Bondan Winarno merupakan salah satu pakar kuliner di Indonesia. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sosoknya. Wajah sang pemerhati kuliner ini sering muncul di layar kaca mengisi acara-acara kuliner dengan ucapan khasnya pokoke mak nyus! Dengan pembawaan yang ramah dan sederhana, pemirsa sering diajak berkeliling nusantara untuk menikmati makanan khas setiap daerah. Pak Bondan, begitu ia akrab disapa, memiliki tips tersendiri untuk sukses dalam bisnis kuliner. Bagi Anda yang berencana atau sedang merintis usaha kuliner, Anda bisa mengikuti kiat-kiat darinya seperti yang dilansir oleh liputan6.com.
Mengetahui semua komponen harga adalah hal paling penting dalam berbisnis. Dalam suatu sajian kuliner, banyak sekali komponen bahan-bahan yang diperlukan, termasuk di dalamnya bumbu-bumbu, bahan baku, serta peralatan. Semua harus dihitung secara rinci.
Jika Anda menggunakan kompor gas, Anda juga harus mengetahui kapan harga gas akan naik. Begitu juga dengan fluktuasi harga cabai, bawang, serta bumbu-bumbu lainnya. Semua harus diperhitungkan dengan cermat agar Anda tidak mengalami kerugian.
Bondan mewanti-wanti agar Anda tidak memiliki peran ganda dalam berbisnis. Menurutnya, kalau ingin berhasil sebaiknya fokus kepada satu peran saja. Jika Anda memilih peran sebagai manajer, jangan melakukan peran sebagai koki atau akuntan.
Tips dari Bondan Winarno selanjutnya yaitu pilihlah lokasi yang mudah didatangi pembeli. Ini sangat penting bagi pemain baru. Pilihlah lokasi-lokasi strategis seperti di pinggir jalan, di dekat area sekolah atau perkantoran, di mal, atau pasar. Memilih lokasi di pasar atau pusat perbelanjaan bisa menjadi ide bagus karena biasanya orang setelah lelah berbelanja akan mulai mencari makan. Sebaiknya pilih lokasi yang di sekitarnya tempat berjualan makanan juga agar tempat Anda mudah dicari.
Sama seperti bisnis lainnya, dalam bisnis kuliner pun Anda perlu menentukan siapa yang akan menjadi konsumen Anda. Apakah untuk pelajar, pekerja kantoran, ibu rumah tangga yang membeli makanan untuk keluarga di rumah, atau untuk mereka yang ingin menikmati makanan sambil ngobrol-ngobrol santai.
Dengan begini, Anda bisa menyesuaikan menu dan harga. Misalnya, untuk pelajar Anda bisa menyediakan sajian dengan harga yang terjangkau dan cepat tersaji. Untuk menu keluarga, Anda bisa menyediakan makanan ala rumahan.
Pemasaran merupakan ujung tombak kesuksesan berwirausaha. Strategi pemasaran yang baik akan membuat bisnis kuliner Anda semakin laris.
Untuk strategi pemasaran yang semakin baik, Anda bisa memanfaatkan kemampuan teknologi saat ini. Memiliki akun media sosial khusus untuk bisnis Anda tentu akan lebih baik. Anda bisa melakukan promosi atau menjawab pertanyaan pelanggan melalui medsos.
Selain menu yang disantap di tempat, Anda juga bisa menawarkan menu lain yang dapat dibawa pulang oleh pelanggan. Tentu dengan menyiapkan wadah yang sesuai agar makanan tidak mudah hancur ketika sampai di rumah.
Teruslah lakukan pelatihan dan perbaikan bagi SDM yang bekerja dengan Anda. Lakukan koreksi setiap hari. Ini juga tak kalah penting karena kualitas SDM akan menentukan kualitas bisnis Anda.
Siapa yang tidak suka dengan promosi? Dengan sering memberikan promosi, maka pelanggan akan semakin tertarik untuk mengunjungi restoran Anda.
Tips terakhir dari Bondan Winarno, layani pelanggan Anda sebaik-baiknya, dengan adil dan tanpa memandang bulu. Jika pelanggan merasa nyaman, tentu ia tak akan mudah lari ke lain hati.