Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Ala KFC

20 Tips Keamanan Dapur Yang Harus Diperhatikan Saat Memasak
20 Tips Keamanan Dapur Yang Harus Diperhatikan Saat Memasak
Oktober 1, 2017
5 Ide Bisnis Rumahan Berbekal Kompor Gas dan Oven Aluminium
Ide Bisnis Rumahan Berbekal Kompor Gas dan Oven Aluminium
Oktober 2, 2017
Show all
Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Ala KFC

Image source : fortune.com

Jika Anda adalah penggemar ayam goreng tepung KFC, Anda mungkin penasaran bagaimana cara Colonel Sander, pendiri bisnis franchise Kentucky Fried Chicken (KFC), membuat ayam goreng tepung yang sangat crispy. Meskipun KFC menolak untuk membocorkan resep rahasia mereka, resep tiruannya banyak beredar di internet. Ada yang rasanya benar-benar mirip, dan ada juga yang telah dimodifikasi. Namun kuncinya terletak pada bubuk paprika, bawang putih, garam, lada putih, dan rempah-rempah lainnya. Berikut ini cara membuat ayam goreng tepung ala KFC:

Bahan dan Bumbu Ayam Goreng KFC

Bahan dan Bumbu Ayam Goreng Tepung Ala KFC

Image source : johnhenrys.net

Untuk membuat ayam goreng ala KFC, ternyata bahan dan bumbu yang diperlukan sangat sederhana. Semuanya bisa Anda dapatkan di supermarket atau pasar tradisional. Dibandingkan membeli ayam goreng di KFC, lebih baik membuatnya sendiri karena harganya jauh lebih murah.

  • 1 ekor ayam dipotong menjadi 8 bagian (paha, paha atas, sayap, dan dada)
  • 4 cangkir tepung terigu
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdt bubuk lada hitam
  • 6 sdt bubuk lada putih
  • 8 sdt bubuk paprika
  • 4 sdt bubuk kaldu
  • 2 sdt bubuk jahe
  • 2 sdt bubuk cabe (opsional)
  • 1 butir telur
  • 500 ml susu murni
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Adonan Tepung Kering

Cara Membuat Adonan Tepung Kering

Image source : seriouseats.com

Kelezatan ayam goreng KFC terletak pada tepungnya yang sangat gurih dan renyah. Diperlukan beberapa campuran bumbu agar diperoleh rasa tepung yang mirip seperti ayam KFC. Sebelum digoreng dengan minyak panas, ayam harus dibalur dengan tepung terlebih dahulu.

  1. Campurkan semua tepung terigu, garam, bubuk lada hitam, lada putih, paprika, kaldu, jahe, dan cabe ke dalam mangkok berukuran besar.
  2. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Nantinya tepung ini akan digunakan sebagai adonan pelapis luar.

Cara Membuat Adonan Cair

Agar adonan tepung kering melekat pada ayam, diperlukan perekat berupa adonan cair. Intinya dengan adanya adonan cair maka ayam akan menjadi basah dan adonan tepung kering bisa menempel pada ayam. Anda tidak perlu terlalu banyak membuat adonan tepung cair. Yang penting bisa membasahi ayam yang nantinya akan digoreng.

  1. Tuangkan 500 ml susu murni kedalam mangkuk besar atau ember.
  2. Tambahkan satu butir telur kemudian kocok rata.
  3. Jika ayam ingin terasa lebih asin, bisa ditambahkan garam secukupnya.

Alat Memasak Yang Diperlukan

Alat Memasak Yang Diperlukan Membuat Ayam Goreng Tepung Ala KFC

Image source : thefoodpirates.com

Ayam goreng KFC digoreng menggunakan minyak goreng dengan jumlah yang cukup banyak. Saat menggoreng, ayam harus tenggelam seluruhnya kedalam minyak. Agar ayam goreng terasa renyah dan crispy maka minyak harus panas secara merata. Disarankan menggunakan alat memasak yang bisa menghasilkan panas merata seperti kompor gas HOCK. Selain itu bisa juga digoreng menggunakan fryer agar lapisan kulit lebih renyah dan matang secara merata. Tidak disarankan menggunakan kompor minyak tanah karena panasnya tidak merata dan bisa merubah cita rasa ayam goreng KFC.

Membuat Ayam Goreng Tepung Ala KFC

Membuat Ayam Goreng Tepung Ala KFC

Image source : fanpop.com

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, sekarang Anda bisa langsung mamasaknya. Tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk menikamati ayam goreng KFC buatan sendiri. Berikut cara memasak ayam goreng ala KFC tersebut :

  1. Bersihkan ayam yang sudah Anda potong menjadi 8 bagian dan pastikan tidak ada bulu atau kotoran yang tersisa
  2. Masukan ayam kedalam adonan cair, aduk-aduk hingga seluruh bagian ayam tercampur dengan adonan cair. Diamkan beberapa saat agar susu meresap kedalam ayam.
  3. Tiriskan ayam satu-persatu, kemudian langsung masukan kedalam adonan tepung kering.
  4. Baluri semua bagian ayam dengan tepung kering hingga ke sela-sela tulang dan kulit. Lakukan secara terus-menerus agar tepung menempel pada ayam. Ayam yang sudah dibalur tepung kering jangan dimasukan kembali ke dalam adonan cair, cukup satu kali saja.
  5. Tuangkan minyak goreng kedalam wajan, teflon, atau panci penggorengan. Pastikan minyak bisa merendam seluruh bagian ayam. Tunggu hingga minyak panas.
  6. Setelah minyak panas, goreng ayam yang sudah dibaluri tepung. Bolak-balikan ayam agar matang secara merata. Tunggu hingga tepung ayam berwarna kecoklatan.
  7. Angkat ayam dan kemudian tiriskan.
  8. Ayam goreng ala KFC buatan sendiri sudah bisa Anda nikmati.

Ternyata membuat ayam goreng tepung ala KFC tidak sesulit yang dibayangkan. Daripada membeli ayam goreng di KFC secara langsung, lebih baik membuat sendiri di rumah. Selain harganya lebih murah, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri ketika menikmati ayam goreng buatan sendiri.

(Visited 112 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.