5 Resep Olahan Tempe Yang Bisa Jadi Pengganti Daging

5 Cara Melihat Kualitas Telur
Ingin Tahu Cara Melihat Kualitas Telur? Ikuti 5 Langkah Ampuh Ini
November 1, 2017
Food Blogger Indonesia
Ini 10 Food Blogger Indonesia yang Instagram Feed-nya Bikin Ngiler!
November 1, 2017
Show all
Resep Olahan Tempe Yang Bisa Jadi Pengganti Daging

Resep Olahan Tempe Yang Bisa Jadi Pengganti Daging

Bagi Anda yang vegetarian, tidak suka daging atau memiliki masalah kesehatan karena kolesterol tinggi, masakan berbahan daging seringkali jadi momok. Akhirnya beberapa masakan berbahan daging pun terpaksa dihindari karena. Padahal masih banyak bahan baku lain yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti daging, misalkan tempe. Bahan makanan khas Indonesia ini termasuk ke dalam salah satu jenis superfood yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kedelai yang difermentasikan dengan jamur Rhizpus oligosporus ini mengandung serat pangan yang tinggi, kalsium, vitamin B dan zat besi. Terlebih lagi, Anda bisa mencoba resep olahan tempe untuk mengganti aneka menu berbahan daging yang biasa Anda santap. Selain rendang tempe, rawon tempe dan tempe bakar, olahan apalagi yang bisa dibuat dengan tempe? Berikut 5 resep olahan tempe di antaranya!

  1. Resep Olahan Tempe Menjadi Steak

Olah Tempe Menjadi Steak Tempe

Olah Tempe Menjadi Steak Tempe (Image source : resephariini.com)

Siapa yang tak suka steik? Bistik ala barat ini seringkali memanfaatkan berbagai jenis daging sebagai bahan bakunya. Anda bisa mengubah satu blok tempe menjadi steik lada hitam kesukaan Anda. Caranya gampang sekali. Pertama rebus tempe di atas kompor alumunium atau kompor gas, hancurkan lalu bumbui dengan bawang merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam dan gula. Tambahkan tepung terigu secukupnya agar adonan mudah dibentuk.

Setelahnya panggang dengan oven portable atau di atas pan biasa dengan kompor hingga matang. Untuk sausnya, siapkan satu bungkus saus lada hitam siap saji. Tuang ke wajan dengan irisan bawang Bombay lalu sajikan bersama steik.

  1. Resep Olahan Tempe Menjadi Burger

Olahan Tempe Menjadi Burger

Olahan Tempe Menjadi Burger (Image source : dapurkobe.co.id)

Hal yang sama bisa Anda lakukan untuk isian burgermu. Caranya hancurkan tempe, campurkan dengan kornet dan garam. Kocok telur lalu masukkan adonan ke dalamnya. Keluarkan kemudian gulirkan ke tepung bumbu dan goreng di atas kompor dengan api sedang hingga matang.

Setelah isian jadi, Anda tinggal menyiapkan roti dan aneka isian lain seperti sayur, acar, keju, bawang dan bahan-bahan lainnya.

  1. Resep Olahan Tempe Menjadi Bakso

Olahan Tempe Menjadi Bakso Tempe

Olahan Tempe Menjadi Bakso Tempe (Image source : beritahati.com)

Bakso yang berlemak seringkali dituding sebagai penyebab berbagai penyakit termasuk kolesterol. Kini Anda tak perlu cemas karena daging sapi atau ayam yang biasa Anda gunakan bisa diganti dengan tempe. Caranya kukus tempe sampai empuk dan haluskan. Campurkan dengan tepung sagu, tepung terigu, telur, bawang putih dan garam secukupnya.

Didihkan panci berisi air panas di atas kompor dan masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat satu persatu. Kalau adonannya sudah mengapung berarti baksonya sudah matang dan bisa disajikan sesuai selera.

  1. Resep Olahan Tempe Menjadi Nugget

Olahan Tempe Menjadi Nugget Tempe

Olahan Tempe Menjadi Nugget Tempe (Image source : kulinersehat.com)

Nugget biasanya dibuat dengan bahan baku ikan dan daging. Tidak perlu cemas akan kehilangan rasa gurihnya daging karena Anda bisa menyiasatinya dengan aneka bumbu. Bumbu yang biasa digunakan dalam pembuatan nugget antara lain merica, bawang polong, bawang merah, bawang putih, seledri dan tepung panir.

Haluskan tempe, campurkan dengan bumbu halus. Setelahnya tambahkan merica bubuk, bawang polong dan seledri. Aduk rata kemudian masukkan ke dalam loyang petak yang sudah diolesi minyak. Kukus selama 25 menit hingga matang kemudian potong-potong. Gulingkan ke atas tepung panir dan nugget siap digoreng atau disimpan di dalam lemari es.

  1. Resep Olahan Tempe Menjadi Sate

Olahan Tempe Menjadi Daging Sate Temp

Olahan Tempe Menjadi Daging Sate Tempe (Image source : rancahpost.com)

Untuk membuat sate tempe, pilihlah tempe yang berkualitas bagus sehingga tidak mudah hancur saat dipotong dan ditusuk. Bumbu yang digunakan untuk membuat sate tempe hampir sama dengan sate daging biasa. Setelah dipotong dadu, haluskan bumbu seperti daun air asam jawa, kecap manis, bawang merah, ketumbar, terasi, serai dan kemiri. Tumis semua bumbu bersama air dan oleskan ke potongan tempe yang sudah berbentuk sate. Anda bisa menambahkan bumbu sate Madura atau sate Padang sesuai selera.

(Visited 280 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.