7 Makanan Khas Pulau Jawa Favorit Semua Orang

Tips Memilih Oven
5 Tips Memilih Oven Agar Tidak Salah Beli
November 11, 2017
Ini 7 Makanan Khas Pulau Sumatera Yang Bisa Menggoyang Lidah
November 11, 2017
Show all
Rawon Makanan Khas Pulau jawa

Image source : masfikr.com

Pulau Jawa memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata gunung, pantai, taman bermain, dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki niat untuk pergi berwisata ke Pulau Jawa, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang ada disana. Berikut 7 makanan khas Pulau Jawa yang kami rekomendasikan untuk Anda cicipi.

  1. Rawon – Makanan Khas Pulau Jawa

Rawon merupakan makanan berupa sup daging berkuah hitam yang berasal dari campuran bumbu yang mengandung kluwek. Makanan ini terkenal sebagai makanan khas Jawa Timur dan jika Anda berkunjung kesana cobalah mampir ke salah satu warung makan untuk mencicipi rawon.

Hal yang istimewa dari masakan ini adalah bumbu supnya yang berasal dari campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, garam, dan juga kluwek. Bumbu-bumbu dihaluskan, kemudian ditumis sampai harum. Campuran bumbu inilah yang kemudian dimasukkan ke dalam rebusan daging yang dipotong dengan kecil-kecil.

Kebanyakan pedagang yang menjual rawon biasanya menyajkan makanan ini bersama nasi, tauge, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng, dan juga sambal.

  1. Tahu Petis – Makanan Khas Pulau Jawa

Tahu Petis Makanan Khas Pulau Jawa

Image source : wanitaindonesia.co.id

Lalu ada tahu petis yang merupakan jajanan khas dari Kota Semarang.  Tahu petis adalah tahu goreng yang dimakan dengan menggunakan petis. Petis sendiri merupakan saus berwarna hitam kental yang terbuat dari udang dan dioleskan di tengah-tengah tahu sebelum dimakan.

Tahu yang digunakan untuk membuat tahu petis adalah tahu putih yang digoreng sampai berwarna kecoklatan. Tahu tersebut bisa dibumbui dengan garam ataupun tidak sesuai dengan selera masing-masing. Sedangkan saus petis yang menjadi pelengkapnya memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asin yang akan menggugah selera makan Anda.

  1. Nasi liwet – Makanan Khas Pulau Jawa

Nasi Liwet Makanan Khas Pulau Jawa

Image source : resepkoki.id

Nasi liwet merupakan kuliner khas yang berasal dari Kota Solo. Dimasak dengan kelapa mirip dengan nasi uduk, dan disajikan dengan labu siam, ayam suwir, serta areh.

Masyarakat Kota Solo biasa memakan nasi liwet sebagai makanan di waktu sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Salah satu tempat terkenal yang menjual nasi liwet adalah daerah Keprabon. Disana Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjual nasi liwet di malam hari.

  1. Getuk – Makanan Khas Pulau Jawa

Getuk Makanan Khas Pulau Jawa

Image source : ngopy.com

Getuk merupakan makanan ringan khas Pulau Jawa yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Cara membuat makanan ini dimulai dengan mengukus singkong yang sudah dikupas. Setelah singkong matang kemudian dihaluskan dengan cara menggiling singkong. Barulah setelah itu singkong yang sudah halus tadi diberi pemanis gula dan juga pewarna makanan.

  1. Wajik – Makanan Khas Pulau Jawa

Wajik Makanan Khas Pulau Jawa
Selanjutnya ada makanan bernama wajik yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Pulau Jawa. Kue Wajik memiliki banyak sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat dan nama Kue Wajik lebih terkenal penyebutannya di Jawa Tengah. Selain itu ada juga Kue Wajik yang berasal dari ketan dan disebut dengan istilah Ketan Wajik.

Selain memiliki banyak sekali penyebutan yang berbeda-beda, Kue Wajik juga memilki banyak sekali jenisnya. Jenis Kue Wajik yang paling terkenal adalah Wajik Ketan yang terbuat dari beras ketan.

  1. Soto Kudus – Makanan Khas Pulau Jawa

Soto Kudus Makanan Khas Pulau JawaSama seperti namanya Soto Kudus merupakan makanan khas yang berasal dari Kudus. Soto Kudus hampir menyerupai Soto Lamongan dimana dalam penyajiannya berisi suwiran ayam dan juga tauge.

Cara menghidangkan makanan ini adalah dengan menggunakan mangkuk kecil untuk satu buah porsi soto. Penyajiannya pun hampir sama dengan jenis soto yang lain yaitu dengan menggunakan sambal dan juga jeruk nipis sebagai pelengkap.

Soto Kudus tidak hanya dapat Anda temui di Kudus saja, sebab banyak beberapa daerah di Indonesia yang meyajikan jenis makanan ini. Penyajian Soto Kudus tidak menggunakan daging sapi sebagai bentuk penghormatan muslim Kudus terhadap para pemeluk Agama Hindu disana. Sebab Sapi merupakan hewan yang dianggap suci oleh pemeluk Agama Hindu.

  1. Telur asin – Makanan Khas Pulau Jawa

Telur Asin Makanan Khas Pulau JawaTelur asin merupakan makanan yang berbahan dasar telur yang diawetkan menggunakan cara tertentu biasanya menggunakan garam atau yang lainnya. Biasanya bahan dasar yang digunakan pembuat telur asin adalah telur itik, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan jenis telur yang lainnya.

Salah satu daerah di Pulau Jawa yang terkenal sebagai penghasil utama telur asin adalah Brebes. Pembuatan telur asin di daerah ini telah meluas hingga Anda bisa memilih berbagai pilihan telur asin dengan berbagai kualitas. Masing-masing produsen telur asin memiliki tanda atau cap yang berbeda satu sama lain dan bisa Anda lihat di kulit luarnya.

Telur asin yang berkualitas biasanya memiliki warna yang kemerah-merahan, tidak basah atau kering, tidak memiliki bau yang amis, dan memiliki rasa asin yang menyengat.

Itulah berbagai pilihan makanan khas dari Pulau Jawa. Makanan yang mana yang menjadi favorit Anda?

 

(Visited 167 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.