Yuk Simak Cara Makan Korean BBQ Yang Benar

Semakin Sehat Dengan Smoothies Buah dan Sayuran
Semakin Sehat Dengan Smoothies dari Buah dan Sayuran Ini
Oktober 31, 2017
“Bake With Anna Olson”, Tontonan Yang Pas Bagi Anda Pencinta Dessert
November 1, 2017
Show all
Tips Cara Makan Korean BBQ

Tips Cara Makan Korean BBQ (Image source : timeout.com)

Mencoba Korean BBQ untuk pertama kalinya mungkin tampak seperti hal yang mengerikan. Ada panggangan di atas meja, dan Anda bisa memilih bergam daging yang ingin Anda masak, tetapi ada juga beragam jenis sayur dan lauk pendamping yang terkadang sangat membingungkan. Sebenarnya, Korean BBQ tidak jauh berbeda dengan jenis barbekyu lainnya. Namun, tidak semua orang mengetahui tata cara makan Korean BBQ secara benar.

Apakah Anda harus membalik daging di atas panggangan sendiri atau menunggu pelayan yang melakukannya? Apakah boleh meminta lebih banyak banchan atau lauk pendamping jika Anda memang menyukainya? sayur-sayuran juga ikut dipanggang? Semua pertanyaan tersbut memang lazim bagi mereka yang baru pertama kali mencoba. Oleh karena itu, untuk mengetahui tata cara makan Korean BBQ yang baik dan benar, yuk simak tipsnya berikut ini:

  1. Restoran Korea Menyediakan Panggangan Untuk Memanggang Daging

Gunakan Pemanggang Untuk Memanggang Daging

Gunakan Pemanggang Untuk Memanggang Daging (Image source : amazon.com)

Di tempat-tempat atau restoran BBQ Korea, panggangan diletakan di atas meja. Kebanyakan orang Korea menganggap BBQ dengan menggunakan arang terasa lebih enak. Sedangkan di restoran BBQ Korea ada lubang panggangan di tengah meja tempat mereka meletakan bara panas yang telah dipanaskan sebelumnya. Namun, banyak tempat BBQ Korea yang menggunakan panggangan listrik atau kompor gas. Terkadang kompor tersebut menjadi satu dengan meja, tetapi ada juga unit terpisah.

  1. Memesan pilihan daging

Panggang Aneka Daging Pilihan Anda

Panggang Aneka Daging Pilihan Anda (Image source : madangsui.com)

Selanjutnya pilih jenis daging yang akan Anda makan. Sebaiknya mulailah dengan daging non-marinated terlebih dahulu, lalu berlanjut ke marinated. Daging non-marinated merupakan ciri BBQ Korea tradisional dengan panggangan arang di atas meja. Sedangkan daging marinated memiliki rasa yang cukup kuat dan modern. Daging marinated tersebut biasanya dimasak terpisah, tapi hampir semuanya ada di meja sekarang!

Secara umum, daging sapi lebih mahal daripada daging babi, dan daging sapi non-marinated lebih mahal daripada daging sapi marinated. Jenis daging sapi marinated meliputi bulgogi (sirloin iris tipis atau tenderloin kecap), dan soe-galbi (iga sapi kecap). Jenis daging babi marinated diantaranya yaitu dwaejibulgogi (babi kecap) dan dwaejigalbi (iga babi kecap). Sedangkan daging sapi non-marinated meliputi sirloin, tenderloin, rib eye steak atau bagian sapi berkualitas lainnya

  1. Memanggang daging

Potong dan Panggang Daging Hingga Matang

Potong dan Panggang Daging Hingga Matang (Image source : ny.eater.com)

Setelah Anda memesan daging, pelayan akan menyalakan panggangan. Namun, hal tersebut bergantung pada restorannya, biasanya mereka akan mengajari Anda cara memanggang daging dan kemudian menyerahkan sisanya kepada Anda untuk dipanggang hingga habis. Semua perlengkapan dan bahan berada di samping panggangan, jadi Anda harus bisa memanggangnya sendiri jika pelayan sibuk. Jadi, perhatikan daging yang sedang Anda panggang jangan sampai gosong dan mengeluarkan asap kemana-mana.

Namun, ada juga restoran yang tidak mengajarkan cara memanggang daging kepada Anda sama sekali. Jika demikian, Anda jangan khawatir, lakukan semuanya sendiri! Selagi menunggu daging terpanggang secara sempurna, Anda bisa meminum soju dan berbincang-bincang dengan teman-teman makan Anda.

  1. Membungkus Nasi dan Daging Dengan Selada Adalah Cara Makan Korean BBQ

Balut Nasi dan Daging Dengan Selada

Balut Nasi dan Daging Dengan Selada (Image source : flickr.com)

Setelah daging matang, saatnya Anda membuat Ssam. Untuk membuat Ssam, ambil daun selada (ssam). Potong daun sesuai ukuran telapak tangan Anda. Tempatkan daun di atas telapak tangan, lalu gunakan tangan Anda yang lain, masukkan satu potong daging ke atas selada. Kemudian tambahkan beberapa bawang putih panggang, daun bawang dan saus ssamjang. Bisa juga menambahkan beberapa potongan kecil lauk pendamping. Terakhir, bungkus daun itu menjadi bola kecil, dan masukkan ke mulut Anda dalam satu gigitan.

  1. Lauk pendamping

Restoran BBQ Korea yang berkualitas akan menyajikan daging yang lezat, tapi juga memiliki lauk pendamping yang beragam. Misalnya, beragam jenis kimchi, salad daun bawang (pajeori), irisan acar bawang, atau acar lobak. Beberapa restoran BBQ Korea juga menyajikan pasta kacang secara gratis. Lauk pendamping biasanya terdiri dari kimchi lobak, mashed potato, kacang rebus, fish cake, telur rebus, agar kacang hijau, bayam, dan tauge rebus.

Sajian Pendamping Makanan Korea

Sajian Pendamping Makanan Korea (Image source : kimchikoreahouse.ca)

Memanggang daging di restoran BBQ Korea ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan. Daging marinated atau non-marinated tidak perlu dicelupkan kedalam saus sebelum dipanggang. Anda bisa langsung memanggangnya. Kemudian setelah daging matang, waktunya Anda membuat ssam!

(Visited 889 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.