5 Manfaat Pisang untuk Anda yang Hobi Olahraga

Tips Membuat Roti Panggang Lebih Empuk
Yuk Intip Tips Membuat Roti Panggang Lebih Empuk
November 9, 2017
Tips Teknik Foto Makanan Agar Terlihat Yummy dan Instagenic
5 Teknik Foto Makanan Agar Terlihat Instagenic
November 10, 2017
Show all
Manfaat Pisang Untuk Anda Yang Suka Olahraga

Manfaat Buah Pisang (Sumber: AOL.com)

Pisang sudah lama dikenal sebagai buah yang bagus untuk para atlet. Kandungan nutrisinya yang tinggi konon sangat bermanfaat bagi mereka yang aktif secara fisik. Nutrisi membantu tubuh Anda untuk membantu menjalankan fungsi sehari-hari. Jika Anda memiliki gaya hidup yang menuntut fisik yang kuat mencakup olahraga, nutrisi sangat penting bagi kesehatan Anda. Makan dengan benar membantu memastikan otot Anda memiliki cukup energi untuk daya melalui latihan Anda dan juga mencegah gula darah rendah setelah aktivitas fisik yang dapat menyebabkan pusing dan kelelahan. Pisang memberikan nutrisi penting bagi tubuh Anda yang bermanfaat bagi kesehatan Anda, terutama jika Anda berolahraga. Apa saja nutrisi dalam pisang yang bermanfaat untuk Anda yang hobi berolahraga? Berikut 5 manfaat pisang di antaranya!

  1. Potasium

Kalium memainkan peran penting dalam fungsi otot, dan kekurangan potasium dapat menyebabkan kram dan ketidaknyamanan yang abnormal. Selama olahraga, tubuh Anda kehilangan potassium melalui keringat Anda, dan periode aktivitas fisik yang berkepanjangan dapat secara signifikan mengurangi kadar potassium Anda. Mengonsumsi pisang akan meningkatkan asupan kalium Anda sebanyak 487 miligram atau 10 persen dari kebutuhan harian Anda, menurut Linus Pauling Institute.

  1. Mangan

Mangan memiliki sejumlah fungsi fisiologis, termasuk berperan dalam perkembangan tulang dan penyembuhan luka. Mengkonsumsi mangan dalam jumlah cukup juga memainkan peran penting dalam metabolisme tubuh Anda. Ini membantu tubuh Anda mengakses energi dari makanan Anda. Akibatnya, mangan mendukung aktivitas fisik dan kinerja olahraga dengan membantu tubuh Anda mendapatkan hasil maksimal dari makanan Anda. Sebuah pisang besar menyediakan 0,37 miligram mangan, sekitar 21 persen asupan yang direkomendasikan setiap hari untuk wanita dan 17 persen asupan yang direkomendasikan untuk pria, menurut Linus Pauling Institute.

  1. Karbohidrat

Mengkonsumsi pisang juga memberi tubuh Anda karbohidrat yang membantu menunjang performa atletik saat berolahraga. Saat Anda melakukan aktivitas fisik, otot Anda menggunakan glikogen, sejenis karbohidrat, sebagai bahan bakar. Mengkonsumsi sumber karbohidrat meningkatkan daya tahan latihan Anda, sementara diet rendah karbohidrat mengurangi daya tahan tubuh. Makan pisang membantu mengisi kembali karbohidrat tubuh Anda dengan menyediakan 31 gram karbohidrat di setiap pisang besar.

  1. Pengganti Obat Tidur yang Manjur

Tujuan orang berolahraga adalah untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Orang yang sehat tentu saja adalah orang yang memiliki tidur yang cukup dan berkualitas. Menyantap satu buah pisang sebelum tidur ternyata sama ampuhnya dengan obat tidur. Kandungan magnesium dan potassium yang tinggi dalam pisang mampu mengendurkan otot-otot yang stress. Karena mengandung tryptophan yang bisa berubah menjadi serotonin dan melatonin (hormone yang bersifat menenangkan), pisang akan membantu tubuh menjadi lebih rileks. Manfaat pisang sangat baik untuk Anda yang memiliki masalah tidur.

  1. Mengandung Vitamin C yang Tinggi

Pisang adalah sumber vitamin C. Satu pisang mengandung sekitar 15 persen vitamin C yang Anda butuhkan per hari. Vitamin C sangat penting untuk memperkuat otot, tendon dan ligamen, dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat di bawah tekanan olahraga. Vitamin C juga membantu mempercepat dan meningkatkan perbaikan luka dan kerusakan jaringan lunak yang ditimbulkan oleh aktivitas seperti latihan yang ketat. Ini juga memainkan peran penting dalam sintesis adrenalin sepanjang latihan fisik.

 

(Visited 34 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.