Rahasia Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya

Fakta Sehat Tentang Jamur
6 Fakta Sehat Tentang Jamur Ini Bikin Anda Semakin Doyan
November 3, 2017
Memasak Sayuran Agar Tidak Cepat Berubah Warna
5 Tips Memasak Sayuran Agar Tidak Cepat Berubah Warna
November 3, 2017
Show all
Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

Meskipun daun pepaya sangat identik dengan rasa pahit, akan tetapi sangat banyak kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam pepaya dan bermanfaat untuk tubuh manusia sehingga disarankan untuk sering dikonsumsi bahkan menjadi pengobatan penyakit ginjal terbaik. Ada beberapa cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya sehingga lebih nikmat untuk dikonsumsi, berikut tips selengkapnya untuk Anda.

  1. Tambahkan Daun Jambu Mete

Saat ingin merebus daun pepaya, Anda bisa menambahkan beberapa lembar daun jambu mete ke dalam rebusan daun pepaya. Rebus kedua jenis daun ini sampai mendidih dan matang lalu tiriskan dan pisahkan daun jambu metenya.

  1. Campur Dengan Daun Singkong

Masak Daun Pepaya Dengan Daun SingkongMemasak daun pepaya bersama daun singkong juga menjadi cara pintar untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya. Anda hanya perlu merebus kedua jenis daun ini sampai mendidih kemudian ditiriskan dan pisahkan keduanya atau juga bisa dikonsumsi sekaligus. Perpaduan daun pepaya yang berserat dan daun singkong yang lembut tidak hanya menghilangkan rasa pahit akan tetapi juga menghasilkan tekstur sayuran yang kaya.

  1. Tambahkan Garam Kasar

Seperti halnya menghilangkan pahit pada pare, garam kasar juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Caranya adalah dengan meremas remas daun pepaya didalam air yang sudah dicampur dengan garam. Setelah itu cuci kembali sampai bersih dan siap untuk diolah. Rebus daun pepaya sampai mendidih kemudian tiriskan dan hasilnya daun pepaya buatan Anda tidak akan terasa pahit.

  1. Remas dan Cuci Berulang

Cara praktis dan cepat lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan meremas remas daun pepaya sampai getahnya keluar lalu bersihkan dibawah air mengalir sambil terus diremas sampai air remasan tidak berwarna hijau lagi dan layu. Setelah itu, silahkan olah daun pepaya tersebut menjadi masakan yang lezat.

  1. Tambahkan Baking Powder

Selain membuat daun pepaya cepat matang, baking powder juga bermanfaat untuk menghilangkan pahit dalam daun pepaya. Caranya juga cukup mudah yakni dengan menambahkan sedikit baking powder pada air mendidih dan masukkan daun pepaya lalu masak sebentar, tiriskan dan cuci kembali dengan air bersih.

  1. Tambahkan Asam Jawa

Tidak hanya membuat daun pepaya lebih harum, asam jawa juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya sebab kandungan zat yang ada dalam buah asem tersebut. Caranya adalah dengan merebus daun pepaya bersamaan dengan asam jawa. Jika masih terasa pahit, Anda bisa menambahkan asam jawanya kembali.

  1. Tambahkan Gula dan Garam

Kombinasi gula dan garam juga berguna untuk menghilangkan rasa pahit dalam daun pepaya. Caranya adalah dengan mengiris daun pepaya tipis tipis lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, taburkan dengan gula serta garam sambil diremas remas dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Sesudah itu, rebus daun pepaya sampai empuk, angkat dan tiriskan. Penggunaan gula dalam cara ini tidak akan membuat daun pepaya menjadi manis sebab tugas gula dalam cara ini adalah untuk mengikat rasa pahit daun pepaya dan akan hilang saat direbus.

  1. Rebus Dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji yang dikenal ampuh untuk mengatasi diare ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Caranya adalah dengan meremas remas beberapa lembar daun jambu biji lalu rebus bersama dengan daun pepaya sampai matang, angkat, tiriskan dan pisahkan dari daun jambu biji.

  1. Tambahkan Ampo Atau Tanah Liat

Gunakan Tanah Liat Untuk Mengurangi Rasa Pahit Daun Pepaya

(Image Source : Liputan6.com)

Mungkin, ada sebagian dari Anda yang bingung dan bertanya tanya apakah tanah liat dapat dimasak dan aman digunakan. Namun penggunaan tanah liat saat memasak merupakan cara tradisional yang sudah dipakai sejak lama untuk menghilangkan rasa pahit di beberapa makanan seperti daun pepaya, bunga pepaya dan juga pare. Caranya adalah dengan mencuci lempengan tanah liat sampai bersih dan rebus bersama dengan daun pepaya sampai matang. Lempengan tanah liat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di beberapa pasar tradisional sekitar tempat tinggal Anda.

  1. Perhatikan Waktu Memetik Daun Pepaya

Waktu memetik daun pepaya ternyata juga berpengaruh terhadap kadar rasa pahit di dalam daun pepaya tersebut. Waktu terbaik untuk memetik daun pepaya adalah di sore hari. Dan ingat, jangan langsung dimasak namun diamkan sejenak agar getah dari daun pepaya tersebut bisa hilang.

Setelah didiamkan sebentar, potong potong daun pepaya agar lebih banyak getah yang keluar. Lalu, cuci bersih dibawah air mengalir sambil di remas remas sehingga seluruh getah daun pepaya yang menyebabkan rasa pahit bisa terbuang secara maksimal. Sesudah itu, Anda bisa merebus daun pepaya seperti biasa, ditiriskan dan bisa langsung dinikmati sebagai lalapan atau diolah kembali untuk masakan.

Itulah rahasia untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya yang bisa dijadikan solusi terbaik untuk Anda yang hobi memasak di rumah. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dipraktekan dengan mudah di rumah.

(Visited 389 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.