Perbedaan Antara Nasi Lemak Dan Nasi Uduk

Alat Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi
8 Peralatan Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi
November 12, 2017
Solusi Agar Buah Hati Anda Tidak Sulit Makan
Solusi Agar Buah Hati Anda Tidak Sulit Makan
November 12, 2017
Show all
Perbedaan Antara Nasi Lemak dan Nasi Uduk

Image source : justgola.com

Banyak yang mengira bahwa nasi uduk serupa dengan nasi lemak dan hanya berbeda nama saja. Meskipun sama-sama dimasak secara liwat dengan beragam rempah-rempah dan santan, tetapi keduanya sangat berbeda. Jika dilihat dari wilayah asal, cara memasak, bumbu yang digunakan, lauk pendamping, dan cara penyajiannya maka akan terlihat sekali perbedaan antara nasi lemak dan nasi uduk. Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbedaan antara nasi lemak dan nasi uduk :

Asal Wilayah Nasi Lemak dan Nasi Uduk

Asal Wilayah Nasi Lemak dan Nasi Uduk

Image source : qraved.co

Baik nasi lemak ataupun nasi uduk, keduanya merupakan warisan kuliner yang dibawa oleh bangsa Melayu ke Indonesia. Namun, nasi uduk di bawa oleh bangsa Melayu yang datang ke Batavia. Mereka kemudian bertemu dengan masyarakat Jawa yang sedang bertempur melawan VOC di Jakarta. Perpaduan antara lidah Jawa, Betawi, dan Melayu akhirnya menghasilkan nasi uduk.

Sedangkan nasi lemak lebih terkenal di wilayah Sumatera. Nasi lemak juga di bawa oleh bangsa Melayu ke pulau Sumatera setelah kedatangan Portugis di Malaka. Akulturasi antara kuliner Melayu dan Sumatera kemudian menghasilkan nasi Lemak. Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah menjumpai nasi lemak di Sumatera dan nasi uduk di Jakarta atau Jawa.

Bumbu Yang Digunakan Nasi Uduk Dan Nasi Lemak

Meskipun keduanya merupakan jenis nasi gurih yang dimasak secara liwet atau diaron dengan beragam bumbu, tetapi rempah-rempah yang digunakan tidak sama. Nasi liwet memiliki aroma yang tidak terlalu gurih karena nasi yang dimasak di atas kompor gas hanya diberi tambahan santan dan daun pandan saja.

Sedangkan Nasi uduk memiliki aroma yang lebih khas karena menggunakan santan, daun salam, serai, dan lengkuas. Selain itu, nasi uduk juga memiliki bergam versi. Tergantung pada daerahnya, seperti misalnya nasi uduk Betawi di wilayah pinggirian yang menggunakan kapulaga dan cengkeh, atau nasi uduk Rawa Belong yang hanya menggunakan kayu manis dan serai saja.

Cara Memasak Nasi Lemak Dan Nasi Uduk

Cara Memasak Nasi Lemak dan Nasi Uduk

Image source : leeweebrothers.com

Pada umumnya, cara memasak nasi lemak tidak jauh berbeda dengan nasi uduk. Bahkan, sama seperti cara memasak nasi biasa. Keduanya bisa dimasak menggunakan rice cooker atau panci dan kompor gas. Pertama rebus santan hingga mendidih di dalam rice cooker atau panci, kemudian masukan semua bumbu-bumbu. Jika Anda ingin memasak nasi lemak maka masukan daun pandan, sedangkan nasi uduk masukan daun salam, serai, dan lengkuas. Setelah itu masukan beras secukupnya dan masak nasi hinga matang sambil sesekali diaduk agar nasi di bagian bawah tidak gosong.

Lauk Pendamping Nasi Lemak Dan Nasi Uduk

Lauk Pendamping Nasi Lemak dan Nasi Uduk

Image source : tokomesin.com

Pada perkembangannya hingga sekarang, nasi lemak dan nasi uduk semakin bergam akibat dari akulturasi wilayah. Hal tersebut bisa terlihat dari jenis lauk pendamping yang digunakan pada nasi lemak atau nasi uduk. Lauk pendamping nasi uduk cenderung menggunakan lauk berbumbu rendang seperti rendang daging sapi atau rendang ayam. Selain itu nasi lemak juga menggunakan sambal teri kacang dan telur balado.

Sedangkan nasi uduk lebh dominan menggunakan lauk pendamping dengan cita rasa Sunda, Cina, dan peranakan kolonial. Lauk pendamping yang biasa digunakan pada nasi uduk adalah ayam goreng, dan semur seperti semur jengkol, semur telur, dan semur tempe tahu. Selain itu ada juga tambahan bihun goreng dan tempe kering.

Cara Penyajian Nasi Lemak dan Nasi Uduk

Meskipun pada mulanya nasi lemak dan nasi uduk cenderung dimakan pada pagi hari sebagai menu sarapan, tetapi sekarang ini Anda bisa menjumpai pedagang nasi lemak dan nasi uduk yang buka dari pagi hingga malam hari. Anda bisa menjadikannya sebagai menus sarapan, makan siang, atau makan malam. Selain disajikan dengan lauk pendamping, nasi lemak dan nasi uduk juga sering disajikan dengan sayur, mentimun, kerupuk, perkedel, dan gorengan bakwan atau tahu.

Semua lauk pendamping dan lauk pelengkap tersebut biasanya disajikan di samping nasi, atau di lekatakan di atas nasi. Untuk harganya sendiri, baik nasi lemak dan nasi uduk, tidak jauh berbeda.

 

(Visited 237 times, 2 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.