5 Tips Memasak Sayuran Agar Tidak Cepat Berubah Warna

Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya
Rahasia Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya
November 3, 2017
Tips Agar Masakan Bersantan Tidak Cepat Basi
8 Tips Agar Makanan Bersantan Tidak Cepat Basi
November 3, 2017
Show all
Memasak Sayuran Agar Tidak Cepat Berubah Warna

Memasak Sayuran Agar Tidak Cepat Berubah Warna (Image source : azernews.az)

Sebuah makanan bisa dikatakan sempurna bukan hanya dari segi rasa, tetapi penampilannya juga. Sajian hidangan yang menarik terbukti bisa membangkitkan selera makan penikmatnya, apalagi kalau Anda bergerak di bisnis kuliner. Memasak dengan bahan dasar sayuran memilik tantangannya sendiri, sebab sayur mudah berubah warna menjadi pucat, kecoklatan, menghitam atau teksturnya berubah. Untuk mengatasi hal tersebut, simak 5 tips memasak sayuran agar tidak cepat berubah warna selayaknya chef profesional. 

  1. Segera Masak Sayuran Selagi Masih Segar

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah memilih sayuran yang masih segar dan langsung diolah menjadi masakan. Apabila ingin disimpan di lemari es, maka jangan disimpan lebih dari 2 hari. Karena, sayur akan berubah tekstur dan warna lebih cepat ketika dimasak.

  1. Tambahkan Garam

Tambahkan Garam Agar Masakan Sayuran Tidak Cepat Berubah Warna

Image Source : thehomespunjournal.com

Garam tidak hanya berguna sebagai penambah rasa asin pada masakan, namun juga berguna untuk mempertahankan warna sayur ketika direbus sehingga tidak keruh atau berwarna kecoklatan saat dihidangkan. Anda hanya perlu menambahkan sedikit garam sekitar 1 sendok teh ketika merebus sayuran air mendidih.

  1. Perhatikan Waktu Memasak

Saat memasak sayuran, waktu juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Lama memasak yang pas dapat menjaga sayuran agar tidak kehilangan warna alaminya dan tetap dapat memperoleh tingkat kematangan yang sempurna. Jika Anda ingin memasak sayuran bersama dengan daging, maka pastikan untuk memasukkan sayuran sesaat sebelum masakan tersebut matang dan langsung matikan api.

  1. Tiriskan dan Siram Air Dingin

Tiriskan Air Setelah Sayur Direbus Agar Tidak Cepat Berubah Warna

Image Source : ytimg.com

Sesudah sayuran selesai direbus, maka jangan diamkan sayuran dalam air namun langsung saring dan siram dengan air dingin matang untuk menghentikan proses memasaknya. Selain langsung meryiramnya dengan air dingin, Anda juga dapat merendamnya sebentar dalam air dingin dan ditiriskan.

  1. Hindari Memasukkan Sayur Sebelum Air Mendidih

Perhatikan juga untuk tidak memasukkan sayuran Anda sebelum air mendidih. Merebus sayuran sebelum air mendidih akan mengurangi kandungan vitamin dalam sayuran tersebut hingga 12 kali lipat dan merubah warna sayuran semakin cepat.

Selain itu, apabila sayuran yang ingin Anda masak bervariasi, maka masukkan secara berurutan dari mulai warna sayuran yang paling muda sampai yang paling tua sehingga perubahan warna sayuran bisa dihindari.

  1. Memasak Sayuran Berwarna Putih

Sayuran berwarna putih memiliki pigmen penghasil warna putih yang dinamakan dengan flavon. Beberapa sayuran berwarna putih tersebut diantaranya adalah kembang kol, kubis, kentang dan juga mentimun.

Pigmen putih dari sayuran ini akan berubah menjadi kuning saat salah dalam proses memasak. Agar warna sayuran putih ini tetap terjaga, maka tambahkan sedikit perasan air lemon atau cream of tartar ke dalam air rebusan.

Selain itu, masak sayuran berwarna putih ini sebentar saja agar nutrisi serta warna sayuran tetap terjaga dengan baik sehingga tidak berubah menjadi kuning kusam atau agak abu abu.

  1. Cara Memasak Sayuran Berwarna Merah

Jangan Memasak Sayuran Berwarna Merah Terlalu Lama

Image Source : blog.fiemme3000.it

Pigmen merah pada sayuran berwarna merah dikenal dengan nama anthocyanin seperti yang ada dalam kol merah, bayam merah, bit, tomat serta paprika merah. Pigmen merah pada sayuran ini juga akan beraksi cepat saat dicampur air serta asam. Saat dimasak dengan cara yang salah, maka beberapa sayuran merah ini akan berwarna biru agak kehijauan sehingga tampilannya tidak menarik.

Cara terbaik untuk memasak sayuran berwarna merah ini adalah dengan proses memasak yang singkat. Jangan menggunakan terlalu banyak air, tambahkan sedikit perasan lemon dan juga usahakan untuk mengolah sayuran ini dengan cara dikukus.

  1. Memasak Sayuran Berwarna Hijau

Pemberi warna hijau pada sayuran dinamakan dengan klorofil dan membutuhkan cara pengolahan terbaik supaya pigmen tersebut tidak hilang dari sayuran. Asam adalah hal yang harus dihindari saat memasak sayuran berdaun hijau sebab akan mengubah warna sayur dalam waktu singkat.

Saat memasak sayuran warna hijau, hindari menutup pan atau panci. Efeknya, kandungan asam dalam sayuran bisa terbuang dan masak dalam waktu yang singkat. Sedangkan metode terbaik untuk memasak sayuran berwarna hijau ini adalah dengan cara dikukus. Hindari juga memasak sayuran dengan tambahan baking soda sebab akan menghilangkan vitamin dalam sayuran dan membuat tekstur sayur menjadi lembek dan berlendir.

  1. Memasak Sayuran Berwarna Kuning

Pigmen pemberi warna kuning atau oranye dalam sayuran dinamakan dengan karotenoid yang bisa ditemukan pada jagung, wortel, ubi jalar kuning, paprika kuning dna juga tomat. Pigmen pemberi warna kuning dan oranye pada sayuran ini terbilang stabil tidak seperti antioksidan yang ada pada sayuran berwarna lainnya. Akan tetapi, proses memasak yang terlalu lama tetap akan menghilangkan nutrisi dalam sayuran ini sekaligus menghilangkan warna pada sayuran.

 

(Visited 328 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.