8 Peralatan Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi

Michelin Guide Panduan Restoran Terbaik di Dunia
Michelin Guide, Panduan Restoran Terbaik Dunia
November 12, 2017
Perbedaan Antara Nasi Lemak dan Nasi Uduk
Perbedaan Antara Nasi Lemak Dan Nasi Uduk
November 12, 2017
Show all
Alat Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi

Image source : approxen.com

Rumah masa depan adalah tempat di mana peralatan rumah tangga bisa dikendalikan dari jarak jauh. Mulai dari air conditioner hingga lampu pencahayaan rumah dapat dikendalikan menggunakan smartphone. Kabar baiknya, saat ini semakin banyak peralatan rumah tangga yang benar-benar bisa Anda kendalikan dari jarak jauh. Terutama ketika Anda sedang berlibur di luar kota atau sedang berada di kantor. Alih-alih harus mengoperasikan peralatan rumah tangga secara manual, sekarang Anda dapat mengendalikannya dari jarak jauh menggunakan ponsel atau tablet Anda. Semua itu bisa dilakukan kapanpun dan di manapun Anda berada. Berikut ini beberapa contoh alat rumah tangga yang bisa dikendalikan dari aplikasi:

  1. Thermostat – Alat Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi

Thermostat Peralatan Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone

Image source : warm.co.uk

Nest Thermostat telah lama dipuji oleh para ahli konservasi energi dan pecinta teknologi sebagai cara yang cerdas dan efisien dalam mengatur suhu rumah Anda. Nest Thermostat mengikuti pola rumah Anda dalam hal menaikan atau menurunkan suhu, dan bisa secara otomatis membuat jadwal perubahan suhu. Jika Nest Thermostat tidak mendeteksi ada orang di rumah, maka otomatis akan menyesuaikan diri dengan suhu yang lebih rendah secara efisien. Namun, jika Anda akan kembali ke rumah lebih awal atau merasa rumah Anda belum cukup hangat di malam hari, Anda dapat menyesuaikan suhu secara manual menggunakan smartphone, tablet, atau komputer Anda.

  1. Bola lampu – Alat Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi

Bola Lampu Peralatan Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone

Image source : thenextweb.com

Phillips Hue LED Light Bulbs memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan smartphone atau tablet ke bola lampu LED Anda. Anda dapat memprogram pencahayaan lampu tersebut sesuai keinginan dari jarak jauh. Entah itu meredupkan lampu pada waktu-waktu tertentu secara otomatis atau menyesuaikan pencahayaan kamar sesuai dengan program Netflix yang Anda tonton. Selain itu, bola lampu Phillips juga memungkinkan Anda melakukan penyesuaian maksimal melalui koneksi Wi-Fi yang terhubung dengan smartphone Anda.

  1. Kulkas pintar – Alat Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi

Kulkas Pintar Peralatan Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone

Image source : digitaltrends.com

Sebagai salah satu perusahaan elektronik berbasis teknologi canggih, LG mengeluarkan kulkas pintar atau smart refrigerator yang dapat diatur suhunya menggunakan koneksi internet sehingga proses penyimpanan makanan menjadi lebih efektif. Kulkas cerdas ini dapat mendeteksi jumlah stok makanan yang ada di dalamnya dan tanggal kadaluarsa dengan memindai barcode. Kemudian data tersebut dikirim ke smartphone Anda melalui aplikasi khusus. Dengan begitu Anda mengetahui jumlah ketersediaan makanan di dalam kulkas dan tanggal kadaluarsanya.

  1. Mesin Cuci – Alat Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi

Mesin Cuci Peralatan Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone

Image source : samsung.com

Banyak mesin cuci model terbaru yang terintegrasi dengan jaringan internet sehingga Anda bisa mengontrol cucian Anda dari ruangan yang berbeda. Mesin cuci cerdas tersebut memiliki built-in Wi-Fi dan perangkat lunak yang mentransmisikan data ke aplikasi yang dapat didownload pada smartphone Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan proses mencuci dari jarak jauh, menerima notifikasi pengeringan, melacak penggunaan air, dan merencanakan siklus mencuci yang lebih efisien. Selain itu mesin cuci ini juga bisa mendeteksi kerusakan mesin dan segera menginformasikannya kepada Anda melalui aplikasi.

  1. Peralatan Masak – Alat Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi

Peralatan Memasak Peralatan Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone

Image source : androidcentral.com

Ketika memasak, Anda membutuhkan waktu yang presisi agar makanan tidak gosong. Oleh karena itulah produsen peralatan masak terkemuka saling berlomba membuat peralatan memasak modern dan canggih yang kompatibel dengan jaringan internet. Peralatan memasak tersebut terhubung dengan terhubung ke router rumah dan dapat dikelola dari jarak jauh atau dari smartphone Anda. Misalnya kompor gas atau kompor listrik yang memungkinkan Anda untuk mengatur suhu, memonitor status makanan yang sedang dimasak, dan mematikan kompor dari jarak jauh.

  1. Peralatan Elektronik – Alat Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi

Peralatan Elektronik Peralatan Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone

Image source : macmagazine.com.br

Bayangkan jika Anda pergi bekerja di pagi hari dan lupa mematikan TV. Dengan Belkin WeMo Insight, Anda dapat menghidupkan dan mematikan perangkat elektronik menggunakan jaringan Wi-Fi rumah melalui sebuah aplikasi. Teknologi otomasi rumah ini bahkan bisa memberi tahu Anda berapa banyak daya atau energi yang Anda gunakan pada perangkat elektronik Anda. Belkin WeMo juga bisa memberi tahu Anda mengenai biaya bulanan listrik yang dikonsumsi oleh masing-masing perangkat elektronik.

  1. AC atau Pendingin Ruangan – Alat Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dari Aplikasi

AC Peralatan Rumah Tangga Yang Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone

Image source : geek-mag.com

Konsumsi listrik AC sangat besar sekali sehingga mengakibatkan tagihan listrik menjadi besar. Akan tetapi, Ac sangat dibutuhkan pada saat musim kemarau untuk mendinginkan suhu ruangan rumah Anda. Beberapa jenis AC sekarang ini sudah bisa terhubung dengan internet sehingga memungkinkan pengguna untuk mengontrol penggunaan AC melalui smartphone dari jarak jauh. Anda dapat menyesuaikan suhu ruangan secara otomatis ketika tidak ada orang di dalam rumah, atau menghidupkan AC ketika Anda hendak pulang dari bekerja. Sehingga pada saat Anda tiba di rumah, suhu udara rumah sudah menjadi dingin.

 

 

(Visited 90 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.