Yuk Intip 8 Makanan Korea Yang Sering Ada di Drama Serial

Alat Rumah Tangga Yang Wajib Dimiliki Anak Kos
7 Alat Rumah Tangga Yang Wajib Dimiliki Oleh Anak Kos
Desember 2, 2017
Bumbu Dasar Untuk Masakan Korea
Ini Dia Bumbu Dasar Untuk Masakan Korea Agar Lezat
Desember 2, 2017
Show all
Makanan Korea Yang Sering Ditemui di Serial Drama

Makanan Korea Yang Sering Ditemui di Serial Drama

Makanan Korea identik dengan semangkuk nasi, semangkuk sop, dan beberapa lauk sebagai pelengkap. Masyarakat Korea Selatan menggunakan menggunakan beragam jenis sayuran dan bahan makanan termasuk rumput laut, ubur-ubur, dan beragam jenis daging. Cara memasaknya pun sangat beragam mulai dari dipanggang diatas kompor gas, digoreng menggunakan minyak, direbus di dalam pot, dan dibakar diatas api. Jika Anda sering melihat serial drama Korea, Anda pasti familiar dengan beberapa makanan khas Korea berikut ini:

  1. Kimchi – Salah Satu Makanan Korea Tradisional

Kimchi Makanan Khas Korea Yang Sering Ada di Film Serial Drama Korea

Kimchi (Image source : chowstatic.com)

Salah satu makanan paling legendaris dan paling populer di Korea, kimchi, memiliki citarasa yang pedas dan asam serta terbuat dari fermentasi sayuran. Kimchi terbuat dari beragam jenis bahan, tetapi yang paling utama adalah kubis. Kimchi juga sangat populer diantara wisatawan asing karena memiliki rasa yang unik, bernutrisi tinggi, kaya serat, dan rendah kalori. Sedangkan bagi warga Korea Selatan, kimchi adalah lauk pendamping yang wajib ada ketika makan. Untuk membuatnya, kimchi tidak dimasak menggunakan kompor gas atau dipanggang menggunakan oven, melainkan  memanfaatkan fermentasi saja.

  1. Bibimbap

Bibimbap Makanan Khas Korea Yang Sering Ada di Film Serial Drama Korea

Bibimbap (Image source : chichilicious.com)

Makanan Korea yang satu ini juga sering kali terlihat dalam beberapa momen drama Korea. Bisa dikatakan bahwa Bibimbap merupakan nasi campur ala Korea Selatan. Bibimbap menggunakan enam jenis sayuran, tetapi Anda juga bisa menggunakan sayuran apa saja yang ada di dalam kulkas. Orang Korea biasanya memakan bibimbap dengan tambahan irisan daging dan telur mata sapi setengah matang. Kemudian semua bahan tersebut di susun diatas mangkuk nasi, ditambahkan saus gochujang, dan kemudian diaduk sampai rata.

  1. Japchae

Japchae Makanan Khas Korea Yang Sering Ada di Film Serial Drama Korea

Japchae (Image source : greatbritishchefs.com)

Makanan ini dianggap sebagai salah satu mie tradisional Korea yang sangat populer. Namun, mie yang digunakan untuk japchae terbuat dari ubi dan bentuknya mirip seperti sohun. Teksturnya kenyal, bening, dan mengenyangkan. Biasanya japchae dicampur dengan daging bulgogi, irisan wortel, paprika, jamur, bawang bombay, dan bayam. Kemudian digoreng diatas kompor gas dengan campuran bumbu kecap manis dan sesame oil. Sekilas mirip dengan sohun goreng Indonesia.

  1. Kimbap

Kimbap Makanan Khas Korea Yang Sering Ada di Film Serial Drama Korea

Kimbap (Image source : flickr.com)

Banyak orang yang mengira bahwa Kimbap adalah makanan khas Jepang. Padahal kimbap adalah sushi Korea yang biasa dijadikan bekal ketika bepergian atau bertamasya. Kimbap terdiri dari sayuran, telur, daging, dan nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Beberapa restauran Korea biasanya menyajikan kimbap dengan semangkuk sup, kimchi, dan lobak. Karena harganya murah, mengenyangkan, dan praktis, kimbap menjadi begitu disukai oleh orang Korea terutama sebagai bekal dan penunda lapar.

  1. Bulgogi

Bulgogi Makanan Khas Korea Yang Sering Ada di Film Serial Drama Korea

Bulgogi (Image source : dinnerwithweijia.com)

Orang Korea sangat menyukai barbekyu. Namun bulgogi bukan sekedar barbekyu biasa karena dagingnya sangat tipis dan telah diasinkan menggunakan kecap asin. Beberapa restauran juga menawarkan bulgogi daging babi, tetapi yang paling umum adalah daging sapi. Sebelum dibakar diatas kompor gas, biasanya daging bulgogi direndam dalam campuran kecap asin, minyak wijen, bawang putih, dan lada hitam. Dalam penyajiannya, daging bulgogi biasanya ditaruh di dalam lembaran sayur seperti selada dan kemudian ditambahkan beberapa sayuran lain.

  1. Samgyeopsal

Samgyeopsal Makanan Khas Korea Yang Sering Ada di Film Serial Drama Korea

Samgyeopsal (Image source : my-favoritefoods.blogspot.co.id)

Makanan biasanya dimakan secara beramai-ramai dengan kerabat atau keluarga. Samgyeopsal juga identik dengan daging babi yang disajikan menggunakan barbeque-style. Irisan dagingnya sangat tipis sekali. Biasanya disajikan di atas meja menggunakan panggangan indoor atau menggunakan kompor gas. Daging yang sudah dipanggang kemudian dipotong kecil-kecil. Cara memakannya adalah dengan membungkus irisan daging tersebut menggunakan selada. Bisa juga dimakan dengan menu pendamping seperti kimchi dan sayuran.

  1. Pajeon

Pajeon Makanan Khas Korea Yang Sering Ada di Film Serial Drama Korea

Pajeon (Image source : kimchiandme.com)

Sekilas pajeon mirip seperti telur dadar atau omelet. Pajeon terbuat dari daun bawang, telur, tepung gandum, tepung beras, dan bahan tambahan seperti irisan cabai, daging sapi, dan seafood. Pajeon biasanya dijadikan sebagai lauk utama, atau bisa juga dimakan tanpa nasi karena sangat mengenyangkan. Untuk memasak pajeon, semua bahan dicampur menjadi satu dan kemudian digoreng mengggunakan kompor.

  1. Mandu

Mandu Makanan Khas Korea Yang Sering Ada di Film Serial Drama Korea

Mandu (Image source : travelandescape.ca)

Dikenal juga sebagai Korea dumpling, mandu adalah simbol keberuntungan ketika disajikan pada festival tahun baru Korea. Mandu bisa disajikan dengan kuah sapi atau kuah ikan dan rice cake. Mando biasanya diisi dengan daging sapi atau babi cincang, tetapi ada juga yang berisi ayam atau sayuran. Dalam penyajiannya, mandoo bisa dikukus atau digoreng diatas kompor. Kemudian dicocol dengan sambal atau dimakan dengan kuah.

(Visited 192 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.