5 Alasan Untuk Mulai Mengajak Anak Memasak Sejak Kecil

6 Peralatan Membuat Kue Yang Wajib Diketahui Pemula
6 Peralatan Membuat Kue Yang Wajib Diketahui Pemula!
September 15, 2017
10 Inspirasi Desain Food Truck Yang Super Kreatif
10 Inspirasi Desain Food Truck Yang Super Kreatif
September 16, 2017

Sebagai orang tua, apa Anda pernah ragu mengajak anak memasak atau beraktivitas di dapur? Pasti ada kekhawatiran si kecil terkena panas dari kompor gas atau terluka oleh benda tajam. Menyiapkan makanan bersama anak memang butuh waktu, perhatian, dan kesabaran ekstra, tapi semua sangat sepadan dengan banyaknya manfaat yang akan didapatkan. Yang terpenting dari mengajak anak memasak sebenarnya bukanlah menguasai resep atau mahir mengolah makanan, tapi secara tak langsung mendorong tumbuh kembang dan menambah kecakapan hidupnya. Supaya lebih jelas, silakan simak uraian kami di bawah ini.

  1. Anak Jadi Suka Makanan Sehat

Mengajak Anak Memasak - Anak Jadi Suka Makan Sehat

Mengajak Anak Memasak – Anak Jadi Suka Makan Sehat

Menurut American Dietetic Association, rutin mengajak anak memasak dan menyiapkan makanan, akan membuatnya lebih suka makanan sehat yang disiapkan di rumah, daripada jajan atau makan junk food. Anak juga jadi tidak pilih-pilih makanan dan lebih berani dalam mencoba hidangan baru.

Agar lebih aman, sesuaikan aktivitas anak di dapur dengan usianya, seperti:

  • 2-3 Tahun: Membantu menuangkan air atau mengaduk bahan
  • 3-5 Tahun: Memecahkan telur, mengukur bahan basah dan kering, dan memilih bahan
  • 5-10 Tahun: Menggunakan mixer, memotong, dan memasak dengan kompor gas (dengan pengawasan)
  1. Menstimulasi Panca Indera Anak

Mengajak Anak Memasak - Menstimulasi Panca Indera

Mengajak Anak Memasak – Menstimulasi Panca Indera

Setiap anak, terutama yang masih berusia balita, sangat bergantung pada panca indera mereka untuk menjelajahi dunia sekitarnya. Selain akan menstimulasi seluruh inderanya, mengajak anak memasak juga akan melatih skill motorik halus serta koordinasi tangan dan otak. Jadi jangan ragu meminta si kecil untuk membantu Anda di dapur, seperti mencuci sayuran di bak cuci piring atau mengupas buah.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Mengajak Anak Memasak - Meningkatkan Kepercayaan Diri

Mengajak Anak Memasak – Meningkatkan Kepercayaan Diri

Saat mengajak anak memasak di dapur, Anda bisa sekaligus mengenalkan konsep kerjasama tim. Dimana, anak diajarkan bahwa dengan  usaha bersama yang dilakukan oleh lebih dari satu orang akan memberikan hasil yang lebih besar. Dengan begitu, meski hanya diberikan tugas sederhana di dapur, anak pasti akan melakukannya dengan penuh tanggung jawab, dan akan semakin percaya diri ketika ia bisa melakukannya dengan benar.

Jangan lupa berikan pujian serta pelukan dan ciuman hangat setelah anak membantu, agar ia tahu bahwa kontribusinya sangat diperhatikan dan dihargai.

  1. Menambah Kecakapan Hidup Anak

Mengajak Anak Memasak - Menambah Kecakapan Hidup

Mengajak Anak Memasak – Menambah Kecakapan Hidup

Baik untuk anak laki-laki atau perempuan, memasak adalah kecakapan hidup yang sangat berguna saat dewasa. Keahlian ini sama pentingnya seperti menyetir, membaca atau berenang. Sebab akan ada saatnya anak Anda harus menjadi mandiri dan bertanggung jawab dengan hidupnya sendiri. Jangan sampai anak Anda tumbuh besar tanpa mengetahui cara melakukan tugas kecil seperti halnya menyalakan kompor gas atau menggunakan alat rumah tangga lainnya.

  1. Mengurangi Kecenderungan Penggunaan Narkoba Secara Signifikan

Mengajak Anak Memasak - Mengurangi Kecenderungan Narkoba

Mengajak Anak Memasak – Mengurangi Kecenderungan Narkoba

Prihatin dengan kasus narkoba yang belakangan marak di Indonesia? Sebuah laporan dari The National Center on Addiction and Substance Abuse di Universitas Columbia menyatakan bahwa orang tua sebenarnya bisa mengurangi kecenderungan penggunaan narkoba pada anak sejak dini, dengan cara:

  • Memberikan perhatian dan dukungan. Hubungan anak dan orangtua yang baik diasosiasikan dengan pengurangan resiko penggunaan narkoba di usia remaja. Nah, dengan mengajak anak memasak, Anda jadi bisa mencurahkan perhatian, memberikan pujian, sekaligus menjalin ikatan keluarga yang lebih kuat.
  • Komunikasi Lancar. Quality time yang dihabiskan dengan melakukan aktivitas bersama di dapur, memberikan orang tua dan anak kesempatan untuk saling bertukar pikiran dan berbagi cerita.
  • Makan Malam Bersama. Melibatkan anak dalam menyiapkan makanan keluarga adalah langkah besar untuk membuatnya lebih menghargai waktu kumpul bersama keluarga. Jadi meski sibuk, setidaknya usahakan untuk memasak dan makan malam bersama setidaknya di akhir pekan, ya.

Bisa lihat sendiri kan, mengajak anak memasak ternyata bisa memberikan banyak manfaat yang jauh lebih besar daripada yang Anda kira. Sudah tahu resep apa yang akan Anda coba buat bersama si kecil di rumah?

(Visited 79 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.