Cara memasarkan bisnis food truck adalah langkah krusial diawal bisnis berjalan. Baik bagi pemula maupun yang berpengalaman, cara yang salah dapat mengakibatkan kerugian. Promosi bukan hanya dilakukan untuk menjaring konsumen baru, tapi juga untuk menjaga hubungan baik serta meningkatkan penjualan pada konsumen lama. Yang jadi masalah, bagaimana kalau budget marketing terbatas?
Jangan khawatir, dengan sedikit kreativitas dan jeli meraih peluang, strategi memasarkan bisnis food truck berikut bisa membawa dampak yang cukup signifikan dan tak bikin kantong bolong.
Memasarkan Bisnis Food Truck – Media Sosial
Rugi sekali kalau Anda tidak memanfaatkan kekuatan dan jangkauan media sosial secara maksimal untuk memasarkan bisnis food truck, terutama Instagram. Meski hemat biaya, platform ini sangat efektif dan efisien untuk menyebarluaskan pesan bisnis Anda pada lingkup target pasar yang lebih luas. Apalagi kalau Anda menjalankan tips berikut:
Memasarkan Bisnis Food Truck – Promosi Silang
Ini adalah salah satu cara paling efektif memasarkan bisnis food truck sekaligus menjangkau lebih banyak konsumen potensial, tanpa biaya besar. Kunci dari promosi silang adalah menawarkan produk dalam satu paket yang sama dan saling melengkapi.
Promosi silang tidak hanya bisa dilakukan dengan sesama food truck, tapi juga bisnis di luar kuliner. Berikut adalah contoh promosi silang yang bisa dilakukan saat Anda bekerja sama dengan bisnis alat rumah tangga:
Memasarkan Bisnis Food Truck – Bergabung Dengan Komunitas
Dengan konsep yang menarik dan kekinian, sekarang food truck mulai banyak dilirik. Food truck cocok untuk dijadikan bagian dari acara penikahan, gathering perusahaan, arisan, dan sebagainya. Untuk bisnis food truck baru yang belum dikenal, memang biasanya agak sulit untuk mendapatkan event seperti ini.
Nah, bergabung dengan komunitas food truck lokal dan event organizer akan membuka lebih banyak pintu untuk memasarkan bisnis food truck Anda. Percaya deh, hasil usaha Anda dalam memasarkan bisnis food truck akan makin cepat terlihat setelah mendaftarkan diri menjadi tenant tetap, mengikuti event rutin berkala, berbagi lokasi strategis, ataupun menjalin partnership.
Memasarkan bisnis food truck sebenarnya tak sulit, tapi tetap harus didukung dengan kualitas pelayanan dan rasa makanan yang terbaik. Jadi, strategi mana nih yang mau Anda coba duluan?