ada di dalamya, freezer untuk menyimpan dessert atau kompor gas untuk menggoreng french fries?

  1. Mercusuar

Desain Food Truck Mercusuar

Desain Food Truck Mercusuar

Dilihat dari penampilannya saja, setiap orang pasti langsung tahu kalau food truck ini menawarkan aneka hidangan seafood segar yang menggugah selera. Kalau diperhatikan lebih dekat, sepertinya mercusuar memang sengaja dijadikan dekorasi paling mencolok untuk menyamarkan ventilator atap di bagian atas food truck. Detail jaring dan pelampung kail serta ilustrasi mercusuar di bagian samping juga sukses memperkuat tema laut.

  1. Desain Food Truck Mini 

Desain Food Truck Food Truck Mini

Desain Food Truck Food Truck Mini

Sekilas bagian depannya terlihat seperti bajaj ya? Food truck yang hanya menyajikan menu street food ala Italia ini memang sengaja dirancang minimalis dan compact. Karena ukurannya, ada kelebihan dan kekurangannya yang harus dipertimbangkan. Kelebihannya, food truck berukuran mungil ini bisa menjangkau tempat yang tidak bisa diakses boleh mobil. Biaya sewa tempat mungkin bisa lebih hemat juga. Namun, karena keterbatasan tempat untuk menyimpan peralatan dapur seperti oven aluminium, menu yang bisa ditawarkan juga terbatas.

Dengan menu sederhana dan kegiatan operasional yang bisa dikerjakan oleh satu orang saja. Dari segi rancangan ini, bis dibilang jauh lebih menguntungkan dari segi kepraktisan dan waktu. Setelah selesai berjualan, tinggal membersihkan bagian dalam yang tidak seberapa luas, lalu tutup sisinya sebelum berangkat pulang. Praktis sekali kan?

  1. Kayu Natural 

Desain Food Truck Kayu Natural

Desain Food Truck Kayu Natural

Food truck tak melulu identik dengan junk food, makanan dan minuman sehat yang terbuat dari bahan alami juga punya pangsa pasar yang cukup luas, lho. Untuk menonjolkan unsur kealamian menu yang ditawarkan, tampilan food truck sengaja dibuat lebih lebih ringan dan menyejukkan dengan tambahan tekstur alami kayu yang melapisi seluruh sisi eksterior. Dan berkat detail kain berwarna putih bersih pada kanopi dan kursi, suasana jadi terasa lebih santai dan menyegarkan. Trik psikologi yang bisa Anda tiru, nih!

  1. Herb Garden

Desain Food Truck Herb Garden

Desain Food Truck Herb Garden

Melihat food truck untuk vegetarian ini serasa menatap rumah teduh yang dihiasi oleh dedaunan hijau, setuju kan? Tak cukup dengan lapisan dekorasi kayu di sisi samping, food truck ini juga dilengkapi dengan herb garden atau kebun rempah sendiri, berupa pot-pot kecil berisi basil, mint, rosemary, dan sebagainya.

Bukan hanya penampilannya yang bikin konsumen penasaran, hasil dari kebun mini ini juga bisa banget digunakan untuk menambah citarasa menu food truck yang ditawarkan. Bayangkan, makan tofu panggang hangat yang baru dipanggang dengan oven aluminium, dan diberi irisan rosemary segar yang baru saja dipetik. Sensasinya dijamin beda deh.

Nah, diantara semua inspirasi desain food truck di atas, mana yang sukses memberikan kesan pertama paling menggoda bagi Anda?

Baca juga : 9 Inspirasi Menu Food Truck Yang Menggugah Selera

 

 

(Visited 975 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.