Ingin Refreshing? Berikut 4 Organic Farm di Jakarta dan Bandung

Berani Coba Makanan Terekstrim Di Dunia Ini?
Mari Coba 5 Makanan Terekstrim di Dunia Ini?
November 11, 2017
Stinky Tofu Makanan Khas Tiongkok Yang Bau Tapi Lezat
Stinky Tofu, Snack Tahu Busuk Yang Begitu Lezat dann Bikin Ketagihan
November 11, 2017
Show all
Organic Farm di Jakarta dan Bandung

(Image source : agriland.ie)

Bagi Anda yang tinggal di kota dan menghabiskan sepanjang minggu dengan sibuk dan sesaknya suasana perkotaan, tidak ada salahnya merencanakan perjalanan alam untuk menjernihkan pikiran. Selain pantai, gunung dan hutan, kebun organik juga bisa dijadikan tujuan wisata yang tak kalah seru. Empat organic farm ini misalnya. Anda tidak hanya disuguhi pemandangan dan udara yang menyegarkan, tapi juga bisa sekalian belajar dan bersantap di sini. Mengajak anak-anak dan seluruh anggota keluarga, 4 organic farm di Jakarta dan Bandung ini harus masuk dalam daftar liburan Anda akhir pekan ini!

  1. Farm House, Lembang

Farm House, Lembang

(Image source : blog.reservasi.com)

Lokasi wisata ini masih tergolong baru di Bandung yang beroperasi mulai tahun 2015 lalu. Lokasinya sangat strategis, berada di ruas jalan utama Lembang-Bandung, Farm House sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dari Kota Bandung.

Di pintu masuk, setelah membayar tiket Anda akan disuguhi segelas susu segar yang diperah dari hasil peternakan Farm House Lembang. Begitu masuk, padang bunga dan suasana yang sangat hijau akan langsung menyegarkan mata. Di dalamnya, desain dengan atmosfer ala Eropa yang kental menjadikan tempat ini sebagai spot berfoto yang keren. Aneka makanan dan camilan dari susu juga tersedia di sini.

  1. YUM Organic Farm di Jakarta

YUM Organic Farm

(Image source : yumindonesia.org)

YUM alias Yayasan Usaha Mulia berkantor di Jalan Rumah Sakit Fatmawati No. 52, Cilandak, Jakarta Selatan. Kebun organic milik YUM sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2009 dan berlokasi di Cipanas, Jawa Barat.

YUM memadukan teknik bertani organic dengan praktek permaculture yang tidak merusak lingkungan seperti penggunaan pupuk hijau dan sisa hewan dan teknik tanam dengan menggunakan sistem rotasi. Selain bisa mendapatkan berbagai hasil pertanian organik, Anda bisa membawa anak-anak dan keluarga untuk mengikuti kelas bertani yang mereka sediakan. Kelas-kelas itu mencakup tentang pilihan makanan sehat, kepedulian terhadap lingkungan, cara pemberian kompos, transplantasi bibit hingga pengendalian gulma dan hama.

  1. FAM Organic Home di Bandung

FAM Organic Home

(Image source: famorganic.com)

Organic farm satu ini terletak di Jalan Cilandak 8, Sarijadi, Bandung Udara. Dari depan, Anda akan disambut vertical garden tanaman sayur mayur nan segar. Masih ada bunga-bunga kuning cerah dan tanaman mint yang memanjakan mata.

FAM Organic House ini adalah milik pribadi seorang alumni ITB bernama Suparwan. Selepas pensiun sebagai pegawai, ia lantas mengisi waktunya dengan berkebun organik.  Tak hanya menyediakan pemandangan nan segar serta aneka masakan berbahan organik hasil kreasi mereka dengan kompor gas dan kompor alumunium di dapur sendiri, FAM Organic Home juga menyediakan aneka workshop tentang tanaman organik.

Selain sayur mayur biasa, banyak tanaman bermanfaat yang tidak dijual di pasar bisa Anda dapatkan di tempat ini.

  1. Kebun Belakang Organic Farm di Cimahi

Organic Farm Kebun Belakang Cimahi

(Image source : bandungdiary.id)

Kebun Belakang beralamat di Jalan Pesantren 85 Cimahi. Tempatnya sebenarnya hanya sebuah kos mungil yang menjual sayur-sayuran organik yang dipetik dari kebun yang berada persis di belakang kiosnya.

Awalnya, Kebun Belakang hanya membuat aneka salad dan menjualnya lewat Instagram. Waktu itu kebunnya masih berantakan dan belum dibuka untuk umum. Setelah membuka kiosnya sendiri, sekarang Anda juga bisa menikmati berbagai produk hasil kerjasama mereka dengan produsen makanan sehat lain seperti jamu, yoghurt, madu, tepung mokaf dan juga roti. Meski kebunnya tidak begitu luas, Anda bisa menyaksikan bagaimana produk-produk organik dihasilkan di sini!

 

(Visited 376 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.