5 Tips Memilih Oven Agar Tidak Salah Beli

Makanan Yang Mengandung Banyak Air
Tak Suka Air Putih? Ini Dia 5 Makanan yang Mengandung Banyak Air
November 11, 2017
Rawon Makanan Khas Pulau jawa
7 Makanan Khas Pulau Jawa Favorit Semua Orang
November 11, 2017
Show all
Tips Memilih Oven

Untuk Anda yang baru tertarik pada dunia memasak, memilih peralatan memasak yang tepat sama sulitnya dengan menghasilkan masakan yang sempurna sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain kompor gas dan kompor alumunium, oven portable merupakan salah satu peralatan dapur yang serba guna. Tidak hanya berguna saat Anda ingin memasak kue, tapi juga bisa menggantikan fungsi kompor seperti untuk memanggang ayam atau sekadar memanaskan makanan. Bagaimana caranya memilih oven yang tepat untuk Anda? Berikut beberapa tips memilih oven yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli oven gas portable.

  1. Tentukan Ukuran Oven

Anda tidak bisa membeli oven hanya karena menyukai modelnya atau suka dengan fiturnya. Hal yang pertama harus Anda perhatikan adalah ukurannya. Selain tidak boleh terlalu besar atau lebih besar dari kompor, ukuran oven harus disesuaikan juga dengan dapur Anda dan berapa banyak makanan yang akan Anda masak setiap kalinya. Ini tentu saja demi menjaga keefisienan dan juga keharmonisan suasana dapur (bayangkan kalau dapur Anda yang kecil disesaki oleh oven yang besar, pasti tak enak dipandang bukan?).

  1. Tentukan Kapasitas yang Anda Butuhkan

Kapasitas internal oven bisa berkisar dari kurang dari 1 kaki kubik sampai lebih dari 2 kaki kubik. Ini biasanya akan tercantum di kotak saat Anda membeli alat dan dapat membantu Anda menentukan apakah makanan favorit Anda akan sesuai di dalam oven atau tidak.

Jangan lupa cocokkan daya listrik yang mendukung oven dengan listrik yang ada di rumah Anda. Jangan sampai lupa dan malah terjadi korslet saat Anda mencobanya di rumah.

  1. Tentukan Budget

Harga untuk oven gas portable dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan merek oven gas portable. Misalnya, oven berukuran menengah bisa menghabiskan biaya dari Rp. 200.000- Rp. 1.000.000. Tetapkan maksimum untuk berapa banyak Anda bersedia untuk membayar harga oven yang akan Anda beli.

Harga dari satu toko dengan toko lain juga kerap berbeda. Jangan ragu untuk mengeceknya dari satu toko ke toko lain untuk mendapatkan penawaran yang termudah dan terbaik. Jika tak ingin repot berkeliling dari satu toko ke toko lain, sekarang Anda bisa dengan mudah membandingkannya secara online.

  1. Bacalah Review di Internet

Jika mampu mencari informasi yang cukup akurat, Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari review tentang oven yang akan Anda beli. Sebelum membeli oven gas portable, carilah model yang sedang Anda pertimbangkan secara online dan baca ulasan oleh pengguna lain. Ini akan memungkinkan Anda mengukur efisiensi, kemudahan penggunaan, dan umur panjang alat tanpa dikenakan biaya. Cari ulasan pengguna model spesifik yang ingin Anda beli. Beberapa situs marketplace biasanya menyertakan ulasan di bagian bawah spesifikasi barang.

  1. Tentukan Fitur Apa Saja yang Anda Butuhkan

Oven yang dijual biasanya menawarkan berbagai fitur seperti pencairan bunga es atau tombol memasak khusus seperti setelan untuk popcorn dan berbagai fitur lain. Ini bisa menghilangkan dugaan dari perencanaan dan persiapan makan Anda dan dengan demikian dapat menyederhanakan proses memasak.

Pastikan juga oven Anda disertai dengan rak dari metal. Oven yang tidak memiliki rak logam seringkali hanya memanaskan lapisan atas makanan, dan pada akhirnya Anda harus menyantap makanan yang setengah dingin. Rak logam akan mengangkat makanan dan udara panas akan didistribusikan secara merata di sekitar piring Anda, sehingga semua makanan Anda panas. Dengan fitur ini, maka makanan Anda akan masak secara merata.

 

(Visited 138 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.