3 Cara Hemat Memasarkan Bisnis Food Truck

5-Makanan-dan-Minuman-Termahal-di-Dunia
5 Makanan dan Minuman Termahal di Dunia
September 1, 2017
10 Langkah Ampuh Hindari Kompor Gas Meledak
10 Langkah Ampuh Hindari Kompor Gas Meledak
September 2, 2017

Cara memasarkan bisnis food truck adalah langkah krusial diawal bisnis berjalan. Baik bagi pemula maupun yang berpengalaman, cara yang salah dapat mengakibatkan kerugian. Promosi bukan hanya dilakukan untuk menjaring konsumen baru, tapi juga untuk menjaga hubungan baik serta meningkatkan penjualan pada konsumen lama. Yang jadi masalah, bagaimana kalau budget marketing terbatas?

Jangan khawatir, dengan sedikit kreativitas dan jeli meraih peluang, strategi memasarkan bisnis food truck berikut bisa membawa dampak yang cukup signifikan dan tak bikin kantong bolong.

  1. Media Sosial

Memasarkan Bisnis Food Truck - Media Sosial

Memasarkan Bisnis Food Truck – Media Sosial

Rugi sekali kalau Anda tidak memanfaatkan kekuatan dan jangkauan media sosial secara maksimal untuk memasarkan bisnis food truck, terutama Instagram. Meski hemat biaya, platform ini sangat efektif dan efisien untuk menyebarluaskan pesan bisnis Anda pada lingkup target pasar yang lebih luas. Apalagi kalau Anda menjalankan tips berikut:

  • Maksimalkan konten visual. Mulai rutin memposting foto menarik mengenai food truck Anda. Bukan hanya makanannya, pamerkan juga detail truck, foto candid saat cook sedang memasak dengan kompor gas, atau suasana keramaian di lokasi.
  • Gunakan hashtag yang relevan. Konsumen akan lebih mudah menemukan food truck Anda di media sosial bila setiap post menggunakan hashtag yang relevan dan spesifik, seperti: #foodtruckjakarta, #foodtrucksate, atau hashtag khusus event yang sedang Anda ikuti.
  • Aktif Berinteraksi. Untuk lebih dekat dengan konsumen, tambahkan caption foto yang mendorong interaksi, seperti memberikan pertanyaan atau meminta pendapat. Jangan lupa, respon setiap comment dengan baik ya.
  • Endorsement. Psst, rekomendasi dari mulut ke mulut adalah cara promosi yang paling ampuh. Selain membayar selebgram atau  food blogger ternama untuk kerjasama promosi, akan lebih hemat lagi kalau Anda memberikan voucher makan gratis. Bagikan kepada beberapa pemilik akun instagram lokal dengan 1000+ followers untuk memberikan ulasan tentang menu food truck Anda. 
  1. Promosi Silang Dengan Bisnis Lain

Memasarkan Bisnis Food Truck - Promosi Silang

Memasarkan Bisnis Food Truck – Promosi Silang

Ini adalah salah satu cara paling efektif memasarkan bisnis food truck sekaligus menjangkau lebih banyak konsumen potensial, tanpa biaya besar. Kunci dari promosi silang adalah menawarkan produk dalam satu paket yang sama dan saling melengkapi.

Promosi silang tidak hanya bisa dilakukan dengan sesama food truck, tapi juga bisnis di luar kuliner. Berikut adalah contoh promosi silang yang bisa dilakukan saat Anda bekerja sama dengan bisnis alat rumah tangga:

  • Kontes atau giveaway. Anda bisa menyediakan hadiah berupa voucher makan, lalu kontes ini dipromosikan melalui akun media sosial partner bisnis. Begitu juga sebaliknya, gunakan akun media sosial Anda untuk mempromosikan event berhadiah kompor gas dari partner bisnis. Jangan lupa, sertakan syarat untuk follow akun media sosial Anda dan partner.
  • Pop-Up event bersama. Sesekali, parkirkan food truck Anda di depan toko alat rumah tangga milik partner. Konsumen yang sudah membeli dari food truck Anda, akan diberikan diskon khusus untuk membeli produk tertentu dari toko partner, seperti shower atau bak cuci piring.
  • Konten kolaborasi. Selain menggunakan produk partner dalam foto yang akan Anda posting di media sosial, Anda juga bisa jadi penulis tamu pada blog partner untuk membahas kuliner food truck. Link blog tersebut kemudian bisa dibagikan melalui akun media sosial Anda untuk mempromosikan website partner.
  1. Kerjasama Dengan Komunitas dan Event Organizer

Memasarkan Bisnis Food Truck - Bergabung Dengan Komunitas

Memasarkan Bisnis Food Truck – Bergabung Dengan Komunitas

Dengan konsep yang menarik dan kekinian, sekarang food truck mulai banyak dilirik. Food truck cocok untuk dijadikan bagian dari acara penikahan, gathering perusahaan, arisan, dan sebagainya. Untuk bisnis food truck baru yang belum dikenal, memang biasanya agak sulit untuk mendapatkan event seperti ini.

Nah, bergabung dengan komunitas food truck lokal dan event organizer akan membuka lebih banyak pintu untuk memasarkan bisnis food truck Anda. Percaya deh, hasil usaha Anda dalam memasarkan bisnis food truck akan makin cepat terlihat setelah mendaftarkan diri menjadi tenant tetap, mengikuti event rutin berkala, berbagi lokasi strategis, ataupun menjalin partnership.

Memasarkan bisnis food truck sebenarnya tak sulit, tapi tetap harus didukung dengan kualitas pelayanan dan rasa makanan yang terbaik. Jadi, strategi mana nih yang mau Anda coba duluan?

(Visited 174 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.